.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : MotoGP Berhemat, Sesi Latihan Dipangkas

Penghematan di ajang MotoGP akan dilakukan mulai musim 2009 ini. Selain memangkas durasi dan jumlah sesi latihan, penggunaan peralatan elektronik juga dibatasi.

Perubahan signifikan terkait usaha penghematan tersebut adalah ditiadakannya sesi latihan hari Jumat pagi di setiap serinya. Bukan cuma kelas MotoGP yang dihapus jatah latihannya, tapi juga dua kelas di bawahnya yakni 250cc dan 125cc.

Sementara sesi kualifikasi yang sebelumnya berdurasi 60 menit, mulai musim 2009 ini akan dipotong menjadi hanya 45 menit. Untuk kelas 125cc dan 250cc kini hanya memiliki satu sesi kualifikasi yakni pada Sabtu siang, sementara sesi kualifikasi hari Jumat diubah menjadi sesi latihan.

Selain pemangkasan jelang race day, upaya pengiritan juga dilakukan dengan mengurangi jumlah ujicoba pasca balapan. Kini pengujian pasca race hanya bisa dilakukan di Seri Catalunya dan Brno, itupun hanya diperuntukkan buat test driver.

Dari sisi teknis, beberapa perubahan juga dilakukan. Seluruh motor kini dilarang mengaplikasikan sistem kontrol elektronik dan hidrolik, rem berbahan keramik dan sistem suspensi elektronik. Sementara soal pembatasan penggunaan mesin akan diterapkan saat musim berjalan.

Mulai seri kesebelas di Republik Ceko pada Agustus mendatang, masing-masing pembalap hanya diperbolehkan maksimal menggunakan lima mesin. Dengan kata lain untuk delapan seri terakhir musim ini setiap pembalap cuma dijatahi lima mesin.

Seluruh regulasi tersebut ditetapkan oleh FIM setelah dalam beberapa bulan sebelumnya terus menggodok upaya melakukan pemangkasan biaya menyusul terjadinya krisis ekonomi global. Apalagi MotoGP juga sudah ditinggal salah satu pesertanya menyusul keputusan mundur yang dibuat Kawasaki.

Upaya pemangkasan biaya dengan membatasi jumlah ujicoba sampai pengurangan sesi latihan dan free practice sebelumnya sudah lebih dulu diterapkan F1. Demikian diberitakan Auto Sport.

Tidak ada komentar: