.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2008 : Seri 17 MotoGP 2008, 19 Oktober 2008, Sepang International Circuit Malaysia

Sepang International Circuit (SIC) adalah lintasan kebanggaan Malaysia. Sirkuit tersebut selain secara rutin dipergunakan oleh MotoGP juga menjadi lintasan buat ajang F1, A1GP dan SuperGT.

Sirkuit dengan panjang lintasan 5,542 km (3,44 mil) ini dilengkapi dengan salah satu fasilitas pendukung terbaik sehingga jadi salah satu tolok ukur untuk tempat penyelenggaraan GP lainnya.

Namun demikian, sirkuit ini juga mendapat kritik karena permukaan lintasan yang dinilai tak rata. Hal itu diduga bisa terjadi karena sirkuit tersebut dibangun di atas bekas rawa-rawa.

Sirkuit yang punya 15 tikungan tersebut dirancang oleh Hermann Tilke, yang juga mendesain sirkuit di Shanghai, Bahrain dan Turki. Salah satu yang dikenal dari sirkuit ini adalah trek lurusnya yang lebar.

Rancangan sirkuit ini sedikit unik karena adanya hairpin yang memisahkan dua lintasan lurus panjang. Lintasan lurus yang lebar dan tikungan yang sempit di sirkuit ini juga membuat balapan membalap jadi lebih seru karena para pembalap bakal saling terlibat aksi susul-susulan yang ketat.

Sebelum Sepang, Malaysia menggelar balapan GP di Shah Alam (1991-1997) dan Johor Baru (1998). Baru pada tahun 1999 balapan dihelat di Sepang dengan Kenny Roberts Jr menaiki podium pertama MotoGP (saat itu masih bernama GP500).

Catatan waktu tercepat MotoGP di Sirkuit Sepang saat ini dipegang oleh Casey Stoner dengan 2 menit 02,108 detik. Catatan tersebut ditorehkan pembalap Ducati itu pada tahun 2007. Sementara kecepatan tertinggi di sana dibukukan oleh Max Biaggi di atasHonda pada tahun 2004, dengan laju 317,740 km/jam.

Data Sepang Internatinal Circuit :
Lokasi : Sepang, Selangor, Malaysia
Panjang Lintasan : 5.542 meter
Lebar Lintasan : 16 meter (minimal), 25 meter (maksimal)
Jumlah Tikungan : 15 (5 ke kiri, 10 ke kanan)
Lintasan Terpanjang : 927,543 meter
Luas : 90 hektar
Arsitek : Herman Tilke

Jumlah Lap : MotoGP (21 Lap), 250 cc (20 Lap), 125 cc (19 Lap)

Rekor :
MotoGP : 2'02.993 - 162.389 km/jam atas nama Nicky Hayden (2005)
250 cc : 2'08.015 - 156.019 km/jam atas nama Dani Pedrosa (2004)
125 cc : 2'13.919 - 149.140 km/jam atas nama L.Cecchinello (2002)



Tidak ada komentar: