.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : GP Jepang, Jorge Lorenzo VS Valentino Rossi VS Dani Pedrosa

Jorge Lorenzo berjaya di Motegi usai memenangi duel lawan Valentino Rossi. Rossi sendiri tak tergelincir dua kali karena bisa "memukul mundur" Dani Pedrosa yang juga mau merebut posisinya.

Rossi harus menghadapi dua duel sengit di Motegi. Satu Jorge Lorenzo, yang lainnya kontra Pedrosa. Dalam pertarungan pertama Rossi kalah sehingga Lorenzo berhasil menempati posisi pertama.

Saat berduel dengan Lorenzo, Rossi sebenarnya sempat bisa mengambil kembali posisi kesatu. Tapi Lorenzo gigih menyerang dan akhirnya mampu melewati sang juara bertahan dan terus menempati posisi terdepan.

Selanjutnya, Rossi yang ada di posisi dua harus menghadapi ancaman Pedrosa. Tak kalah seru ketimbang duel Rossi-Lorenzo, meski kali ini Rossi yang keluar jadi pemenang.

Dengan hasil ini, Lorenzo pun naik ke podium tertinggi di Jepang, setelah musim lalu di sini hanya bisa menempati tempat keempat. Rossi yang juara di Motegi musim lalu kini harus puas di posisi dua, untuk membuat tim Fiat Yamaha finis satu-dua.

Tempat ketiga lantas diisi Dani Pedrosa, posisi sama yang ditempati si rider Honda pada musim lalu di Motegi. Pedrosa juga layak dapat kredit khusus karena sukses start dengan sempurna dan bahkan nyaris unggul dari Rossi.

Jalannya Balapan

Selepas start, Valentino Rossi langsung melaju terdepan. Casey Stoner sementara itu kurang bagus di awal dan dan langsung dilewati Chris Vermeulen dan Dani Pedrosa. Yang luar biasa, Pedrosa start dari posisi 11!

Lewat satu lap, Pedrosa lantas bisa menguntit ke posisi dua, sementara Stoner malah terlempar ke tempat keenam dan kemudian ketujuh. Benar-benar awal buruk buat Stoner.

Pedrosa sempat diancam Lorenzo, tapi dia masih bisa mengatasi rekan setim Rossi itu. Pedrosa masih tetap menguntit Rossi di posisi dua, kendati Lorenzo tak jauh menempel. Nicky Hayden sementara itu terlihat sudah terpuruk di tepi lintasan.

Lorenzo akhirnya bisa naik ke posisi dua dengan 23 lap tersisa. Di belakangnya ada Pedrosa, Andrea Dovizioso, Marco Melandri, Chris Vermeulen dan Stoner.

Rentang waktu Rossi terus dipangkas Lorenzo. The Doctor benar-benar dapat ancaman serius dari rekannya sendiri dengan 20 lap masih membentang. Melandri sementara itu sudah bikin kesalahan sehingga dilewati Vermeulen dan Stoner.

Stoner bukan hanya harus mengejar para pembalap terdepan tapi juga menghadapi ancaman dari Melandri yang kini sudah ada di belakangnya, dengan 19 lap masih tersisa. Di bagian belakang, Toni Elias terlihat melintir keluar lintasan kendati masih coba kembali.

Posisi dua terdepan masih dikuasai Rossi dan Lorenzo, di mana keduanya menempel kian dekat. Pedrosa membuntuti tak jauh di belakang mereka dengan 16 lap sisa. Dovizioso dan Stoner di posisi empat dan lima sementara.

Lorenzo melewati Rossi! Tapi Lorenzo menikung terlalu lebar dan bisa dibalap lagi oleh Rossi. Tak lama kemudian, Lorenzo bermanuver lagi dan melewati Rossi. Kali ini Rossi tak bisa mengambil alih lagi posisinya.

Masih 15 lap tersisa, tempat terdepan masih jadi arena pertarungan duo Yamaha, dibuntuti duo Honda. Lorenzo pertama, Rossi kedua, diikuti oleh Pedrosa dan Dovizioso.

Tinggal 11 lap menanti untuk dilahap, dengan posisi lima terdepan belum berubah. Sebelumnya, Sete Gibernau tak tepat membelok dan kehilangan kendali motor untuk berakhir di tepi lintasan.

Delapan lap tersisa. Pedrosa melewati Rossi! Tapi itu hanya sesaat karena Pedrosa lantas dilewati Rossi lagi. Keduanya masih terus saling bertarung ketat, kendati pada akhirnya posisi dua bisa diamankan Rossi. Untuk sementara.

Kembali duel Rossi-Pedrosa untuk posisi dua! kali ini Pedrosa melewati Rossi dan menjaga posisi dua dengan enam lap tersisa. Tapi tunggu dulu. Rossi tak lama kemudian melewati Pedrosa lagi! Giliran Rossi yang bisa menjauhkan diri dari Pedrosa.

Dengan tiga lap tersisa, Stoner kian mendekati Dovizioso. Terus menguntit ketat, Stoner pun akhirnya bisa mendahului Dovizioso untuk duduk di posisi empat!

Manuver Stoner itu akhirnya membuat dia tetap ada di posisi empat sampai akhir balapan. Posisi tiga terdepan juga tak berubah, dengan Lorenzo di posisi satu, diikuti Rossi dan Pedrosa.

Tidak ada komentar: