.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Kembali Ditantang Giacomo Agostini

Valentino Rossi memang fenomenal. Hal itu juga diakui oleh Giacomo Agostini. Legenda hidup MotoGP itu bahkan sangat yakin rekor kemenangannya selama berkarir di balapan motor akan mampu dipecahkan The Doctor.

Torehan kemenangan Rossi di kejuaraan dunia MotoGP memang masih jauh dari apa yang dicapai mantan pembalap MV Agusta itu. Agostini mempunyai rekor fantastis. Namun di kelas utama, Rossi telah berhasil menyamai rekor Agostini dengan 68 kemenangan.

Namun secara total (kelas 350cc dan 500cc-red), rekor Agostini masih jauh dari yang dibukukan Rossi. Agostini mampu mencatat 122 kemenangan sepanjang karirnya dari tahun 1964 hingga 1977. Agostini sendiri menjadi juara dunia sebanyak 15 kali.

Sedangkan Rossi jika ditotal di semua kelas MotoGP baru membukukan 94 kemenangan. Meskipun masih terpaut jauh, namun Agostini sangat yakin pembalap kelahiran Urbino itu akan mampu mengejar rekornya.

"Sejujurnya tidak ada yang bisa saya lakukan. Sangat jelas bahwa ketika seseorang memecahkan rekormu, Anda akan sedikit kecewa. Meskipun begitu, saya rasa sangat senanga ia menyamai rekor Agostini," ujar sang legenda kepada Gazzetta dello Sport.

"Saya memang telah meninggalkan rekor 122 kemenangan dan 15 gelar. Saya peduli dengan mereka karena mereka tidak mencetak prestasi yang kecil," ujar Agostini.

"Dapatkah dia memecahkan rekor saya? melihat saat ini dia mungkin akan bisa melakukannya. Saya keluar dari balapan saat usia 35, sedangkan Valentino baru 29," tambahnya.

"Jadi, jika dia mampu memecahkan rekor saya kami akan merayakannya secara besar-besaran," tutup Agostini.

Rossi sendiri mengaku sangat terhormat menyamai rekor Agostini di kelas bergengsi. Namun berbicara rekor total yang dicetak Agostini, Rossi sepertinya gamang. "Sebuah kehormatan bagi saya," ujar Rossi kepada Italia1.

"Saya tidak terlalu ingin memecahkan rekornya karena 122 kemenangan atau 123 dan 15 gelarnya sangatlah sulit," tambahnya.

Bagi Rossi 68 kemenangan di kelas bergengsi sudah menjadi hal yang fantastis. "Bagi saya 68 kemenangan di kelas utama sudah wow!" tutupnya.

Tidak ada komentar: