.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFORMASI MOTOGP 2008 : Valentino Rossi VS Casey Stoner Di Laguna Seca

MotoGP AS menampilkan pertarungan ekstra seru antara Casey Stoner dengan Valentino Rossi. Diwarnai beberapa kali saling susul, The Doctor akhirnya menjadi juara setelah Stoner sempat terjatuh.

Inilah kemenangan pertama Rossi di Sirkuit Laguna Seca setelah pada tiga penyelenggaraan sebelumnya prestasi terbaik yang didapat cuma posisi tiga. Buat jagoan Fiat Yamaha itu yang lebih penting dari kemenangan ini adalah keberhasilan dia mengakhiri rentetan kemenangan Stoner sekaligus mengukuhkan diri di puncak klasemen.

Podium teratas yang diraih di Laguna Seca, Senin (21/7/2008) dinihari WIB juga menjadi hadiah sempurna buat Fiat Yamaha. Dua hari lalu mereka menawarkan kontrak baru buat Rossi yang akan membuat dia bertahan bersama pabrikan Jepang itu hingga 2010.

Menyelesaikan balapan sebagai runner up membuat Stoner naik satu strip ke urutan dua klasemen sementara dengan jumlah poin 187. Keberhasilan Stoner duduk di posisi dua klasemen tak lepas dari absennya Dani Pedrosa yang mengalami cedera di seri Jerman pekan lalu.

Jalannya Balapan

Saat Stoner mampu melakukan start dengan sempurna untuk mempertahankan posisi terdepan yang dia miliki, Rossi justru sempat turun ke posisi tiga setelah dia disalip Hayden. Namun kondisi tersebut tak bertahan lama lantaran Rossi kembali ke posisi runner up saat memasuki tikungan kedua.

Kecelakaan hebat sudah terjadi di lap pertama ini dengan Jorge Lorenzo yang menjadi korban. Pembalap Fiat Yamaha itupun menjadi yang pertama out dari balapan.

Nasib bertolak belakang dialami rekan setim Lorenzo yang tak lain adalah Rossi. Masih di lap yang sama The Doctor sudah mampu menduduki urutan terdepan setelah mendahului Stoner. Posisi tersebut dipertahankan Rossi hingga memasuki lap ketiga.

Di lap ini kedua pembalap pemuncak klasemen itu terlibat duel ekstra seru. Rossi harus menyerah pada tenaga Desmosedici di lintasan lurus, namun tak lama berselang dia kembali mampu kembali merebut posisi terdepan. Salah satu aksi saling susul tersebut nyaris berujung bencana bagi Rossi karena motornya sempat keluar trek meski dia kemudian mampu menguasai keadaan.

Hingga dua lap berikutnya kedua pembalap masih terlibat saling susul untuk memperebutkan posisi terdepan. Tenaga besar Ducati dimanfaatkan secara maksimal oleh
Stoner di lintasan lurus untuk merebut posisi terdepan, sementara Rossi tak kalah lihai menyalip sang juara dunia di tikungan.

Sengitnya persaingan dua pembalap ini juga tergambar dari catatan fastest lap yang berhasil ditorehkan. Setelah Stoner mencatatkan waktu tercepat di lap tiga, Rossi mematahkan catatan tersebut saat melintasi lap lima.

Hanya dalam enam lap, Rossi-Stoner sudah menciptakan jurang waktu yang cukup lebar dengan pembalap lainnya. Jarak mereka dengan rombongan kedua yang diisi Chris Vermuelen, Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso sudah mencapai enam detik. Sementara di lap 12 jurang pemisah bahkan sudah menjadi 11 detik lebih.

Di rombongan kedua ini Chris Vermuelen menjadi bintang, start dari posisi delapan, dia mampu duduk di posisi tiga saat memasuki lap delapan. Jagoan Rizla Suzuki itu malah berhasil melepaskan diri dari tekanan Nicky Hayden. Kentucky Kid justru terlibat pertarungan seru dengan Dovizioso memperebutkan posisi empat.

Kembali ke posisi terdepan, duel sengit Rossi dengan Stoner terus berlanjut. Rossi yang berhasil mempertahankan keunggulannya di posisi terdepan terus mendapat tekanan hebat dari Stoner yang dalam beberapa kesempatan sempat merebut posisi pertama, meski kemudian kembali di-overtake Rossi.

Saat balapan tinggal menyisakan 10 lap komposisi lima besar diisi Rossi, Stoner, Vermuelen, Dovizioso, dan Hayden. Di lap ini Stoner kembali mencuri posisi terdepan, namun itu tak bertahan lama karena Rossi mampu menyusul.

Bencana mendatangi Stoner saat dia terjatuh di gravel ketika balapan tersisa delapan lap. Terlalu melebar di sebuah tikungan ke kiri, Stoner sebenarnya sudah menurunkan kecepatan motornya saat melaju di atas gravel. Namun dia tetap tak mampu menguasai keseimbangan motor dan kemudian terjatuh karena bannya terjebak di gravel yang cukup dalam.

Pemuda Australia itu memang mampu melanjutkan balapan dan masih mempertahankan posisi kedua. Namun karena banyak membuang waktu akibat insiden tersebut, dalam tempo satu lap selisihnya dengan Rossi sudah mencapai 16 detik lebih.

Keunggulan jauh tersebut mampu dipertahankan Rossi hingga akhir balapan dan menyentuh garis finish. Komposisi pembalap di urutan lima besar juga tak berubah dengan berturut-turut ditempati Stoner, Vermuelen, Dovizioso dan Hayden.

Tidak ada komentar: