.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : Hasil GP Italia, Casey Stoner Juara Di Rumah Valentino Rossi

Casey Stoner mengakhiri dominasi Valentino Rossi di Mugello, Italia. Di negeri kelahiran Rossi itu, Stoner tampil jadi yang paling cepat untuk merengkuh gelar juara keduanya musim ini.

Sejak tahun 2002, Rossi selalu keluar jadi jawara di Mugello. Tercatat sudah tujuh kali beruntun dia selalu naik podium pertama di sana.

Itu semua terhenti, Minggu (31/05/2009), setelah Rossi hanya bisa finish di posisi tiga dalam balapan di Mugello. Yang keluar jadi juara adalah rival berat Rossi, Casey Stoner, setelah si rider Australia melewati garis finis paling pertama.

Untuk Stoner, ini adalah kemenangan keduanya musim ini setelah sebelumnya jadi jawara di seri pembuka, MotoGP Qatar. Kesuksesan Stoner ini bukan hanya mengakhiri dominasi Rossi di Italia, tapi sekaligus menunda 'The Doctor' meraih kemenangan MotoGP-nya yang ke-99.

Di belakang Stoner, ada rekan satu tim Rossi di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Meski mengemas pole position, Lorenzo sempat start dengan buruk dan kehilangan posisi. Namun, dia terus bisa menggeber motornya untuk kemudian jadi runner-up.

Jalannya Balapan

Balapan di Mugello diawali dengan kondisi basah. Selepas start, Dani Pedrosa langsung melesat tapi lajunya masih kalah dari Chris Vermeulen yang ngebut ke posisi terdepan meski start di tempat 11.

Jorge Lorenzo yang meraih pole justru melorot beberapa posisi ke belakang, bahkan sudah dilewati rekannya sendiri Valentino Rossi. Di akhir lap pertama, Vermeulen memimpin diikuti Andrea Dovizioso dan Casey Stoner.

Dari tayangan ulang kamera motor yang ada di belakangnya, terlihat Lorenzo melakukan start dengan tidak meyakinkan. Motornya sempat goyang kendati dia masih bisa mengendalikan motornya tidak jatuh.

Masih 20 lap tersisa, Stoner sementara memimpin dibuntuti Vermeulen, Dovizioso dan Rossi. Dovizioso lantas merangsek maju dan mengancam Stoner bahkan bisa melewatinya! Marco Melandri sementara itu mengancam posisi terdepan setelah mampu menduduki posisi lima setelah melewati Lorenzo.

Dovizioso perlahan terus melebarkan rentang dengan Stoner ketika balapan masih tersisa 18 lap lagi. Rossi sementara itu sudah ada di posisi tiga dan mulai mengancam Stoner yang ada di depannya.

Rossi akhirnya melewati Stoner dengan 17 lap tersisa! Mampukah Rossi kini mengejar Dovizioso yang masih terus melaju paling depan?

Stoner dilewati lagi! Kali ini giliran Melandri yang mengasapinya untuk duduk di posisi tiga sementara. Luar biasa dari pembalap Hayate Kawasaki itu setelah mengawali balapan dari posisi 15.

Rossi akhirnya bisa mengambil posisi terdepan dari Dovizioso dengan 16 lap tersisa. Sementara itu para pembalap mulai menukar motornya untuk menggunakan ban lintasan kering.

Melandri beraksi lagi! 15 lap tersisa, dia melewati Dovizioso untuk menempati posisi dua sementara. Para pembalap Italia masih meraja di tiga posisi terdepan, tapi Dovizioso masuk ke pit lane dan Lorenzo pun kini ada di posisi tiga.

Rossi jadi korban terbaru Melandri yang kini memimpin di Mugello! 14 lap lagi, bisakah Melandri menjaga posisinya?

Melandri, Rossi, Lorenzo dan Stoner bersama-sama masuk pit. Sekeluarnya dari pit, mereka semua disambut Dovizioso yang sedang ngebut dan langsung menyodok ke posisi dua. Dovizioso sebelumnya sudah ganti motor duluan dan tampaknya strategi itu tepat.

Dovizioso kini memimpin dengan 12 lap tersisa, sementara di belakangnya ada Stoner yang baru saja melewati Melandri. Satu lap kemudian Loris Capirossi sudah mencuri posisi, di mana dia kini ada di posisi tiga. Rossi si 'Raja Mugello' sementara itu masih ada di tempat kelima.

Dani Pedrosa terpuruk di pinggir lintasan dengan 11 lintasan tersisa. Dia membelok dengan tidak sempurna dan terlempar dari atas motor. Pedrosa lantas harus mendapat bantuan tandu.

Posisi terdepan sementara itu dipegang Stoner dengan 9 lap sisa. Di belakangnya ada Capirossi, Dovizioso, Lorenzo dan Rossi. Tapi Capirossi bisa melewati Stoner dan memimpin dengan delapan lap sisa.

Stoner kembali duduk di posisi terdepan dengan tujuh lap sisa. Akankah si rival berat Rossi itu sukses menjadi jawara di Italia? Lorenzo tampaknya akan kembali naik podium setelah melaju ke posisi tiga dengan empat lap sisa.

Rossi memperbaiki posisi setelah melewati Dovizioso. Dia kini ada di possii empat membuntuti Lorenzo dengan tiga lap sisa. Lorenzo melewati Capirossi! Dua lap tersisa dan Lorenzo si pemegang pole kini ada di posisi dua.

Capirossi kini diancam Rossi yang menempel di belakangnya. Rossi akhirnya sukses melakukannya dengan dua lap sisa. Stoner, Lorenzo dan Rossi untuk sementara ini ada di tiga terdepan. Gantian Dovizioso yang lantas melewati Capirossi.

Akhirnya, balapan pun dimenangi oleh Stoner yang berturut-turut dibuntuti oleh Lorenzo, Rossi, Dovizioso dan Capirossi.

Hasil Balap MotoGP Italia, Minggu (31/05/2009) :

1. Casey Stoner Ducati 45m41.894s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 1.001s
3. Valentino Rossi Yamaha + 2.076s
4. Andrea Dovizioso Honda + 2.129s
5. Loris Capirossi Suzuki + 3.274s
6. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 24.451s
7. James Toseland Tech 3 Yamaha + 25.621s
8. Randy de Puniet LCR Honda + 26.046s
9. Niccolo Canepa Pramac Ducati + 31.815s
10. Chris Vermeulen Suzuki + 34.814s
11. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 35.090s
12. Nicky Hayden Ducati + 39.122s
13. Mika Kallio Pramac Ducati + 52.462s
14. Toni Elias Gresini Honda + 52.478s
15. Alex de Angelis Gresini Honda + 1 lap

Gagal Finish :

Dani Pedrosa Honda 12 laps
Yuki Takahashi Scot Honda 9 laps

Tidak ada komentar: