.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : Ducati Desmosedici GP9 (2009)

Ducati telah merilis gambar perdana motor teranyar Ducati. CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan mesin GP9 memang tidak sekuat musim lalu, tapi motor mereka kali ini diyakini lebih stabil sehingga mudah dikendarai.


Ducati tentu memiliki alasan kuat mengurangi kekuatan motor Demosedici. Pasalnya, meski Casey Stoner berhasil menjadi juara pada 2007 silam, namun dua rekannya terdahulu yakni Loris Capirossi dan Marco Melandri sulit mengendarai GP7 dan GP8.


"Beberapa perubahan yang kami buat pada motor ini lebih merupakan sebuah revolusi, tapi sebenarnya kami tetap melanjutkan pengembangan konsep awal yang kami mulai pada GP3," ungkap Direktur Teknik Ducati Filippo Preziosi usai menggelar sesi ujicoba pertengahan musim lalu.

"Salah satu perubahan terbesar yang paling relevan adalah evolusi dari sistem manajemen mesin dengan menggunakan kombinasi baru airbox dan mapping," ungkap Domenicali seperti dikutip Crash.

"Saya berharap kedua tambahan itu yang bisa menyediakan lengkungan tenaga lebih datar dan membuatnya jadi lebih mudah dikendarai, sekaligus memberi keluaran tenaga lebih, yang mana itu tidak jauh berbeda seperti tahun lalu," lanjutnya.

Yang kemudian membuat motor baru tersebut berbeda adalah material sasis yang sebelumnya berupa pipa frame menjadi berbahan serat karbon.

"Ini adalah perubahan yang sudah kami pikirkan dan kami uji cukup lama. Kami mengujinya pertama kali dengan Vittoriano, yang selalu jadi referensi pertama kami," jelas Domenicali.

"Jadi ini bukan merupakan perubahan arah pengembangan, tapi merupakan sebuah langkah maju ke arah yang sama. Fakta bahwa kami menggunakan serat karbon dalam memproduksi sasis adalah poin yang paling relevan, cuma bentuknya saja yang berbeda dibanding (motor) sebelumnya," lanjut dia.

"Dia memberi persetujuan kepada kami mengenai sistem baru ini. Baru setelah itu para pembalap kami mengujinya di Barcelona," tandasnya.



Ducati punya misi besar untuk meraih kembali titel juara dunia yang direbut Valentino Rossi. Setidaknya mereka punya modal besar karena punya dua (mantan) juara dunia dalam diri Stoner dan Hayden.


Tidak ada komentar: