.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : GP Perancis, Jorge Lorenzo Memuaskan, Valentino Rossi "Apes !!"

Musim lalu Jorge Lorenzo naik podium di Le Mans dengan kruk penyangga tubuh. Tanpa kruk, kini dia sukses naik podium tertinggi di tempat yang sama untuk memimpin klasemen sementara pembalap.

Jadi runner-up di Le Mans pada musim perdananya tahun lalu, Lorenzo menajamkan catatan musim ini. Dalam balapan, Minggu (17/5/2009) dia melintasi garis finis paling pertama.

Keberhasilan pembalap Yamaha itu sendiri merupakan jawaban langsung atas kegagalannya mendulang angka pada seri lalu di Jerez. Dengan kemenangan keduanya musim ini tersebut, pemuda Spanyol itu bahkan berhasil mendaki ke posisi satu klasemen sementara pembalap.

Hal bertolak belakang dialami rekan Lorenzo, Valentino Rossi. Bukan hanya luput meraih kemenangan ke-99 untuk menuju kemenangan ke-100 di Italia pada seri berikutnya, dia bahkan harus menjalani balapan tak memuaskan.

Rossi yang dengan cepat mengganti ban motornya dalam balapan, kemudian malah terjatuh dan melintir ke luar lintasan. Bukan hanya itu, dia lantas juga harus terkena penalti karen melaju terlalu kencang di pitlane.

The Doctor yang beberapa kali ganti motor itu pun kemudian tercecer di posisi belakang dan finis di posisi 16 alias zona tanpa angka. Untuk Rossi, hasil itu juga bikin dia tergeser dari pucuk klasemen pembalap yang untuk saat ini harus dia relakan ke Lorenzo, dengan selisih satu angka.

Jalannya Balapan

Di awal balapan, Jorge Lorenzo sempat salah berdiri di posisi startnya. Diinstruksikan untuk berdiri di posisi seharusnya, Lorenzo pun terlihat memundurkan motornya dan kemudian berdiri di tempat yang benar.

Selepas start, Dani Pedrosa langsung dikuntit oleh Casey Stoner yang melesat ke tempat kedua. Stoner pun membayangi ketat Pedrosa, sementara Lorenzo ada di tempat ketiga dan Valentino Rossi di posisi keempat.

Lorenzo melewati Stoner dan kemudian Pedrosa! Lorenzo pun memimpin di akhir putaran pertama.

Rossi berhasil memeperbaiki posisi dengan 27 lap tersisa. Dia melewati Stoner untuk menempati posisi ketiga. Di depan Rossi ada Pedrosa yang mulai ketinggalan dari Lorenzo.

Andrea Dovizioso sementara itu berhasil melaju ke tempat ketiga. Sementara Rossi masih di posisi dua dengan menyisakan 25 lap lagi, kendati jaraknya mulai bertambah dengan Lorenzo.

Genap empat lap Lorenzo masih menjaga posisi di depan, diikuti Rossi, Dovizioso dan Marco Melandri yang tampil apik di awal balapan ini. Melandri sendiri sebenarnya memulai balapan di posisi sembilan.

Dengan 24 lap tersisa, Rossi tiba-tiba masuk pit dan mengganti motornya. Tampaknya dia melakukan pergantian ban, yang mana lantas juga dilakukan para pembalap lain.

Tak lama berselang, Rosi justru melintir di lintasan dan jatuh ke luar lintasan! Tampi dia masih bisa melaju lagi dengan 22 lap tersisa. Sementara itu Pedrosa melorot ke posisi 15, dengan Lorenzo masih setia di depan diikuti Dovizioso di posisi dua dan Stoner di tempat ketiga.

Rossi kembali masuk ke pit dengan 21 lap tersisa. Pembalap Yamaha itu kembali mengganti motor pasca jatuh di lintasan.

Di akhir lap 9, Lorenzo masih di depan. Dia diikuti Dovizioso, Stoner, Chris Vermeulen dan Nicky Hayden.

Dengan 18 lap tersisa, Rossi terkena penalti. Dia dihukum karena sudah melaju terlalu kencang di pitlane.

Lorenzo akhirnya masuk ke pit dengan 16 lap tersisa untuk mengganti motornya. Dengan 13 lap, Lorenzo masih ada di depan diikuti Melandri, Dovizioso dan Stoner.

Rossi kembali mengganti motor lagi dengan 15 lap tersisa. Tampaknya Le Mans benar-benar menyulitkan Rossi yang musim lalu jadi juara di sini.

Stoner terlihat sedikit melambat saat akan melintasi garis finis dengan 14 lap tersisa, sehingga dilewati Pedrosa yang kini ada di tempat keempat. Ada masalahkah dengan motor Stoner? Sementara Lorenzo masih ada di depan diikuti Melandri di posisi dua.

Di lap 17, Lorenzo masih di depan, dengan Melandri, Dovizioso, Pedrosa, Vermeulen dan Stoner di belakangnya. Lorenzo sendiri tampaknya kian nyaman di posisi pertama.

Delapan lap sisa, Lorenzo unggul sekitar 10 detik dari Melandri yang ada di posisi dua. Sementara di posisi tiga ada Dovizioso diikuti Pedrosa yang terus menambah kecepatan.

Dengan dua lap lagi, Lorenzo unggul 15 detik dari Melandri. Podium satu tampaknya kian dekat untuk si rider Spanyol.

Di lap terakhir, Pedrosa merenggut posisi tiga dari Dovizioso usai melewati rekan satu timnya di Honda dalam sebuah tikungan. Pedrosa pun finis di posisi tiga di belakang Lorenzo yang jadi juara dan Melandri yang menempati posisi dua.

Tidak ada komentar: