.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : Ducati Desmosedici GP9 Lebih Bersahabat

Ducati menyatakan Desmosedici GP9 yang akan dipergunakan di musim 2009 nanti akan memiliki mesin yang lebih "bersahabat" dengan pembalap, sehingga lebih mudah ditunggangi.

Selama dua musim belakangan, Ducati membekali pembalapnya dengan motor yang punya mesin tangguh. Tapi imbasnya, tunggangan itu konon sedemikian agresif sehingga sukar ditunggangi sang rider.

Selain Casey Stoner yang menawan dengan tunggangan itu, para mantan rekannya, Loris Capirossi dan Marco Melandri, terkesan tak bisa menjinakkan GP7 dan GP8 yang jadi andalan Ducati di dua musim sebelumnya.

Menurut CEO Ducati Corse Claudio Domenicali, Desmosedici GP9 yang jadi "senjata" Ducati di musim 2009 dirancang dengan mempertimbangkan problem tersebut, tentu diusahakan tanpa adanya pengurangan kecepatan.

"Salah satu (perubahan) yang paling relevan adalah evolusi dari sistem manajemen mesin, dengan kombinasi baru dari airbox dan mapping yang bisa menyediakan lengkungan tenaga yang lebih datar dan membuatnya jadi lebih mudah ditunggangi, sekaligus memberi keluaran tenaga lebih, yang mana itu mirip-mirip seperti tahun lalu," ucap dia di Auto Sport.

Inovasi yang disebut-sebut paling mencuri perhatian dari Desmosedici GP9 adalah adanya kerangka serat fiber, di mana hal tersebut kali pertama dievaluasi oleh test rider Ducati Vittoriano Guareschi pada musim lalu.

"Ini adalah perubahan yang sudah kami pikirkan dan kami uji untuk sekian waktu. Pertama dengan Vittoriano, yang selalu jadi referensi pertama kami. Dia memberi persetujuan kepada sistem baru dan para pembalap kemudian mengujinya di Barcelona," demikian Domenicali.

Di musim MotoGP 2009, tim Ducati akan diperkuat oleh Stoner dan Nicky Hayden.

Tidak ada komentar: