.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : MotoGP Terancam Tahun 2010 ????

Khawatir akan potensi mundurnya beberapa skuad mengikuti jejak Kawasaki, presiden Federasi BalapMotor Dunia (FIM) Vito Ippolito akan menganggarkan perubahan besar-besaran, untuk menyelamatkan gelaran MotoGP 2010.

Pemangkasan anggaran pun menjadi solusi utama. Namun, belum ada pernyataan resmi terkait usulan ini. Sementara Ippolito menekankan untuk mengevaluasi konsep teknis MotoGP, untuk mereduksi pengeluaran.

"Masalahnya bukan musim ini (2009), tapi musim 2010. Saat ini, kami masih memiliki tim utuh," papar Ippolito pada Corriere dello Sport dan dilansir kembali Auto Sport.

"Risiko lepasnya tim sangat tinggi, terutama tim dan pembalap independen. Kemungkinan, di laga ini bisa tersisa 14 (dari 19) pembalap saja," keluhnya.

"FIM akan memaparkan ini melalui press rilis, Senin ini," tegasnya.

Keluarnya Kawasaki hanya menyisakan empat tim pabrikan yakni Ducati, Yamaha, Honda dan Suzuki. Itu sebabnya, Ippolito mendorong tim-tim MotoGP dan Dorna merencanakan masa depan olahraga balap motor ini secantik mungkin.

"Olahraga ini membutuhkan peran FIM. Balap motor bukan sekadar bisnis. Itu sebabnya saya menentang usaha pemisahan 125 dan 250 yang sempat diusulkan Dorna. Kejuaraan dunia ini bukan hanya MotoGP, masih ada seri lain yang bisa terkena imbas," tandas presiden FIM.

Tidak ada komentar: