.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

PROFILE PEMBALAP MOTOGP : Valentino Rossi

Nama : Valentino Rossi
TTL : Urbino, 16 Februari 1979
Nomor motor : 46
Tim : Fiat Yamaha
Juara Dunia :
1997 (125cc), 1999 (250cc), 2001 (500cc), 2002-2005 (MotoGP)
Karir :
1996-1997 (Aprilia, 125cc); 1998-1999 (Aprilia, 250cc); 2000-2003 (Honda, 500cc-MotoGP); 2004-sekarang (Yamaha, MotoGP)




Pentas MotoGP kerap menelurkan seorang pembalap legendaris di eranya masing-masing. Valentino Rossi adalah pembalap terakhir yang sudah pantas disemati gelar legenda.

Bagaimana tidak, lima gelar juara dunia telah direngkuh oleh Rossi di kelas tertinggi GP Motor (GP 500cc dan MotoGP). Ditambah satu gelar juara dunia 125 cc (1997) dan satu lagi di kelas 250cc (1999), maka lengkaplah pencapaian Rossi.

Rossi lahir pada 16 Februari 1979, di kota Urbino yang terletak di negeri yang sudah banyak melahirkan pembalap hebat, Italia. Ayahnya, Graziano, juga seorang mantan pembalap.

Ketertarikan Rossi pada dunia kebut-kebutan sebenarnya berawal dari kesukaan ke gokart. Pada usia lima tahun, Rossi kecil sudah mengendarai gokart yang ditenagai oleh sebuah mesin 100cc.

Rossi kemudian masih meneruskan hobinya ngebut dengan gokart di berbagai ajang. Meski begitu, ia juga mulai merambah balap motor. Faktor mahalnya biaya membalap di ajang karting membuat Rossi akhirnya berkonsentrasi diajang roda dua saja.

Setelah malang melintang di Italia, Rossi kemudian melangkah ke GP Motor kelas 125 cc pada tahun 1996 bersama pabrikan Aprilia. Di tahun debutnya ini, Rossi menyabet satu gelar juara, yakni di GP Ceko di sirkuit Brno.

Kejayaan Rossi pun dimulai. Setelah kenyang pengalaman di tahun 1996, Rossi akhirnya berhasil menjadi juara dunia pada tahun 1997. Rossi tampil dominan dengan menjuarai 11 dari 15 seri yang dipertandingkan sepanjang tahun.

Tahun 1998, Rossi naik kelas ke nomor 250 cc, juga masih bareng Aprilia. Gagal di tahun pertamanya, Rossi lantas menangguk sukses besar di tahun 1999. Gelar juara dunia diraihnya dengan memenangi sembilan seri.

Rossi pun naik ke kelas tertinggi, GP 500, pada tahun 2000 bersama Honda. Di tahun pertamanya itu, Rossi banyak dibantu oleh Mick Doohan, mantan juara dunia GP 500, serta mekanik andalannya, Jeremy Burgess.

Lagi-lagi, Rossi tak langsung berhasil di tahun pertamanya. Meski berhasil memenangi satu GP, yakni GP Brasil, Rossi gagal jadi juara dunia.

Tahun 2001, gelar juara dunia akhirnya didekap Rossi. Memenangi 11 GP, Rossi akhirnya sukses menjadi juara dunia di tahun terakhir pergelaran kelas 500cc (kelas MotoGP diperkenalkan pada 2001).

Berikutnya, kisah Rossi adalah sejarah. Gelar juara dunia MotoGP direngkuh pemuda berambut kriwil itu dari tahun 2002 hingga 2005. Artinya, total jenderal Rossi mengemas empat gelar tambahan.

Sinar Rossi sempat meredup di tahun 2006 dan 2007. Nicky Hayden menggondol gelar jawara dunia tahun 2006 dan Casey Stoner merebutnya setahun berikutnya.

Setelah dua tahun terpuruk, Rossi pun perlahan bangkit. Di musim kompetisi 2008, pembalap berjuluk The Doctor itu kembali masuk ke persaingan memperebutkan gelar juara dunia.

Tidak ada komentar: