.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : Valentino Rossi Kalah Jauh Dengan Giacomo Agostini

Valentino Rossi mencatat 100 kemenangan di ajang balap motor kelas primer. Hebat. Tapi Giacomo Agostini masih lebih baik dari The Doctor.

Legenda balap asal Italia, Agostini, memang mencatat rekor fantastis. Sepanjang karirnya, Ago memenangkan 122 seri balapan dengan memegang 15 gelar juara dunia di kelas 350 dan 500cc pada era 1960 hingga 1970-an, termasuk delapan gelar juara 500cc.

Sementara Rossi yang kini berusia 30 tahun, menggapai kemenangan ke-100 dengan perincian 74 podium di kelas primer 500cc/MotoGP, ditambah 14 podium 250cc, dan 12 gelar lagi di kelas 125cc.

13 tahun sejak kemenangan perdananya di kelas 125cc, Vale memang menjadi rider yang paling sering menjadi juara di kelas primer. Tapi rekor kemenangan berikut gelar juara di semua kelas masih dipegang Ago.

Rossi menyadari hal tersebut. Namun dia tetap merasa bangga dengan hasil yang sudah diraihnya.

"Senang rasanya bisa meraih prestasi ini di Assen karena di sini adalah ?Katedral' balapan motor dan lintasan paling bersejarah yang kami lakoni," kata Rossi dikutip Crash.

Rossi menyebut "Katedral Assen", karena lintasan di sana memiliki nilai sejarah tinggi. Sirkuit yang terletak di Belanda ini merupakan satu-satunya sirkuit yang tidak mengalami perubahan sejak pertama dipakai tempat balapan motor dunia pada 1949.

Tidak ada komentar: