.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2009 : MotoGP Mulai Pangkas Biaya Tahun 2010

Ide pemangkasan biaya yang sudah dilakukan F1 akan diterapkan di MotoGP. Tapi karena banyak motor sudah diproduksi, sebagian rencana tersebut baru akan diterapkan pada 2010.

Adalah bos tim Ducati, Livio Suppo, yang mengungkapkan rencana pemangkasan biaya tersebut. Hampir sama seperti yang baru diberlakukan di F1, pemangkasan biaya di MotoGP juga dikategorikannya sebagai sebuah "langkah radikal".

"Ada beberapa pembatasan yang akan diterapkan pad 2009, tapi karena motor-motor sudah terlanjur di buat, jadi itu belum bisa dilakukan sekarang," ungkap dia kepada Motosprint seperti diberitakan Auto Sport.

Metode yang dilakukan untuk pemangkasan biaya terdiri dari beberapa cara. Mulai penggunaan material motor, jumlah sesi latihan hingga usia mesin yang diharapkan bisa lebih panjang.

"Kami berusaha untuk melakukannya tanpa merusak hal yang lain. Saat sesi latihan, karena kami tahu pengeluaran terbanyak datang dari bahan pembuat mesin, maka kami akan membuat motor tak akan banyak-banyak berada di atas lintasan (untuk melakukan sesi latihan dan ujicoba). Jadi nantinya akan ada pengurangan jumlah ujicoba, durasi free practice dan kualifikasi yang lebih singkat serta mesin yang paling tidak bisa bertahan untuk dua balapan," terang Livio Suppo.

Selain usia mesin, pembatasan lain yang mungkin diberlakukan adalah soal jumlah motor yang bisa dimiliki tim untuk setiap seri. Namun beberapa ide tersebut belum akan bisa diterapkan dalam waktu dekat lantaran sebagian pabrikan Jepang disebutnya belum memberikan persetujuan.

"Saat kami semua setuju untuk meniadakan tes hari Senin, kami di Ducati masih menunggu balasan dari tim Jepang terkait rencana menggunakan satu mesin untuk dua balapan. Katakanlah ini merupakan masalah yang paling rumit, jadi beberapa pabrikan meminta waktu untuk berpikir. Mereka mengevaluasi rencana tersebut, tak ada yang aneh dengan hal itu," pungkas Suppo.

Pembahasan lanjutan soal rencana pemangkasan biaya tersebut akan dilakukan berbarengan dengan ujicoba pra musim di Sirkuit Sepang.

Tidak ada komentar: