.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : GP Inggris, Andrea Dovizioso Kemenangan Yang Pertama

Andrea Dovizioso meraih kemenangan pertamanya di ajang MotoGP. Itu dia capai di MotoGP Inggris yang kebetulan akan digelar terakhir kalinya di Donnington Park.

Balapan, Minggu (26/07/2009), itu sendiri tidak lepas dari insiden terjatuhnya sejumlah balapan yang sebelumnya tampil menjanjikan. Tony Elias yang saat start langsung melaju ke depan jadi yang pertama jatuh dari motor dan tak bisa melanjutkan balapan.

Hanya sesaat kemudian, Jorge Lorenzo yang tengah memimpin balapan juga terjatuh. Dia sempat menghampiri motornya hanya untuk menemukan bahwa motornya sudah rusak sehingga tak bisa melanjutkan balapan.

Kemudian giliran Valentino Rossi yang jatuh. Tengah memimpin balapan dan dibayangi Dovizioso, Rossi jatuh kendati dia masih bisa melanjutkan balapan. Namun, Rossi yang melorot ke posisi 11 pada akhirnya hanya bisa finis di posisi 5.

Jatuhnya Rossi adalah berkah buat Dovizioso. Setelah berhasil memimpin balapan usai insiden itu, dia pun menjaga terus posisi satu akhirnya finis paling pertama.

Untuk pembalap Italia kelahiran 23 tahun silam tersebut, ini adalah kali pertama dia menjejak podium pertama kelas MotoGP. Baru musim lalu Dovizioso memulai karirnya di kelas ini.

Jalannya Balapan

Di awal balapan, Valentino Rossi melaju memimpin. Sementara itu Jorge Lorenzo sudah menantang Dani Pedrosa dan melewatinya untuk membuntuti Rossi.

Toni Elias yang start kedelapan sementara itu langsung merangsek ke depan dan menempel Lorenzo dan Rossi. Posisi satu lantas diambil alih Lorenzo dari Rossi, meski tak lama kemudian Elias ganti menjadi pembalap terdepan.

Di akhir lap pertama, Elias memimpin balapan diikuti oleh Lorenzo dan Rossi. Sementara Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa menguntit mencari celah.

Dovizioso mendapatkan celah itu dan kemudian terus melaju ke depan dan sementara memimpin balapan. Di belakangnya kini terdapat Lorenzo. Pedrosa sementara itu juga sudah memperbaiki posisi, sedangkan Elias kini turun ke posisi empat.

Lorenzo mengambil alih posisi terdepan dari Dovizioso! Dengan 26 lap sisa, pertarungan di Donnington Park tampaknya akan terus berjalan sengit, dengan Lorenzo masih memimpin balapan diikuti Dovizioso dan Pedrosa.

Dengan 24 lap tersisa, lima pembalap terdepan mulai melebarkan jarak dari pembalap di belakangnya. Lorenzo masih di depan, dikuntit Dovizioso, Pedrosa, Rossi dan Elias.

Rossi melewati duo Honda! Dalam waktu singkat, Rossi kini ada di posisi dua menguntit Lorenzo usai melewati Pedrosa kemudian Dovizioso. Masih 23 lap tersisa.

Elias terjatuh! Laju apik yang ditunjukkan Elias tampaknya harus berakhir setelah tujuh lap. Motornya sempat terlihat goyang sebelum akhirnya dia terpelintir ke luar lintasan. Randy de Puniet kini mengisi posisi lima.

Gantian Lorenzo terjatuh! Masih bisa bangun, dia langsung berusaha menghampiri motornya untuk kembali melaju. Tapi motornya tampak sudah rusak. Setelah sembilan lap, Lorenzo pun kandas dengan posisi pertama kini diisi Rossi.

Rossi pun kini memimpin balapan dengan Dovizioso tak jauh berada di belakangnya. De Puniet dan Pedrosa sementara itu sengit bertarung berebut posisi tiga.

Masih 15 lap lagi, Rossi masih terus dibayangi Dovizioso. Cukup jauh di belakang mereka, ada De Puniet yang silih berganti mengisi posisi tiga dengan Pedrosa.

Rossi jatuh! Dengan 11 lap tersisa, Rossi yang dikuntit Dovizioso terjatuh dan berakhir di tepi lintasan meski dia langsung bergegas mendirikan motornya dan melaju lagi. Dovizioso kini mengambil alih posisi pimpinan dan Rossi pun melorot beberapa posisi ke belakang.

Dengan tujuh lap lagi, Dovizioso memimpin balapan sementara Rossi ada di posisi 11, berusaha memperbaiki posisi. De Puniet sementara itu ada di posisi dua, diikuti Colin Edwards dan Alex de Angelis. Pedrosa sendiri melorot ke posisi lima.

Tiga lap sisa, De Puniet diasapi Edwards yang terus ngebut memburu Dovizioso dengan jarak kurang dari dua detik. Ketiganya hanya terpaut tipis dan apapun masih bisa terjadi.

De Puniet melewati Edwards lagi untuk ada di posisi dua. Rossi sementara itu sudah ada di tempat keenam, dengan dua lap tersisa.

Pada akhirnya, Dovizioso tak tertahankan keluar jadi pemenang. Rossi sementara itu finis di posisi lima.

Tidak ada komentar: