.

KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFORMASI MOTOGP 2008, Valentino Rossi Risaukan Indianapolis

Permukaan lintasan kasar, tikungan sempit. Itu adalah kondisi mutakhir Sirkuit Indianapolis. Valentino Rossi berharap kendala tersebut sudah teratasi saat MotoGP digelar di sana 14 September mendatang.

Para pembalap (sebagian besar adalah test rider) tim MotoGP telah melakukan pengujian di Sirkuit Indianapolis yang baru. Mayoritas pembalap uji merasa, sirkuit kebanggaan warga Amerika Serikat itu belum memenuhi kriteria sebagai sirkuit yang nyaman untuk dipakai adu kecepatan.

"Informasi tentang Indianapolis tidak begitu positif, karena mereka melihat ada empat atau lima tikungan yang sangat, sangat sempit. Kendala terbesar, khususnya, adalah adanya tiga atau empat jenis aspal yang berbeda dengan tingkat gigitan yang berbeda pula. Jadi, semua pembalap mengeluhkan hal itu," ujar The Doctor dilansir Autosport.

"Kami akan berbicara mengenai Indianapolis besok di Komisi Keamanan karena (perwakilan keamanan Franco) Uncini juga sudah mengunjungi Indianapolis. Saya telah berbicara dengannya melalui telepon dan dia bilang mereka tidak begitu puas dengan kondisinya. Jadi kami akan berupaya memperbaikinya," sambung Rossi.

Rossi juga menyarankan agar tata ruang sirkuit disesuaikan kembali. Khususnya, penataan dinding beton pembatas di tikungan terakhir, yang dirasa para pembalap terlalu membahayakan.

"Saya belum pernah ke sana, tapi mereka memodifikasi tikungan terakhir dan Nicky (Hayden) ada di sana. Mereka berusaha memperlambat hairpin (tikungan 180 derajat) untuk menghindari risiko (menghantam dinding) dalam kasus tabrakan. Tapi, saya tidak tahu apakah itu sudah cukup. Kami juga akan membahasnya agar lebih paham," Rossi mengakhiri ucapannya.

Tidak ada komentar: