Dengan alasan keamanan pembalap, FIM pada tahun 2007 menurunkan kapasitas mesin MotoGP dari 990 cc menjadi 800 cc. Padahal penurunan tersebut tak mampu membatasi kecepatan motor.
Inti dari balapan adalah untuk menjadi lebih cepat untuk kemudian menang menjadi juara. Namun karena MotoGp sudah mencapai kecepatan yang dianggap mengkhawatirkan, pembatasan demi pembatasan pun dilakukan dengan keselamatan pembalap menjadi alasan.
Hingga saat ini Ducati adalah pencatat rekor top speed di ajang MotoGP. Saat masih bermesin 990 cc, Loris Capirossi dengan Desmosedici GP4 memecahkan rekor tersebut saat melaju dengan kecepatan 347,4 km/jam dalam sesi ujicoba di Catalunya.
Sementara setelah kapasitas mesin dipangkas menjadi hanya 800 cc gantian Casey Stoner yang mencatat rekor. Saat membalap di Shanghai musimm 2008 ini, pembalap Australia itu mencapai mampu menembus kecepatan 343,2 km/jam.
Dengan catatan tersebut, MotoGP hanya kalah tipis dengan F1. Kecepatan tertinggi yang pernah ditorehkan jet darat adalah 369,9 km/jam atas nama Antonio Pizzonia saat menggeber BMW Williams di Monza tahun 2004.
ARSIP BERITA BALAP MOTOGP
ARSIP KLASEMEN MOTOGP 2009
ARSIP GAMBAR BALAP MOTOGP 2009
BERITA UTAMA
TERBARU
Seputar Arena
- Beda MotoGP Dengan World Superbike
- Bahan Baju Pembalap MotoGP
- Stasiun Televisi Pemegang Hak Siar MotoGP
- Kamera Di Motor Para Pembalap MotoGP
- Aturan Pemakaian Ban Pembalap MotoGP
- Sponsor Jaket Pembalap MotoGP
- Sponsor Helm Pembalap MotoGP
- Helm Khusus Pembalap MotoGP
- "Punuk" Di Jaket Pembalap MotoGP
- Top Speed Di MotoGP
Informasi MotoGP 2008, TOP SPEED MotoGP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar