.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : BRIDGESTONE Beri Jawaban Soal Kecelakaan GP Laguna Seca

Insiden kecelakaan menjamur di MotoGP AS. Menurut para rider, pemicunya adalah ban Bridgestone yang terlalu keras.

Pabrikan karet hitam asal Jepang ini pun mencoba meredakan ketegangan. Di pergelaran MotoGP AS tahun depan, Bridgestone menjanjikan akan menyediakan ban multi-compound.

Chris Vermeulen, Colin Edwards, Casey Stoner dan Jorge Lorenzo masuk di antara mereka yang mengalami kecelakaan di Laguna Seca. Sisi kanan ban yang mereka pakai, dipercaya terlalu dingin.

Manajer Pengembangan Ban Bridgestone Motorsport, Tohru Ubukata, mengakui ada masalah pada temperatur ban. Tapi dia berjanji akan memperbaikinya musim depan.

"Ban secara alami menghasilkan cengkeraman tertinggi saat sudah mengisi (panas) secara pantas, tapi di tikungan tiga dan sepuluh khususnya, sangat berat bagi rider untuk memanaskan ban belakang karena tikungannya adalah turunan," papar Tohru dikutip Crash.

"Artinya, perpindahan berat mengarah ke bagian depan motor dan menjauh ban belakang, membuat cengkeraman di belakang menjadi kurang," sambungnya.

"Saya mendukung pemilihan ban kami pekan ini, tapi tentu saja sebagai bagian dari proses pengembangan berkelanjutan, kami akan menganalisa semua data pekan ini dan mempertimbangkan ban asimetris untuk Laguna tahun depan," tutupnya.

Tidak ada komentar: