.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : GP Laguna Seca, Dani Pedrosa Juara Karena Start Bagus

MotoGP AS seperti jadi tempat kebangkitan Dani Pedrosa. Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Casey Stoner mampu Pedrosa asapi sedari start untuk naik ke podium pertama di Laguna Seca.

Semenjak balapan di Catalunya tahun 2008 lalu, Pedrosa belum pernah lagi jadi jawara dalam seri balapan MotoGP. Musim ini capaian terbaiknya cuma finis pada posisi dua di Jerez.

Raihannya musim ini pun terbilang kurang mengesankan karena pernah dua kali retired di Assen dan Mugello. Adalah cedera yang mengendalanya, ketika dia bahkan sempat harus mendapatkan suntikan penghilang rasa sakit kala membalap.

Akan tetapi, Pedrosa berhasil unjuk gigi di Laguna Seca. Meski hanya start dari posisi empat, dia berhasil langsung melesat bak secepat kilat melewati tiga pembalap di depannya: Stoner, Rossi dan Lorenzo.

Sempat mendapatkan tantangan dari Rossi di akhir balapan, Pedrosa tetap bisa melewati garis finis diikuti 'The Doctor' dan Lorenzo pada posisi tiga.

Stoner sementara itu hanya mengakhiri balapan di posisi keempat meski melakukan start dengan tidak kalah bagus. Sempat menghuni posisi dua, di tengah-tengah balapan Stoner kehilangan posisi setelah dilewati Rossi dan kemudian Lorenzo.

Lorenzo sendiri walau sempat tercecer usai start dengan buruk berhasil terus memacu tunggangannya. Usai melewati Stoner, dia bahkan sesaat sempat menyalip Rossi, kendati ini hanya bertahan sekian detik saja.

Jalannya Balapan

Dani Pedrosa langsung tancap gas selepas start. Jorge Lorenzo yang start paling depan sementara sudah dilewati Valentino Rossi, Casey Stoner dan kemudian Pedrosa yang memimpin balapan. Start bagus untuk Pedrosa yang belum pernah memenangi race musim ini!

Lorenzo yang usai meraih pole malah tertimpa celaka saat ini malah kepayahan. Usai start dia bahkan terlempar dari empat besar. Sementara di posisi dua, Rossi dan Stoner saling bersaing ketat.

Tiga lap dijalani, Pedrosa masih di depan diikuti Stoner, Rossi, Andrea Dovizioso dan Lorenzo. Sementara itu Gabor Talmacsi dari Scot Honda sudah harus mengakhiri balapan usai terlempar keluar dari lintasan. Loris Capirossi menyusul out tak lama kemudian.

Dovizioso melintir ke luar lintasan! Saat menikung ke kiri, dia pun meluncur ke arah gravel di sebelah kanan. Sete Gibernau tak lama kemudian mengalami nasib serupa dan kekesalannya dilampiaskan dengan melayangkan tinju ke udara.

Nasib yang menimpa Dovizioso bikin Lorenzo kini menempati posisi empat dan menguntit Rossi yang ada di depannya dengan 24 lap sisa. Pedrosa sementara masih di depan dengan Stoner ada di posisi dua.

Keempat pembalap tersebut untuk sementara terus menambah rentang jaraknya dengan para pembalap lain di belakang. Duel paling ketat di antara keempatnya untuk saat ini adalah Stoner yang terus ditempel Rossi.

Rossi melewati Stoner di lap 12 untuk ada di posisi dua sementara! Di luar itu, posisi satu dan empat tak berubah, dengan Pedrosa tampak terus melebarkan jarak. Nicky Hayden sementara ada di posisi lima, posisi terbaik untuk pembalap tuan rumah.

Dengan 18 lap tersisa, Pedrosa memimpin 2,8 detik dari pesaing terdekatnya, Rossi. Stoner sementara itu terus menempel di belakang Rossi, diikuti Lorenzo tak jauh di belakangnya.

Lorenzo naik satu tingkat lagi ke posisi tiga usai melewati Stoner! Podium ketiga kini akan Lorenzo jejak jika berhasi menjaga posisinya dengan 11 lap tersisa.

Lorenzo sempat melewati Rossi di tikungan saat empat lap tersisa. Namun, celah yang ditinggalkan Lorenzo saat melewati Rossi masih terlalu lebar sehingga dia pun bisa dilewati Rossi lagi. Belum ada perubahan posisi di tiga terdepan.

Menjelang finis, Rossi tiba-tiba menguntit ketat di belakang Pedrosa. Publik pun menantikan apakah ada manuver pamungkas dari 'The Doctor' untuk melewati Pedrosa. Tapi Pedrosa kukuh di posisinya.

Tidak ada komentar: