.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi, 46 Adalah Nomor Keramat

Valentino Rossi mengkonfirmasikan menolak untuk mendapatkan nomor 1 di motor Fiat Yamaha miliknya. Rossi lebih memilih mempertahankan nomor keramat 46.

Meski sudah delapan kali menjadi juara dunia MotoGP, namun pembalap asal Italia itu belum pernah sekalipun mengenakan nomor satu di motornya. The Doctor selalu lebih memilih nomor 46, nomor yang digunakan oleh ayahnya Graziano saat masih menjadi pembalap.

Hal yang sama juga akan terjadi tahun depan. "Saya akan mempertahankan nomor 46, karena ini nomor saya dan semua orang tahu itu," tegas Rossi.

"Kadang-kadang saya juga sedih. Sebab, nomor satu juga nomor yang bagus. Namun, saya selalu menggunakan nomor 46 dan saya ingin melanjutkannya," tandasnya.

"Namun, seperti biasa saya mengenakan nomor satu di belakang kostum saya," tutup pembalap asal Italia itu seperti dikutip MCN.

INFO MOTOGP 2008 : Chris Vermeulen Uji Coba Di Phillip Island

Chris Vermeulen mengatakan timnya tidak akan uji coba di Jerez, Madrid. Pembalap Rizla Suzuki itu lebih memilih melakukannya di Phillip Island, Australia.

"Hampir semua pembalap akan melakukan uji coba di Jerez, namun kami akan melakukannya justru di Phillip Island," kata Vermeulen.

"Uji coba musim depan tidak akan banyak, namun mereka datang tepat pada waktunya. Kami juga akan melakukan uji coba di setiap sirkuit yang berbeda," lanjutnya.

Vermeulen dan rekan setim Loris Capirossi, melakukan uji coba di Australia guna mengembangkan kinerja mesin dan sasis motor GSV-R.

"Uji coba ini sudah sesuai dengan harapan kami. Kami sudah melihat peningkatan di beberapa bagian baru kami. Itu berita baik," tambah pembalap asal Australia itu.

"Saya terbiasa menggunakan sasis baru tanpa melakukan uji coba. Kami sadar hal itu tidak benar," tutup pembalap 26 tahun itu seperti dikutip MotoGP.

INFO MOTOGP 2008 : Niccolo Canepa Mengalah Demi Sete Gibernau

Sebagai junior yang baru akan tampil di MotoGP tahun ini, Niccolo Canepa memang layak mengalah kepada Sete Gibernau. Mengapa?

Pembalap asal Italia yang baru saja di rekrut tim Alice Ducati itu, terpakasa menyerahkan nomor kesayangannya kepada Gibernau. 59 adalah angka keramat yang selalu menaungi Canepa sejak pertama kali turun ke dunia balap.

Sebenarnya, Gibernau yang baru kembali ke MotoGP setelah direkrut tim Onde 2000 itu memang terbiasa menggunakan no 15, namun nomor tersebut sudah lebih dulu menjadi milik Alex de Angelis.

Pilihan Gibernau pun jatuh kepada 59, sehingga membuat Canepa terpaksa mengalah. Mengenai hal tersebut, pembalap yang awalnya menjadi test rider Ducati Desmosedici itu tiadak mau ambil pusing.

Canepa menanggapi masalah itu dengan cuek. "Itu hanya masalah kecil, tidak ada yang perlu diributkan. Yang terpenting saat ini saya dapat berlaga di MotoGP," tutur Canepa kepada AP.

Canepa sendiri telah menyiapkan nomor baru, dia telah memilih angka 88. "Karena saya lahir tahun 1988. maka saya telah memilih angka 88 untuk digunakan pada musim depan," lanjutnya.

"Lagipula Gibernau tidak akan tampil di MotoGP hingga 10 tahun ke depan dan saat itu saya akan kembali memakai nomor 59 lagi," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Direktur Tehnik Ducati Puas Kinerja Ducati GP9

Ducati melakukan dua kali uji coba di Valencia pada pekan ini. Direktur Tehnik Ducati Filippo Preziosi mengaku puas dengan kinerja serat karbon yang ada di mesin GP9.

Preziosi bukan tanpa alasan mengatakan seperti itu. Pada uji coba sesi pertama di Valencia, pembalap Ducati Malboro Casey Stoner sempat menjadi pembalap yang tercepat.

"Sebenarnya, kami sedikit takut dengan uji coba ini. Disana kami mengadakan perkembangan pada mesin motor GP9 dengan menggunakan serat karbon," kata Preziosi.

"Pasalnya, kami tidak pernah melakukannya dengan pembalap uji coba kami Vittoriano Guareschi," lanjutnya seperti dikutip Auto Sport.

"Meski Vittoriano hanya melakukan beberapa putaran untuk menyiapkan motor, namun dia mengatakan motor siap digunakan," tambahnya.

"Casey pun sangat menyukai perkembangan motor ini. Kecepatan motor masih sama, meski kami lebih mengurangi bahan bakar," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Mika Kallio, Desmosedici Motor Spesial

Mika Kallio pertama kali terjun di MotoGP. Kallio mengaku terkesan dengan motor Ducati. Dia mengatakan Desmosedici GP8 merupakan motor yang spesial.

Meski hanya mampu finish kelima dari tujuh pembalap yang melakukan uji coba lanjutan di Valencia, Rabu (29/10/2008), namun mantan pembalap 250cc itu mengaku terkesan dengan kecepatan motor Ducati.

"Jujur, dari apa yang saya saksikan di televisi dan rumor yang saya dengar, saya mengharapkan Desmosedici GP8 bisa tampil agresif. Namun, saya sangat senang karena dapat mengendalikannya," ujar Kallio.

"Bagi saya, Desmosedici adalah motor yang spesial dan saya sudah tidak sabar ingin balapan di musim 2009," lanjut pria asal Finlandia itu seperti dikutip Crash.

Kallio mungkin ingin mempelajari pengalaman Andrea Dovizioso. Pembalap anyar Repsol Honda itu mengaku kalau balapan di MotoGP tidak mudah dan sangat menantang.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Membuat Ducati Terkesan

Nicky Hayden tampil gemilang selama dua hari sesi uji coba MotoGP bersama Ducati di Valencia pekan ini. Direktur Tehnik Ducati Filippo Preziosi percaya timnya telah melakukan pilihan tepat dengan memakai Hayden.

Hayden yang menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan kedua di Spanyol, membuat Ducati terkesan karena dia tanpa segan berkomunikasi dengan tim mesin pabrikan asal Italia itu.

"Dia sangat berani sekali. Biasanya, pembalap baru takut, bahkan Casey Stoner juga seperti itu. Namun dia tidak sama sekali. Saya rasa kami telah membuat pilihan yang bagus," jelas Preziosi.

Berbicara mengenai hubungan antara Stoner dengan Hayden, Preziosi menambahkan : Sejak awal kedua pembalap memang memiliki hubungan yang baik. Selain itu, keduanya juga berbicara dengan bahasa yang sama," lanjutnya.

"Saya tidak tahu apakah Hayden dan Stoner akan menjadi pasangan terbaik MotoGP tahun ini. Namun, yang pasti hubungan keduanya sangat harmonis," tutupnya seperti disitat Gazetta dello Sport.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso, Hujan Bukan Pantangan

Andrea Dovizioso berhasil melewati ujian perdananya bersama Repsol Honda dengan gemilang. Meski Valencia diguyur hujan, namun Dovizioso melahap uji cobanya dengan sempurna.

Dovizioso adalah salah satu dari tujuh pembalap MotoGP yang melakukan uji coba kedua di Valencia, Rabu (29/10/2008). Namun, pembalap muda itu dapat menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Dovizioso melahap 18 putaran pada sesi uji coba itu, dengan hanya tercecer 0,009 detik dari catatan waktu yang dibuat pembalap anyar Ducati, Nicky Hayden yang menjadi pembalap tercepat.

"Saya cukup puas dengan hasil balapan di uji coba kedua ini. Sebenarnya, kondisi lintasan tidak bagus, trek sangat licin baik kering atau basah," ujar Dovizioso seperti dikutip Crash.

"Jadi untuk menguji ban, maka kami harus menunggu hujan yang lebih lebat lagi. Pasalnya, kami hanya memiliki satu ban yang bisa digunakan," lanjut pembalap asal Italia itu.

"Saya mempelajari motor dan ban baru. Saya sangat senang dengan tantangan baru ini," tandas pembalap 22 tahun itu.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi, 800 cc Akan Membosankan

Valentino Rossi tidak setuju dengan motor generasi terbaru kelas 800cc. Pembalap Fiat Yamaha itu mengatakan balapan MotoGP 2008 menjadi sangat membosankan karena jarang terjadi wheel-to-wheel.

"Yang pasti balapan 800cc menjadi lebih membosankan dibandingkan balapan MotoGP kelas 990cc. Motor menjadi terlalu banyak piranti elektronik," cetus Rossi.

"Terbukti, bila piranti elektronik berjalan dengan mulus, maka motor akan bekerja dengan baik dan perbedaan jarak dengan motor lain menjadi sangat jauh," lanjut The Doctor kepada Motosprint.

Rossi bukan tanpa alasan mengatakan itu. Pada sesi terakhir MotoGP di Valencia pekan kemarin, jarang sekali terjadi persaingan ketat. Hal itu menjadi alasan kuat buatnya.

"Lintasan di Valencia juga patut disalahkan. Sebab, Anda tidak memiliki pilihan, sehingga mau tidak mau Anda harus memilih berada di belakang pembalap lain," tandas juara MotoGP 2008 itu.

INFO MOTOGP 2008 : Niccolo Canepa Dan Mika Kallio Membuat Alice Team Puas

Setelah melakukan uji coba sebanyak dua kali di Valencia, Direktur Tehnik Alice Team Fabiano Sterlacchini mengaku cukup puas dengan kinerja dua pembalap debutannya Niccolo Canepa dan Mika Kallio.

Meski Canepa dan Kallio gagal mencatatkan hasil yang maksimal, namun Sterlacchini merasa hal itu sangat wajar. Sebab, keduanya baru pertama kali terjun di kelas MotoGP pada awal musim ini.

"Dua hari uji coba ini sangat penting buat tim kami. Dua pembalap muda kami, Mika dan Nicolo, memiliki kewajiban untuk mencari tahu karakter dari motor dan metode kerja tim kami," ujar Sterlacchini.

"Sementara bagi Mika, ini pertama kali dia menggunakan motor seperti MotoGP. Untuk itu, dia harus mengerti setiap detil dari motor kami," tandasnya seperti dilansir Motorsport.

"Namun, kedua pembalap kami telah melakukan kerjanya dengan baik dan mereka telah memberikan informasi penting. Saya sangat senang dan saya merasa semua berjalan lancar," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Masih Harus Beradaptasi Dengan Ducati

Nicky Hayden memang berhasil mencatatkan waktu tercepat di sesi uji coba kedua di Valencia. Namun, Hayden mengaku masih mencoba adaptasi untuk mencocokan gaya membalapnya dengan Ducati.

Mantan pembalap Repsol Honda itu mengatakan, dirinya perlu kerja keras agar bisa bersaing dengan rekan setimnya Casey Stoner ketika lintasan dalam keadaan basah.

"Kami belum menemukan stelan yang tepat. Oleh karena itu, di momen yang penting seperti ini saya akan mencoba beradaptasi dengan motor, ban dan cara kerja tim serta komunikasi," ujar Hayden.

"Saya tahu harus bekerja cukup keras. Tapi, saya siap dan begitu juga dengan tim," lanjut pembalap asal Amerika itu seperti dikutip Auto Sport.

"Saya belum meminta untuk melakukan perubahan pada motor. Sebab, Casey telah menunjukkan kalau motor bisa bekerja dengan baik dan sekarang tergantung kepada saya untuk melakukan yang sama," tandasnya.

Hayden menambahkan dirinya kecewa tidak melakukan uji coba di lintasan basah lebih lama lagi. Pasalnya, uji coba di lintasan basah penting buat musim mendatang.

INFO MOTOGP 2008 : Bridgestone Puas Dengan Hasil Uji Coba

Hari kedua uji coba MotoGP di Valencia telah selesai dilakukan. Manajer Pengembangan Ban Bridgestone Motorsports Tohru Ubukata mengaku cukup senang dengan uji coba yang telah dilakukan.

"Saya merasa puas dengan uji coba pertama kami pada ban baru, dimana kami mampu terus membalap meski keadaan ketika itu lintasan dalam keadaan basah," kata Ubukata.

"Mengingat ini pertama kali kami menghasilkan ban buat para kontestan, maka saya merasa kami telah memulai cukup baik," lanjut pria asal Jepang itu seperti dilansir Crash.

Sesi uji coba sendiri dilakukan sebanyak dua kali. Pada sesi uji coba pertama dilakukan Senin (27/10/2008) waktu setempat, yang diikuti sekitar 18 pembalap. Sedangkan, sesi kedua berlangsung Selasa (28/10/2008) waktu setempat, yang hanya diikuti 7 pembalap karena cuaca yang buruk.

"Kami menggunakan data yang ada pada ban 2008, untuk dikembangkan di ban baru kami. Namun, kami bisa memastikan kalau ban milik kami bisa cocok dengan tim peserta MotoGP yang ada," ujar Ubukata.

"Kondisi lintasan pada Senin memang cukup luar biasa dan hasil catatan waktu setiap pembalap cukup ketat. Kami senang karena ban kami dapat tahan lama. Terbukti, beberapa pembalap mampu melahap sebanyak 40 kali," tambahnya.

"Kondisi baru yang membuat kami menjadi produsen tunggal MotoGP memang menjadi tantangan buat kami. Namun, saya yakin kami bisa melakukannya," tandasnya.

Kini, Bridgestone akan menggunakan data yang ada di Valencia, dalam rangka untuk menyiapkan ban buat menyambut musim depan.

INFO MOTOGP 2008 : Marco Melandri Berjudi Pada Kawasaki

Marco Melandri menyatakan keputusannya bergabung dengan Kawasaki di musim MotoGP 2009 merupakan suatu perjudian. Melandri memutuskan pindah untuk mendapatkan motor yang sesuai dengan gaya membalapnya.

Seperti diketahui, musim lalu Melandri memang menjalani musim yang buruk bersama Ducati. Meski mendapat paket motor yang tak perlu diragukan lagi kecepatannya, namun Melandri gagal bersinar. Pembalap asal Italia itu hanya mampu bercokol di posisi 17 klasemen akhir MotoGP.

Hasil buruk inilah yang memaksanya untuk hengkang dari Ducati. Setelah resmi hengkang, Melandri memang sempat mendapat tawaran dari mantan timnya, Honda Gresini. Sayang, Melandri justru memilih bergabung dengan Kawasaki sebagai pelabuhan barunya.

"Keputusan pindah ke Kawasaki merupakan tantangan yang sulit bagi saya. Namun, saya sangat ingin mencobanya dan memberikan yang terbaik bagi Kawasaki," papar Melandri seperti dilansir Auto Sport.

Melandri pun langsung menjalani debutnya bersama Kawasaki pada pekan ini, dengan melakukan sesi uji coba di Valencia pada pekan ini. Melandri sangat banyak berharap pada motor barunya ini agar bisa bersaing pada musim depan.

"Ini tantangan besar untuk saya. Saya harap, Kawasaki adalah motor yang cocok dengan gaya membalap saya. Sebab, hal inilah yang tidak saya dapatkan bersama Ducati. Namun untuk saat ini, saya hanya ingin segera kembali menunggangi motor dan menikmati musim balapan tahun depan," tegas pembalap 26 tahun itu.

INFO MOTOGP 2008 : John Hopkins Optimis Memakai Bridgestone

Musim lalu Valentino Rossi (Fiat Yamaha) dan Casey Stoner (Ducati) sulit tersaingi oleh pembalap lain. Namun, pembalap Kawasaki John Hopkins yakin musim ini timnya bisa bersaing dengan kedua pembalap itu.

Adalah peraturan baru yakni penggunaaan ban Bridgestone yang membuat Hopkins begitu optimis. Dia sangat yakin ban yang digunakannya sekarang bisa bersaing dengan pembalap lain pada MotoGP musim mendatang.

"Ban depan yang kami uji di Valencia, Senin (27/10/2008) pagi, hampir serupa dengan yang digunakan Valentino dan Casey pada musim lalu," kata Hopkins seperti dikutip Crash.

"Pada sesi itu kami memiliki kesempatan untuk mengubah semua stelan motor dan kami mengalami kemajuan cukup berarti. Ban depan motor kami ini membuat saya lebih optimis," lanjut pembalap asal Amerika itu.

Bukan hanya menguji ban depan baru, Hopkins juga melakukan uji coba pada dua mesin motor Kawasaki. "Kami juga menguji dua mesin berbeda pada motor kami dan saya merasa mesin kami perlu dikembangkan," tambah mantan pembalap Rizla Suzuki itu.

"Saya juga senang bisa bekerja sama dengan CEO Kawasaki Naoya Kaneko. Dia memiliki jadwal yang sangat teratur buat pembalapnya dan saya yakin, ini yang akan menjadi berbeda dengan tim lain," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Sete Gibernau Harus Kerja Keras

Sete Gibernau baru saja menguji motor baru tim satelit Ducati, Onde 2000 di Valencia. Gibernau mengaku timnya butuh kerja kerja keras agar bisa bersaing di MotoGP musim depan.

Setelah meninggalkan MotoGP pada musim 2006, Gibernau memang telah memastikan diri untuk kembali ke dunia balap motor paling bergengsi di dunia itu. Dia memutuskan untuk bergabung dengan Tim Onde 2000.

Gibernau pun melakukan uji coba perdananya di Valencia, Senin (27/10/2008) kemarin, dengan baik. Pembalap bernama lengkap Manuel Sete Gibernau Bulto itu hanya tertinggal dua detik dari pembalap Ducati Casey Stoner.

"Untuk saat ini, saya kesulitan bersaing dengan pembalap lain. Mereka membalap dengan sangat cepat. Mereka seperti sudah yakin apa yang akan dilakukan, sedangkan saya tidak," kata Gibernau.

"Saya masih perlu belajar apa yang harus saya lakukan agar motor ini bisa melaju kencang. Saya tidak takut, namun saya harus menghormati pembalap lain yang di kejuaraan ini," lanjut pembalap asal Spanyol itu.

"Kami sangat profesional dan memiliki tim yang sangat bagus. Namun, kami harus bekerja keras untuk bekerja dengan baik," tambah pembalap 35 tahun itu seperti dikutip Auto Sport.

"Saya akan mencoba menggunakan pengalaman yang saya miliki dan saya akan mencoba mengeber motor ini secepat mungkin," tutup mantan pembalap Yamaha, Honda, Suzuki, itu.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Tercepat Sesi Uji Coba Ke 2

Nicky Hayden menjadi yang tercepat pada sesi uji coba kedua di Sirkuit Valencia, Rabu (29/10/2008). Setelah Casey Stoner menjadi tercepat pada sesi uji coba pertama MotoGP di Valencia, Selasa (28/10/2008), kini giliran pembalap anyar Ducati Nicky Hayden yang tercepat. Sesi uji coba ini dilakukan singkat karena cuaca yang buruk.

Hanya tujuh pembalap yang melakukan sesi uji coba pada waktu itu, sedangkan pembalap yang lain memutuskan untuk tidak melakukan uji coba karena hujan. Sesi uji coba ini berakhir jam 3 sore.

Hayden menyelesaikan uji coba ini dalam 20 lap untuk kali kedua setelah ia bergabung dengan tim Ducati.

Dalam sesi yang berlangsung Rabu (29/10/2008), Hayden menjadi tercepat dengan mencatatkan waktu 1:48.287 detik. Pembalap Amerika itu mengalahkan pembalap anyar Repsol Honda Andrea Dovizioso yang berada pada posisi kedua dengan catatan waktu 0,010 detik lebih lambat, dan tercepat ketiga pada sesi uji coba ini adalah pembalap anyar Kawasaki, Marco Melandri.

Niccolo Canepa dan Mika Kallio yang merupakan pembalap debutan milik Alice Team berada pada tempat keempat dan kelima. Diikuti oleh Toni Elias (Team San Carlo Gresini) dan Loris Capirossi (Rizla Suzuki MotoGP).

Sesi uji coba MotoGP akan dilakukan kembali bulan depan di sirkuit Phillip Island, Inggris.

Hasil Uji Coba ke 2 di Sirkuit Valencia :

1. Nicky Hayden - Ducati Marlboro Team - 1:48.287
2. Andrea Dovizioso - Repsol Honda - 1:48.296
3. Marco Melandri - Kawasaki Racing Team - 1:48.786
4. Niccolo Canepa - Alice Team - 1:49.917
5. Mika Kallio - Alice Team - 1:50.275
6. Toni Elias - Team San Carlo Gresini - 1:54.057
7. Loris Capirossi - Rizla Suzuki MotoGP - 1:57.322

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Coba Yamaha YZR-M1 Baru

Motor baru. Helm baru. Ban baru. Valentino Rossi puas. The Doctor akan menyambut musim balap baru tahun 2009 dengan segudang ambisi baru bagi timnya, Fiat Yamaha.

Semua perlengkapan anyar Rossi; motor YZR-M1, dan ban baru Bridgestone, sudah dijajalnya pada sesi uji coba di Sirkuit Valencia, pasca-MotoGP penutup di Spanyol.

"Hari ini kami mulai melakukan persiapan untuk musim balap 2009 dan saya bisa menjajal motor baru untuk kali pertama. Ini baru prototipe pertama, tapi impresi saya terhadap motor ini sangat bagus," ungkap The Doctor seperti dikutip Crash.

"Hal besar lainnya hari ini tentu saja ban. Saya sangat terkesan," sambung sang maestro.

"Tapi di sini bukan lintasan terbaik untuk menjajalnya, di mana kami tidak memiliki data cukup di sini. Tetap saja rasanya menyenangkan. Saya berharap gigitan ban agak kurang tapi toh kami mendapat banyak hal hari ini," tuturnya.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Terlalu Tua Untuk Formula 1

Juara dunia MotoGP Valentino Rossi menegaskan dirinya bakal kembali menjajal mobil F1 Ferrari. Tapi sekali lagi Rossi menekankan, hal itu dilakukannya hanya untuk bersenang-senang.

Rossi memang tertarik mengendarai mobil cepat. Sudah beberapa kali Rossi ikut mengemudikan mobil F1 maupun reli yang semuanya dilakukan The Doctor hanya untuk mengganti suasana, bukan untuk alih profesi.

Lagipula pada usianya yang telah menginjak 29 tahun, Rossi juga menilai dirinya sudah terlalu veteran untuk beralih menjadi pembalap F1.

"Ini hadiah, karena saya berhasil memenangi MotoGP," ujar The Doctor seperti dilansir Crash.

"Setelah ini saya tinggal memiliki kontrak satu tahun lagi bersama Yamaha, dan setelah itu usia saya akan menjadi 31. Terlalu tua untuk terjun ke F1," ujarnya beralasan.

INFO MOTOGP 2008 : Marco Melandri Cocok Menunggangi Kawasaki

Debut Marco Melandri menunggang Kawasaki di sesi tes Valencia berlangsung mulus. Dengan ZX-RR, Melandri menyisihkan waktu terbaiknya saat masih membawa Desmosedici, seraya memacu motor lebih cepat 0.22 detik dari rekan setimnya John Hopkins.

Tapi apapun, yang namanya pertama, tidak akan selalu berjalan dengan sempurna. Termasuk juga dengan debut Melandri bersama Kawasaki.

"Selalu menarik bekerja dengan rider baru. Dan saya rasa merupakan awal yang bagus bagi Marco dan kru kami," ujar ketua kru Ducati, Juan Martinez dikutip Crash.

"Tentu kami masih memiliki beberapa poin yang perlu dikembangkan, tapi secara keseluruhan impresi pertama Melandri sangat bagus," lanjut Martinez.

"Gaya membalapnya sangat cocok dengan karakteristik Ninja ZX-RR kami. Ini berarti komentar yang dilontarkannya akan membuat ringan tugas insinyur kami di Jepang untuk mengidentifikasi arah pengembangan motor tahun depan," tutup dia.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso Nyaman Bersama Repsol Honda

Andrea Dovizioso akhirnya resmi memulai karir sebagai debutan tim Repsol Honda. Dia menjajal motor Honda untuk pertama kalinya di Spanyol pada sesi uji coba pasca-MotoGP Valencia.

Dovizioso naik kelas menunggangi motor utama Honda, setelah musim sebelumnya menunggangi motor tim satelit Honda bersama tim JiR Scot.

Secara umum, motor yang dipakai tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya ada pada perpindahan ban dari Michelin ke Bridgestone. Tapi Dovi tetap nyaman menghadapi pengalaman baru ini.

"Benar-benar hari yang mengesankan. Motor terasa nyaman, seperti evolusi dari motor 2008 saya, saya menyukai langkah maju ini, seperti yang saya harapkan. Jadi saya senang dengan keadaan ini," papar Dovizioso dilansir Auto Sport.

"Secara umum semua berlangsung positif tapi saya masih harus banyak belajar. Dengan tim baru saya kami mulai bekerja tahap demi tahap dan saya menyukai sistem ini," ujar Dovizioso.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso Jajal RC212V Repsol Honda

Usai mengikuti balapan MotoGP di sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (26/10), Andrea Dovizioso tidak langsung pulang ke Italia. Pembalap tim Scot JiR itu langsung bergabung dengan tim barunya, Repsol-Honda guna menjajal Honda RC212V 2008 yang sama dengan dipakainya selama musim 2008 dengnan kubu lamanya.

Hanya, kedua roda motornya dipasang ban Bridgestone sebagai pengganti Michelin, berarti ia menunggang motor bekas Nicky Hayden. "Saya masih harus banyak belajar, tapi hari pertama ini sungguh menyenangkan. Motornya, lanjut Dovi seperti Honda evolusi 2008 yang dipakainya berlomba, cuma selangkah lebih baik.

Dibandingkan dengan motornya, diakui Dovi, motor pabrikan banyak poin positifnya. Seperti mesin lebih halus dan lebih bertenaga. "Dengan elektris, saya perlu banyak waktu mempelajari dan memahami itu, terutama soal kontrol traksi," komentarnya.

Soal ban Bridgestone, ia mengaku harus beradaptasi dengan gaya membalapnya. Namun dalam segala hal, "Hari pertama tes ini banyak hal positif yang didapat di samping banyak belajar. Dengan tim baru ini, saya suka dengan sistemnya," tutup Dovi.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Nikmati Debutnya Di Tim Marlboro Ducati

Nicky Hayden yang baru saja pindah ke tim Marlboro Ducati mengaku sangat menikmati debutnya, pada sesi uji coba MotoGP 2009 di sirkuit Valencia.

Pada sesi latihan tersebut Hayden berhasil menempati posisi ke-12 dari 18 pembalap yang ambil bagian. Mantan punggawa Repsol Honda tersebut mencatat waktu 1:33.960 detik.

Layaknya seorang pembalap yang baru saja pindah, The Kentucky Kid nampak sangat berhati-hati mengeluarkan pernyataan. Ia menolak membandingkan Ducati dengan timnya terdahulu.

Juara MotoGP 2006 itu hanya mengatakan kalau dirinya sangat menikmati tahap awal bersama Ducati. Ia juga masih berusaha untuk akrab dengan motor barunya yaitu Desmosedici. Pada sesi itu Hayden masih menggunakan GP8.

"Walaupun banyak hal yang masih harus dipelajari, saya merasa senang dapat bergabung dengan Ducati. Saya belum akrab sama sekali dengan Desmosedici tapi saya akan terus berusaha agar dapat mempersembahkan yang terbaik," ungkap rider yang kini mendampingi Casey Stoner itu kepada Auto Sport.

INFO MOTOGP 2008 : Bridgestone Cocok Untuk Rizla Suzuki

Debut Suzuki Rizla mengenakan karet hitam Bridgestone berjalan lancar. Baik Chris Vermeulen maupun Loris Capirossi menyatakan puas dengan kinerja ban buatan pabrikan Jepang itu.

Pada uji coba pertama di Sirkuit Valencia, Vermeulen dan Capirex mampu menyelesaikan balap di posisi empat dan lima. Bandingkan dengan hasil balap MotoGP terakhir, di mana keduanya hanya mampu finis ke-13 dan sembilan.

"Kami mendapat perlengkapan baru untuk mesin, sasis dan perangkat elektronik dari Suzuki. Kami memperoleh hal positif dan negatif dan pastinya mendapat petunjuk jelas sebagai pijakan," kata Vermeulen dilansir Crash.

"Semoga Suzuki dapat mengembangkan pekerjaan dari hasil yang kami dapatkan di sini dan menciptakan sesuatu yang bagus untuk uji coba di Phillip Island bulan depan," lanjut Vermeulen.

Senada dengan Vermeulen, Capirex juga menyambut baik hasil tes pertama mereka di Valencia. Katanya, "bannya bagus dan tidak jauh berbeda dengan yang biasa kami pakai."

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Dan Uji Coba Ducati

Hidup baru Nicky Hayden bersama Ducati dimulai kemarin (27/10) di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Tepatnya, ketika pembalap asal Amerika Serikat (AS) tersebut melakoni uji coba pertamanya bersama Ducati. Perubahan yang cukup drastis, mengingat kurang dari 24 jam sebelumnya dia masih memacu Honda RC212V dalam seri terakhir MotoGP 2008.

Setelah melakukan persiapan selama 70 menit, Hayden keluar dari pit dan memacu Desmosedici GP9 di sirkuit sepanjang 4,005 km tersebut. Dia tampil bersama tim barunya itu dengan begitu bersemangat. Corak bendera AS membalut motornya. Di bagian samping ada tulisan Chapter 2 yang menandakan kehidupan barunya di Ducati. Tulisan tersebut juga terdapat di bagian dinding garasinya.

Selama ini Hayden memang dikenal sebagai anak Honda. Dia memulai kiprah di MotoGP bersama Honda pada 2003. Ketika mulai menapaki karir di balapan nasional selepas sekolah menengah atas di AS, dia juga bersama Honda.

Menjelang uji coba kemarin, Stoner berdiskusi ringan dengan Filippo Preziosi selaku direktur teknik Ducati dan rekan satu timnya, Casey Stoner. Setelah terlibat hubungan kurang harmonis dengan Dani Pedrosa di Repsol Honda, Hayden berharap bisa lebih kompak dengan Stoner di Ducati.

Selain Hayden, Marco Melandri memulai petualangan barunya bersama Kawasaki. Pembalap Italia itu kemarin juga turun ke lintasan untuk mencoba tunggangan barunya untuk musim depan, ZX-RR.

Melandri yang Minggu lalu masih membalap dengan bendera Ducati menyatakan bahwa keputusan pindah ke Kawasaki bukan sesuatu yang mudah. Jika dia kurang bisa beradaptasi dengan Desmosedici GP8 musim ini (terpuruk di peringkat ke-17 klasemen akhir pembalap), kondisi serupa bisa dialaminya tahun depan dengan Kawasaki. Sebagai catatan, prestasi duo Kawasaki, John Hopkins dan Anthony West, tidak jauh lebih baik darinya.

"Itu (pindah ke Kawasaki, Red) adalah pilihan sulit. Tidak akan ada orang lain yang mengambil pilihan tersebut," ucap Melandri kepada Italia1.

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Gagal Karena Cidera

Dani Pedrosa gagal menjadi juara pada balapan MotoGP musim ini. Pembalap Repsol Honda itu mengatakan kegagalan tersebut terjadi karena tangannya mengalami cedera.

Pedrosa pantas kecewa dengan kegagalannya kali ini. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu sempat memimpin klasemen pembalap MotoGP. Namun, Pedrosa harus puas berada di urutan ketiga tertinggal 124 poin dari Valentino Rossi.

Pedrosa menuturkan, alasan dia gagal memenangkan kejuaraan ini karena dirinya mengalami cedera saat melakukan uji coba di Sepang pada Januari dan juga MotoGP Jerman pada Juli silam.

"Saya mematahkan tangan kanan saat awal musim, kemudian tangan kiri pada pertengahan musim. Setelah itu, giliran lutut saya cedera di Australia. Jadi, saya kehilangan ritme pada musim ini karena cedera," jelas Pedrosa.

"Praktis, saya harus berhenti mengerjakan motor, sedangkan pembalap lain terus melanjutkan pekerjaannya sehingga penampilan mereka semakin membaik setiap balapan," sesal pembalap 23 tahun itu.

Untuk itu, Pedrosa berniat melakukan pembalasan saat musim 2009 mendatang bergulir. "Saya harus bekerja keras untuk kembali kuat dan saya berharap musim depan kami terhindar dari kejadian seperti itu," kata Pedrosa.

"Kami berharap semua berjalan dengan lancar. Kami tidak mengalami cedera saat menjalami pre-season dan kami bisa bekerja untuk menghadapi balapan pertama," tutupnya seperti dilansir Auto Sport.


INFO MOTOGP 2008 : FIM MotoGP Awards 2008

Juara Dunia MotoGP 2008 Valentino Rossi mendapatkan trophy piala kemenangannya pada minggu malam di Valencia yang diselenggarakan di city´s Oceanografic Centre.

Prosesi penganugrahan 2008 ini di selengarakan oleh komunitas Valencia, dan disiarkan langsung keseluruh dunia, dan dipresenteri oleh Mattew Robert BBC’s dan TVE’s Ainboa Arbizu.

Vice-Presiden dari FIM Joan Moreta memberikan banyak hadiah selama FIM menghandle kejuaraan ini bersama dengan Presiden Komisi Balap FIM Claude Danis, termasuk piala spesial untuk setiap kategori juara. Pada piala, dituliskan nama juara dunia pertama kalinya dari sejak 1949, dan piala kali ini dibuat spesial untuk merayakan seri ke60 kalinya kejuaraan GP.


Saat yang mendebarkan dan sangat mengembirakan saat event yaitu saat Presiden Valencia Mr. Francisco Camps dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyalami Rossi dengan menandatangani seri ke 60 GP di tower juara MotoGP di Valencia.

Banyak macam dan kategori trophy/piala dipersembahkan malam itu, menandakan untuk penghargaan bagi para pembalap yang telah menyelesaikan dengan sangat baik balap di trek Gp dengan sangat baik. Kategorinya termasuk
Rookie of the Year, Pole of Poles for best qualifier and Manufacturers´ World Championships.






INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Menjadi Yang Tercepat Dalam Uji Cob

Casey Stoner benar-benar merajai Sirkuit Valencia. Sukses menjuarai seri terakhir MotoGP di sirkuit kebanggaan masyarakat Spanyol itu, Stoner kembali mendominasi pada sesi ujicoba jelang kejuaraan MotoGP 2009.

Dalam sesi tersebut, Stoner berhasil memperbaiki catatan waktunya pada balapan hari Minggu (26/10/2008) kemarin. Pembalap Ducati itu mencapai garis akhir dengan catatan 1 jam 32 menit 464 detik.

Sedangkan untuk peringkat kedua dan ketiga posisinya masih sama seperti balapan kemarin; yaitu dengan menempatkan Dani Pedrosa (Honda Repsol) dan Valentino Rossi (Fiat Yamaha) berurutan dibawah The Aussie.

Yang menjadi pantas disorot pada ujicoba kali ini adalah pembalap yang mulai musim depan berpindah tim. Nicky Hayden yang pindah ke Ducati dan posisinya digantikan Andrea Dovizioso di Repsol Honda serta Marco Melandri yang menunggangi Kawasaki dan Toni Elias kembali ke Honda Gresini menjadi sorotan.

Hal menarik lainya adalah munculnya para wajah baru seperti Mika Kallio, Niccolo Canepa dan Yuki Takahashi yang masing-masing membela Alice Ducati dan JiR Scot Honda.

Selain itu kembalinya rider kawakan Sete Gibernau menambah ketat persaingan. Gibernau kembali ke MotoGP dengan mengusung panji Onde Ducati.

Hasil Uji Coba :

1. Casey Stoner AUS (Ducati Marlboro) 1:32.464

2. Dani Pedrosa SPA (Repsol Honda) 1:32.672

3. Valentino Rossi ITA (Fiat Yamaha) 1:32.921

4. Chris Vermeulen AUS (Rizla Suzuk) 1:33.142

5. Loris Capirossi ITA (Rizla Suzuki) 1:33.325

6. Alex de Angelis RSM (Honda Gresini) 1:33.375

7. Jorge Lorenzo SPA (Fiat Yamaha) 1:33.550

8. Andrea Dovizioso ITA (Repsol Honda) 1:33.676

9. John Hopkins USA (Kawasaki Racing) 1:33.760

10. Marco Melandri AUS (Kawasaki Racing) 1:33.782*

11. Randy de Puniet FRA (LCR Honda) 1:33.832

12. Nicky Hayden USA (Ducati Marlboro) 1:33.960*

13. Toni Elias SPA (Honda Gresini) 1:34.129*

14. Sete Gibernau SPA (Onde 2000 Ducati) 1:34.451*

15. Mika Kallio FIN (Alice) 1:34.793*

16. Olivier Jacque FRA (Kawasaki) 1:34.925*

17. Niccolo Canepa ITA (Alice) 1:34.995*

18. Yuki Takahashi JPN (Team Scot) 1:35.203*

* debut pertama bersama team baru untuk MotoGP 2009


INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo, Pengalaman Guru Yang Terbaik

Juara dunia dua kali balap motor kelas 250cc Jorge Lorenzo adalah rookie terbaik musim 2008. Banyak pengalaman yang sudah diperolehnya sepanjang kejuaraan, manis maupun pahit.

Ketika pertama kali terjun di ajang MotoGP, Lorenzo yang turun berlaga untuk Fiat Yamaha, langsung tancap gas dengan membabat tiga pole position berurutan pada tiga balap awal.

Di MotoGP seri ketiga di Estoril Portugal, Lorenzo pun langsung merebut podium utama perdana. Hebat.

Tapi setelah itu, insiden terjatuh dari motor terus membayangi Lorenzo. Ban Michelin yang dikenakannya pun ikut bermasalah. Lengkap sudah catatan musiman debutan super ini.

"Saya banyak belajar, bukan hanya dari sisi profesional, tapi juga secara personal," kata rekan setim Valentino Rossi tersebut dilansir Auto Sport.

"Tahun yang sangat berat, dengan banyak pelajaran, banyak kecelakaan, dan banyak masalah internal. Jadi hal ini akan membuat saya lebih kuat ke depannya dan akan berdampak bagus untuk masa depan," tutup Lorenzo.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso Dan Perpisahan Manis Dengan JiR Honda

Andrea Dovizioso memberikan salam perpisahan manis bagi timnya, Honda JiR. Rider yang tahun depan akan membela Repsol Honda ini berhasil menyelesaikan edisi balap MotoGP 2008 terakhir di Valencia pada posisi keempat.

Dengan prestasinya itu, maka Dovi berhak menyelesaikan musim balap kali ini di posisi kelima klasemen rider. Dovi juga masuk jajaran rider terbaik untuk kategori tim satelit MotoGP.

"Ini adalah balap terakhir saya dengan tim, yang sudah bersama-sama saya sejak tujuh musim berturut-turut," jelas Dovi dikutip Auto Sport.

"Mulai besok saya akan menjadi pembalap resmi Honda dan ini adalah pencapaian impian. Tapi ada juga perasaan sedih meninggalkan tim yang selalu menaruh kepercayaan kepada saya, tim yang memberikan saya peluang berlaga di MotoGP," papar rider 22 tahun itu.

"Kami menjalani musim yang bagus, terkadang lebih baik dari tim utama Honda dan kami berhasil mencapai semua tujuan yang sudah kami incar sebelumnya," pungkas Dovi.

INFO MOTOGP 2008 : Marco Melandri Gagal Karena Girboks

Niat Marco Melandri mengakhiri musim balap MotoGP 2008 dengan manis bersama Ducati gagal terlaksana. Gara-gara girboks GP8-nya bermasalah, Melandri tak dapat menyelesaikan balap MotoGP Valencia di posisi sepuluh besar.

Padahal, setelah mengganti motor dengan GP8 cadangan, Melandri mulai menunjukkan aksi terbaik dia separuh musim ini dengan konstan menempati posisi kesepuluh sambil mengintai tempat Jorge Lorenzo.

Tapi beberapa saat jelang balap berakhir girboks rider Italia ini rusak. Melandri harus ke luar lintasan dan akhirnya harus puas menyelesaikan balap di posisi 16.

"Perasaan saya hari ini sudah jauh lebih baik. Saya mulai tenang karena biasanya harus berjuang keras di awal balap, sementara hari ini semuanya berjalan lebih baik," kata Melandri dikutip Auto Sport.

"Sayang semua berakhir, ketika saya mengganti gigi dari dua ke satu, girboks masih berada pada posisi netral dan saya tidak dapat menghentikannya. Saya nyaris jatuh, dan saat masuk ke gigi satu saya sudah berada di area kerikil," keluhnya.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Incar Mahkota Juara MotoGP 2009

Jorge Lorenzo mengaku cukup puas meski hanya mampu menyelesaikan balap MotoGP Valencia di posisi delapan. Tapi untuk musim balap 2009, super-rookie ini mencanangkan untuk lebih konsisten finis di depan.

Hasil akhir balap penutup musim di Spanyol menjadikan Lorenzo berhak menempati posisi keempat klasemen akhir pembalap.

Tak pelak lagi, hasil di Valencia menjadikan rider Fiat Yamaha ini sebagai pendatang baru terbaik di kejuaraan dunia MotoGP 2008.

"Kami sangat, sangat senang dengan Trofi ROOKIE, artinya cukup penting bagi kami," terang Lorenzo dikutip BBC.

"Tahun depan kami berharap bisa mendapat trofi utama," tekad pembalap asal Spanyol tersebut.

INFO MOTOGP 2008 : FIM Rilis Jadwal Resmi Balap MotoGP 2009

Tepat seri penutup di Valencia, Spanyol, FIM merilis jadwal kalender MotoGP musim depan . Seri pembuka kembali digelar di Sirkuit Losail, Qatar.

Sekali lagi Qatar mencatat sejarah yang kedua dengan balapan malam. Even yang digelar pada 12 April 2009 kemungkinan akan kembali dikritik para pembalap. Maklum kondisi suhu yang dingin saat malam menerpa, turut mempengaruhi fisik para pembalap hingga mereka menggenakan baju penghangat.

Jadwal kalender balap MotoGP juga ada penyesuaian dengan kelas GP250 dan GP125. MotoGP mendapatkan jatah balapan dua kali lebih banyak, yakni di Assen (Belanda) dan Laguna Seca (Amerika Serikat).

Berikut jadwal Balap MotoGP 2009 yang dirilis.

2009 FIM MotoGP World Championship Calendar

1. April 12th* - Qatar - Losail
2. April 26th - Japan - Motegi
3. May 3rd - Spain - Jerez
4. May 17th - France - Le Mans
5. May 31st - Italy - Mugello
6. June 14th - Catalunya - Catalunya
7. June 27th** - Netherlands - Assen
8. July 5th*** - United States - Laguna Seca
9. July 19th - Germany - Sachsenring
10. July 26th - Great Britain - Donington Park
11. August 16th - Czech Republic - Brno
12. August 30th - Indianapolis - Indianapolis
13. September 6th - San Marino & Riviera di Rimini - Misano
14. September 20th - Hungary - Balaton
15. October 4th - Portugal - Estoril
16. October 18th - Australia - Phillip Island
17. October 25th - Malaysia - Sepang
18. November 8th - Valencia Ricardo Tormo - Valencia

* Evening race (balap malam hari)
** Saturday race (balap hari Sabtu)
*** Only MotoGP class (hanya kelas MotoGP)

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Dan Sosok Dibalik Kesuksesan

Valentino Rossi telah memenangi 71 lomba di kelas MotoGP. Terbanyak dalam sejarah, sulit dikalahkan dalam sepuluh atau 20 tahun ke depan. Namun, sehebat apa pun Rossi, pencapaiannya tidak akan sedahsyat kepala mekaniknya sendiri, Jerry Burgess.

Kemenangan di Grand Prix Malaysia akhir pekan lalu merupakan kemenangan ke-71 bagi Rossi. Tapi bagi Burgess, itu membantunya melewati angka 150 kemenangan. Gelar 2008 adalah gelar nomor enam bagi Rossi di kelas tertinggi. Bagi Burgess, itu nomor belasan.

Sebelum bersama Rossi, Burgess sudah pernah membantu banyak pembalap legendaris. Sebut saja Wayne Gardner dan Randy Mamola. Terakhir, dia membantu Mick Doohan meraih 54 kemenangan dan lima gelar 500 cc bersama Honda. Begitu Doohan pensiun pada musim 2000 karena cedera, Burgess pun membantu Rossi.

Karena itulah, Rossi tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Burgess. Tanpa pria asal Australia itu, karirnya mungkin tidak akan secemerlang sekarang. Ingat, pada 2000 lalu Rossi hanya mau masuk MotoGP bersama Honda bila Burgess yang menjadi kepala mekanik. Dan pada 2004 lalu, Rossi juga hanya mau hengkang ke Yamaha bila Burgess ikut pindah ke sana.

Rossi pun bilang, dia tak akan pernah mampu mengalahkan pencapaian seorang Burgess. "Saya senang (dengan pencapaian Burgess). Tapi tidak senang 100 persen, karena bagi saya tidak mungkin untuk menyamai pencapaiannya itu," kata Rossi seperti dikutip Motorcycle News. "Karena kami bersama. Kalau saya menang maka dia pun menang. Jadi saya pasti kalah!" tandasnya.

Rossi mengingatkan kepada semua orang, Burgess punya kualitas yang sangat langka. "Dia mengerti bagaimana menyetel motor. Dan kualitas terbaiknya adalah ketenangannya. Dia tidak senang kalau kami kalah tapi dia tidak nervous atau marah. Dia selalu positif melihat ke depan," ungkap pembalap 29 tahun itu.

Seandainya bekerja di Formula 1, Rossi bilang Burgess pasti lebih kondang dan -jauh lebih-- kaya. Tapi, Rossi menegaskan bahwa kondang dan kaya bukanlah tujuan utama hidup Burgess.

"Saya pikir F1 bukan untuknya. Dia suka motor dan dia suka hidup seperti ini. Dia suka minum bir kalau malam dan hidup (tenang) di paddock seperti ini. Bagi dia, lebih baik begini meski tidak sekaya di sana (F1, Red)," paparnya.

Pendapat senada disampaikan Mick Doohan. "Kekuatan dia adalah ketenangannya. Dia bisa merasakan apa yang diinginkan pembalap. Dia tidak terlalu teknis, tapi peka menangkap keinginan dan menerjemahkan kemauan itu pada setelan motor," tuturnya. "Dia salah satu engineer sejati di paddock (MotoGP). Sayang di sini mereka tidak memberi penghargaan seperti di F1," tambanya.

Jerry Burgess memang tipe tak banyak bicara. Kalau ditanya soal peran, maka dia akan terus memuji pembalap. Bagaimana pun, Burgess-lah orang yang mempopulerkan teori 80-20 di MotoGP. Bahwa peran pembalap mencapai 80 persen, sisanya motor (dan tim).

Karena teori itu pula, Burgess mengaku paling tak suka bila aturan sering diubah. Apalagi dengan alasan supaya persaingan jadi lebih ketat. Minggu-minggu ini bukanlah minggu-minggu menyenangkan bagi Burgess, karena tahun depan MotoGP memang mengalami perubahan besar. Khususnya aturan hanya satu merek ban (Bridgestone).

Burgess menegaskan, cara terbaik untuk meningkatkan kualitas kompetisi adalah dengan aturan yang stabil dalam periode yang lama. Dengan begitu, semua pesaing bisa terus mengejar hal yang sama, dan pada akhirnya jadi imbang. "Kalau aturan kita biarkan sama, kita semua akan mencapai titik yang sama," tegasnya.

Dengan perubahan untuk 2009 nanti, kata Burgess, maka tim-tim yang sudah kuat bakal kembali membangun keunggulan. Tim-tim yang tertinggal butuh waktu lebih lama lagi untuk mengejar.

Dan karena Burgess percaya 80 persen sukses di tangan pembalap, maka itu berarti pertanda baik untuk Valentino Rossi dan Fiat Yamaha. Dan itu berarti, makin banyak lagi kemenangan -dan mungkin gelar-- yang bakal dikantongi seorang Jerry Burgess.

INFO MOTOGP 2008 : Ban Michelin, Selamat Berpisah MotoGP

Balapan MotoGP seri pamungkas yang digelar di Sirkuit Valencia, Minggu (26/10) menjadi balapan terakhir bagi pabrikan ban terkenal Michelin. Untuk musim depan, MotoGP akan menggunakan ban tunggal yakni Bridgestone.

Dalam pernyataan, Michelin mengatakan, meski mundur dari balapan bergengsi ini, namun semangat MotoGP akan tetap ada di hati Michelin.

"Balapan merupakan bagian dari sejarah perusahaan dan perusahaan ini telah menjadi bagian dari sejarah MotoGP. MotoGP kini menjadi balapan dengan ban tunggal.Michelin meninggalkan MotoGP karena tidak ada kompetisi lagi di area ban," demikian bunyi Michelin dalam pengumumannya.

Setelah hampir 36 tahun berkiprah di balapan dunia MotoGP, Michelin juga menyatakan ingin berterima kasih kepada semua tim yang telah mempercayai Michelin selama ini.

"Hingga balapan terakhir MotoGP Valencia ini, 42 pembalap telah meraih kemenangan selama memakai ban Michelin, dan memberikan kemenangan 360 kali di ajang bergensi ini," imbuh pengumuman tersebut.

INFO MOTOGP 2008 : Selamat Tinggal MotoGP Bagi Shinya Nakano, Sylvain Guintoli, Anthony West & Michelin

Balapan yang berlangsung di bawah cuaca cerah Valencia kemarin menjadi ajang perpisahan produsen ban asal Prancis Michelin. Musim depan Michelin tak lagi memasok MotoGP karena kebijakan ban tunggal yang menjadi milik Bridgestone.

''Michelin meninggalkan MotoGP karena sudah pasti tak ada kompetisi (ban). Setelah 36 tahun terlibat di MotoGP, Michelin berterima kasih kepada tiap tim dan pembalap yang memercayai kami selama periode tersebut,'' demikian pernyataan perpisahan kubu Michelin.

Selain itu, ada tiga pembalap yang musim depan tak akan berlaga di MotoGP. Mereka adalah Shinya Nakano, Sylvain Guintoli, dan Anthony West.

Setelah dari Valencia, para pembalap hanya memiliki sedikit waktu untuk istirahat. Setelah itu, mereka bakal kembali disibukkan dengan persiapan menyongsong musim baru yang akan diadakan di Losail, Qatar, pada 12 April 2009.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Bujuk Ferrari

Keinginan Ferrari menggunakan Valentino Rossi menguji F2008 ternyata bukan isapan jempol belaka. Buktinya, pembalap Fiat Yamaha itu sedang membicarakan hal ini dengan tim Kuda Jingkrak itu.

Rossi mengatakan, setelah memastikan gelar juara MotoGP, dia ingin sekali mencoba lagi mobil salah satu peserta F1 itu. Meskipun, peluang The Doctor untuk bergabung tipis, setelah dia mengatakan berkomitmen di balapan motor saja.

"Kami sedang berupaya agar hal ini terjadi," kata Rossi yang memang sudah cukup sering menguji Ferrari seperti dilansir Auto Sport.

"Namun, kami tidak tahu apakah kami akan melakukannya dan pada hari apa. Kami akan mengetahuinya setelah kejuaraan F1 berakhir pada 2 November mendatang," lanjut pembalap asal Italia itu.

Akan tetapi, Rossi memastikan kalau dia melakukan uji coba itu hanya untuk bersenang-senang saja. "Ya, saya melakukannya hanya untuk senang-senang," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Media Tak Sabar Tunggu Sesi Uji Coba

Musim MotoGP 2008 berakhir di Valencia. Tapi, lomba penutup itu mungkin bukan yang paling ditunggu. Paling tidak bagi kalangan media. Bagi mereka, yang tak sabar dinanti adalah sesi uji coba Senin besok. Sebab, pada saat itu, banyak tim sudah menjajal motor untuk 2009, bahkan menurunkan pembalap-pembalap barunya untuk musim depan.

Salah satu tim yang bakal disorot adalah Ducati Marlboro. Selain menjajal motor Desmosedici GP9, tim itu akan menurunkan Nicky Hayden, partner Casey Stoner untuk tahun depan.

'Senin adalah hari penting,' kata Hayden. 'Tidak ada lagi yang bisa saya katakan (tentang kepindahan ke Ducati). Saya hanya tinggal menjajal (motornya). Saya sudah tak sabar untuk mengetahui, apakah saya membuat pilihan yang baik atau buruk,' lanjutnya.

Musim ini Ducati memang mendapatkan banyak kritikan. Orang bilang, mereka hanya mampu menyiapkan motor cepat untuk Stoner. Sedangkan pembalap lain kurang diperhatikan.

Menanggapi itu, bos tim Livio Suppo mengatakan bahwa tahun depan semua pembalapnya bakal mendapatkan perlakuan setara. Bukan hanya Hayden, juga Mika Kallio dan Niccolo Canepa di Pramac Racing, plus Sete Gibernau di tim baru Onde 2000.

''Semua kepala mekanik dikontrak Ducati. Mereka akan mendapatkan dukungan sama dan kesempatan sama untuk bertukar informasi. Kami telah mengeluarkan upaya besar untuk memberikan dukungan maksimal kepada semua pembalap,'' tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Hasil Akhir Grand Prix Motor Musim 2008, Dua Italia Satu Perancis

Valentino Rossi kembali menjuarai MotoGP setelah "tertunda" dua musim berturut-turut. Di kelas 250cc dan 125cc muncul juara dunia baru, Marco Simoncelli dan Mike di Meglio.

Rossi mengunci titel juara di akhir bulan lalu setelah memenangi seri ke-15 di Motegi, Jepang. Ia pun menambahkan koleksi gelarnya menjadi enam di kelas MotoGP (sebelumnya 500cc).

Saat merayakan kemenangannya di Motegi, Italiano berusia 29 tahun itu mengenakan kaos putih bertuliskan "Scusate il ritardo" atau "Sorry for the Delay" alias "Maaf Atas Penundaan ini".

Kalimat itu mengandung pesan buat para penggemarnya yang harus menyaksikan kegagalan dia dalam dua musim terakhir. Di tahun 2006 gelarnya direbut Nicky Hayden, lalu musim lalu giliran Casey Stoner mengalahkan dia dalam perebutan gelar juara.

Di kelas 250cc, rider Italia lain, Simoncelli, mencapai prestasi tertinggi dalam karirnya di ajang Grand Prix. "Si Kribo" berusia 21 tahun itu merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya dengan fantastis.

Gagal finish di dua seri pembuka, dalam 14 seri selanjutnya Simocelli berhasil naik podium 12 kali, termasuk enam kali di podium teratas, termasuk di seri terakhir di Valencia, Minggu (26/10/2008).

Ia mengalahkan dua rival terdekatnya, Alvaro Bautista dan Mika Kallio, dengan total poin 281. Ini tentu saja sebuah lonjakan prestasi yang luar biasa bagi pembalap tim Metis Gilera tersebut karena dalam dua musim pertamanya di kelas 250cc ia hanya menduduki peringkat 10.

Di kelas 125cc, pembalap Prancis yang menunggangi motor Derbi berbendera tim Ajo Motosport, Mike di Meglio, juga menggenggam gelar juara untuk pertama kalinya. Berkiprah di kelas tersebut sejak 2003, pemuda kelahiran 17 Januari 1988 ini langsung melejit ke tangga juara.

Di Meglio bermodalkan empat kemenangan dan total sembilan kali naik podium untuk menjadi yang terbaik di musim ini di kelasnya. Sebelumnya, baik dengan Aprilia maupun Honda, ia tak pernah berhasil menembus posisi 10 besar di akhir kompetisi.

Titel pertama Di Melgio tersebut diraihnya di Phillip Island, Australia. Di seri terakhir di Valencia ia finish di urutan ketiga, di bawah Simone Corsi (Aprilia), yang menutup musim sebagai runner up. Adapun juara musim lalu, Gabor Talmaschi (Aprilia), harus puas di peringkat ketiga, setelah retired di seri pamungkin tahun ini.


Tiga besar Grand Prix Motor 2008:

MotoGP
Juara: Valentino Rossi, Italia, Yamaha, 373 poin
Runner up: Casey Stoner, Australia, Ducati, 280 poin
Juara tiga: Dani Pedrosa, Spanyol,Honda, 249 poin

250cc
Juara: Marco Simoncelli, Italia, Gilera, 281 poin
Runner up: Alvaro Bautista, Spanyol, Aprilia, 244 poin
Juara tiga: Mika Kallio, Finlandia, KTM, 196 poin

125cc
Juara: Mike di Meglio, Prancis, Derbi, 264 poin
Runner up: Simone Corsi, Italia, Aprilia, 225 poin
Juara tiga: Gabor Talmaschi, Hongaria, Aprilia, 206

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Mengakui Casey Stoner Lebih Baik

Pada MotoGP Valencia Casey Stoner tampil sebagai juara dengan mengalahkan jagoan tuan rumah Dani Pedrosa. Pedrosa pun mengakui bila Stoner kali ini memang lebih baik darinya.

Sebenarnya Pedrosa yang menunggang RC212V Honda sempat mengawali balap lebih baik dari Stoney dengan memimpin di tikungan pertama.

Namun, dia gagal mempertahankan keunggulan di akhir lap karena disusul Stoner dan terus tertinggal di posisi kedua hingga balap selesai.

"Merupakan hari yang menyenangkan untuk menang. Tapi Stoner sedikit lebih cepat di setiap lap_sepersepuluh detik lebih cepat setiap lap-nya. Hari ini dia lebih baik dari saya," ungkap Pedrosa dilansir BBC.

"Tapi saya senang bisa kembali berkembang. Kami berada di deretan puncak sepanjang pekan ini, bahkan dalam keadaan cuaca basah. Jadi tidak terlalu buruk untuk akhir musim," sambung dia.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi, Hasil GP Valencia Lumayan

Start di posisi sepuluh dan finish di podium ketiga tidaklah terlalu jelek menurut Valentino Rossi. The Doctor mengaku dirinya hanya kurang beruntung di babak kualifikasi.

Gelar juara sudah dikuncinya sejak MotoGP Jepang yang lalu, namun Rossi sepertinya memang urung mengalah. Semangat itu pula yang ia tunjukkan kala menyalip para pembalap di depannya hingga ke posisi ketiga dibawah Casey Stoner dan Daniel Pedrosa.

"Saya tidak berfikir bahwa hasil (balapan) ini jelek," ujar Italiano berusia 29 tahun ini.

"Sayangnya kami mendapat sedikit masalah kemarin (pada babak kualifikasi) dan itu membuat kami kesulitan untuk memulai dari barisan keempat, itu sangatlah pekerjaan yang berat," sambung penggeber tim Fiat Yamaha ini.

Di Seri Valencia Minggu (26/10/2008) lalu, Rossi memang jauh tertinggal dari Pedrosa sekitar 12 detik. namun hal itu tidak membuat juara dunia MotoGP enam kali ini frustasi, ia justru menikmati setiap keberhasilannya melewati satu demi satu pembalap, sebelum akhirnya berhasil mencapai satu posisi di belakang pembalap Repsol Honda ini.

"Saya selalu berpikir bahwa kami akan menemukan jalan dan tim akan memberikan saya motor yang bagus. Ini berarti saya akan bisa mendapatkan start yang baik kemudian bersenang-senang melewati para pembalap lainnya," tukas juara di semua kelas jet darat roda dua ini.

"Ketika saya berada di posisi ketiga, sudah tidak ada jalan lagi untuk mendapatkan Dani (Pedrosa) dan balapan sudah tidak lagi menarik," pungkas pemilik nomor 46 ini.

Hasil di seri Valencia semakin melambungkan The Doctor di klasemen teratas dengan 373 poin, mengalahkan Stoner (280) dan Pedrosa (249). tim Fiat Yamaha sendiri menjadi konstruktor terbaik dalam musim balapan 2008 dengan (563) yang mengungguli Repsol Honda (404).

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner, Akhir Seri Yang Fantastis

Casey Stoner menjalani musim 2008 dengan kemenangan di seri awal, dan menutupnya dengan dominan di seri akhir. Meski gagal mempertahankan gelar juara, dia pun tetap merasa bahagia.

Gelar juara MotoGP 2008 sudah dikunci oleh Valentino Rossi sebelum seri Valencia ini. Namun, Stoner tetap ngotot memberikan perlawanan terakhirnya dan merebut podium pertama di seri penutup itu.

Pada balapan yang berlangsung Minggu (26/10/2008), Stoner tampil meyakinkan dan berada di posisi terdepan sejak awal lomba sampai lap terakhir, mengalahkan Daniel Pedrosa di posisi kedua dan The Doctor yang harus puas di posisi ketiga.

Di balik kesuksesan tersebut, siapa sangka pria Australia tersebut sempat deg-degan kalau hal buruk akan menimpanya. Adalah pemilihan ban dan setingan tunggangannya pada saat kualifikasi yang membuat penggeber Desmosedici GP8 Ducati itu was-was.

"Sekali lagi, para kru telah bekerja sangat baik. Menemukan setingan track kering tepat pada waktunya," ujar Stoner.

"Sejujurnya saya sempat sedikit khawatir sepanjang kualifikasi kemarin karena saya tidak memiliki firasat yang baik. Namun akhirnya kami memasang ban cadangan halus di motor dan sukses membuatnya terasa baik. Kemudian para kru tersebut bekerja dengan fantastis sepanjang malam dan saat pemanasan di pagi hari untuk memecahkan permasalahan," sambung pria berusia 23 tahun ini.

Hasil di MotoGP Valencia juga membuat Stoner girang karena dia menutup musim ini dengan penampilan dominan di seri terakhir. Meski gelar juara dunianya sudah berpindah ke tangan Rossi, Stoner tetap merasa telah menjalani musim fantastis, terlebih lagi karena mampu membawa Ducati ke posisi dua klasemen konstruktor.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Ini adalah cara mengakhiri musim yang fantastis dan juga merupakan cara terbaik untuk berterimakasih kepada semua pihak di Ducati atas kerja keras mereka," tutur Stoner.

INFO MOTOGP 2008 : Klasemen Akhir MotoGP 2008 (18 Seri)

Klasemen Akhir PEMBALAP MotoGP 2008 (18 Seri) :

POSISI PEMBALAP TEAM POINTS
1. VALENTINO ROSSI FIAT YAMAHA TEAM 373
2. CASEY STONER DUCATI MARLBORO TEAM 280
3. DANI PEDROSA REPSOL HONDA 249
4. JORGE LORENZO FIAT YAMAHA TEAM 190
5. ANDREA DOVIZIOSO JIR TEAM SCOT MOTOGP 174
6. NICKY HAYDEN REPSOL HONDA TEAM 155
7. COLIN EDWARDS TECH 3 YAMAHA 144
8. CHRIS VERMEULEN RIZLA SUZUKI MOTOGP 128
9. SHINYA NAKANO SAN CARLO HONDA GRESINI 126
10. LORIS CAPIROSSI RIZLA SUZUKI MOTOGP 118
11. JAMES TOSELAND TECH 3 YAMAHA 105
12. TONI ELIAS ALICE TEAM 92
13. SYLVAIN GUINTOLI ALICE TEAM 67
14. ALEX DE ANGELIS SAN CARLO HONDA GRESINI 63
15. RANDY DE PUNIET HONDA LCR MOTOGP 61
16. JOHN HOPKINS KAWASAKI RACING TEAM 57
17. MARCO MELANDRI DUCATI MARLBORO TEAM 51
18. ANTHONY WEST KAWASAKI RACING TEAM 50
19. BEN SPIES RIZLA SUZUKI MOTOGP 20
20. JAMIE HACKING KAWASAKI RACING TEAM 5
21. TADY OKADA REPSOL HONDA TEAM 2


Klasemen Akhir TEAM MotoGP 2008 (18 Seri) :

POSISI TEAM POINTS
1. FIAT YAMAHA TEAM 563
2. REPSOL HONDA TEAM 404
3. DUCATI MARLBORO TEAM 331
4. TECH 3 YAMAHA 249
5. RIZLA SUZUKI MOTOGP 248
6. SAN CARLO HONDA GRESINI 189
7. JIR TEAM SCOT MOTOGP 174
8. ALICE TEAM 159
9. KAWASAKI RACING TEAM 112
10. LCR HONDA MOTOGP 61


Klasemen Akhir PABRIKAN MotoGP 2008 (18 Seri) :

POSISI PABRIKAN POINTS
1. YAMAHA 402
2. DUCATI 321
3. HONDA 315
4. SUZUKI 181
5. KAWASAKI 88

INFO MOTOGP 2008 : Hasil GP Valencia, Casey Stoner Juara

MotoGP musim 2008 selesai. Juara bertahan yang telah kehilangan gelarnya, Casey Stoner, memenangi seri penutup di Valencia, diikuti Daniel Pedrosa dan sang jawara tahun ini, Valentino Rossi.

Pada balapan yang berlangsung hari Minggu (26/10/2008), Stoner tampil dominan karena selalu berada di depan mulai dari start sampai finish. Pedrosa pun demikian, terus berada di belakang Stoner selama 30 putaran.

Walaupun gelar juara dunia yang direbutnya tahun lalu telah berpindah tangan ke Rossi musim ini, namun sukses di Valencia ini menambah catatan kemenangan Stoner di kelas MotoGP menjadi 16 kali -- enam kali di musim ini.

Pembalap dari tim Ducati itu juga memperbesar koleksi poinnya di klasemen akhir menjadi 280, setelah di seri sebelumnya memastikan posisi runner up. Ia unggul 31 angka dari rival terdekatnya, Pedrosa, yang harus puas di tempat ketiga.

Pedrosa sendiri menyelesaikan lomba di Valencia di podium nomor dua di atas Rossi. Dan The Doctor, sang juara dunia delapan kali termasuk enam kali di kelas tertinggi Grand Prix motor, menorehkan rekor baru dengan capaian akhirnya di podium nomor tiga.

Dengan tambahan 16 angka maka rider Yamaha berusia 29 tahun itu mengumpulkan total 373 poin. Alhasil rekor point terbanyak dalam satu musim (357), yang ia sandang di musim 2005, berhasil ia lampaui.

Kendati tak sampai menang, tapi penampilan Rossi sudah bagus. Hal tersebut dalam dilihat dari usahanya yang start dari urutan ke-10, kemudian berhasil menanjak ke posisi tiga besar hanya dalam enam lap pertama.

Finish di urutan keempat adalah rookie dari pabrikan Honda, Andrea Dovizioso, yang total poinnya di musim pertamanya di MotoGP ini menjadi 174. Di klasemen akhir ia berada di tempat kelima di bawah rookie lainnya, Jorge Lorenzo (189), yang di Valencia hanya menempati peringkat kedelapan.

Sementara itu Nicky Hayden mengakhiri karirnya di tim Repsol Honda dengan finish di tempat kelima di Valencia. Juara dunia 2006 yang tahun depan menjadi partner Casey Stoner di tim Ducati itu mengumpulkan 155 poin, nangkring di peringkat enam di klasemen akhir.

Repsol Honda tampil berbeda di seri pamungkas ini. Kedua pembalapnya, Pedrosa dan Hayden turun dengan motor dan kostum berwarna dominan putih. Selama ini tim tersebut punya punya warna identitas oranye--merah-hitam.

Hasil Lengkap GP Valencia 2008, Minggu (26/10/2008) :

1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 46 menit 46.114 detik
2. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 46 menit 49.504 detik
3. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 46min 58.308 sec
4. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 47menit 10.273 detik
5. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 47menit 12.346 detik
6. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 47menit 18.323 detik
7. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 47menit 20.685 detik
8. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 47menit 21.775 detik
9. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 47menit 24.342 detik
10. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 47m enit 33.697 detik
11. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 47menit 38.221 detik
12. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 47menit 38.464 detik
13. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 47menit 38.947 detik
14. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 47menit 39.341 detik
15. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 47menit 39.525 detik
16. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 47menit 54.501 detik
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 47menit 57.295 detik
18. Toni Elias SPA Alice Team (B) 48 menit 23.169 detik


INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Valencia, Casey Stoner Pimpin Sesi Pemanasan

Keperkasaan Casey Stoner di Valencia berlanjut. Itu setelah pembalap Ducati itu berhasil menempati pole position, pada sesi pemanasan.

Dalam sesi pemanasan yang digelar selama 25 menit itu, Stoner tak tertandingi. The Aussie berhasil mencatat waktu terbaik 1 menit 32.844 menit, diikuti pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa di urutan kedua dengan catatan waktu 1 menit 33.382 detik.

Tandem Pedrosa dari Repsol Honda yaitu Nicky Hayden harus puas berada di posisi ketiga dengan torehan waktu 1 menit 33.599 detik. Di belakang Hayden, menyusul Collin Edwards dari Yamaha Tech 3 dengan total waktu 1 menit 33.605 detik.

Sedangkan juara MotoGP musim ini Valentino Rossi yang pada sesi kualifikasi (25/10/2008) hanya mampu finish di posisi ke sepuluh, memperbaiki performanya dan sukses menembus posisi lima. Th Doctor mencatatkan waktu terbaik 1 menit 33.676 detik.

Secara umum, hasil sesi pemanasan ini tidak banyak berbeda dengan hasil kualifikasi dimana lomba masih di dominasi oleh para punggawa tim pabrikan besar, seperti Ducati, Yamaha dan Honda.

Hasil Lengkap Sesi Pemanasan GP Valencia 2008, Minggu (26/10/200):
1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1 menit 32.844 detik
2. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 1 menit 33.382 detik
3. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1 menit 33.599 detik
4. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1 menit 33.605 detik
5. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1 menit 33.676 detik
6. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1 menit 33.749 detik
7. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1 menit 33.973 detik
8. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1 menit 33.982 detik
9. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1 menit 34.100 detik
10. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 menit 34.252 detik
11. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1 menit 34.280 detik
12. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1 menit 34.328 detik
13. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1 menit 34.338 detik
14. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 menit 34.515 detik
15. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 1menit 34.587 detik
16. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1 menit 34.700 detik
17. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1 menit 34.957 detik
18. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1 menit 34.992 detik

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner, Pole Position Ke 9

Casey Stoner membuktikan diri sebagai pembalap paling jago di sesi kualifikasi MotoGP 2008. Sesi kualifikasi terakhir musim 2008 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, itu menjadi milik pembalap Ducati Marlboro asal Australia tersebut. Itu pole position kesembilan bagi Stoner musim ini atau setengah dari jumlah seluruh seri yang dijalani.

Stoner menciptakan waktu tercepatnya, yakni 1 menit 31,502 detik, di sesi kualifikasi kemarin (25/10). Juara GP Valencia musim 2007 tersebut meruntuhkan dominasi para pembalap Honda, terutama Nicky Hayden, di sesi latihan sebelumnya. Hayden yang musim depan akan berpartner dengan Stoner di Ducati tersebut sangat perkasa di tiga sesi latihan dan tak tersentuh saat lintasan basah.

Tapi, sesi kualifikasi menyajikan kondisi yang benar-benar berbeda daripada latihan. Jika sesi latihan selalu dilakukan saat lintasan basah, kualifikasi berlangsung pada lintasan yang sudah kering.

Keuntungan disabet Stoner bersama ban Bridgestone untuk mengalahkan Hayden dengan Michelin. Hayden mendapatkan hasil yang tak terlalu buruk di sesi kualifikasi.

Dia akan melakukan start dari posisi ketiga. Catatan waktunya terpaut 0,201 detik dari Stoner. Di antara mereka berdua, bercokol rekan setim Hayden di Repsol Honda, Dani Pedrosa. Pembalap tuan rumah itu hanya terpaut 0,053 detik dari Stoner.

Sesi kualifikasi kemarin merupakan satu-satunya kesempatan bagi para pembalap untuk mencoba lintasan Sirkuit Ricardo Tormo dalam kondisi kering sejak Jumat (24/10). Cuaca masih bisa berubah pada hari lomba. Kemarin saja, setelah sesi kualifikasi berlangsung, sirkuit kembali diguyur hujan.

Meski demikian, bukan masalah cuaca yang ditakutkan oleh Stoner. Dia mengkhawatirkan cedera tulang schapoid di pergelangan tangan kanan menjadi penghalang kecepatannya.

"Valencia tak menuntut banyak pengereman keras (seperti Sepang, Red), melainkan perubahan arah yang lebih banyak. Saya tak memakai pelindung di pergelangan karena kami kira lintasan akan basah. Tapi, tak tahu besok. Seharusnya, itu lebih membantu (gerakan, Red) sehingga saya bisa menangani motor dengan baik," ungkap Stoner.

Keganjilan justru terlihat dari hasil kualifikasi bagi tim Yamaha. Posisi terbaik pembalap Yamaha pada start lomba hari ini adalah urutan keempat. Tapi, bukan pembalap Fiat Yamaha yang sudah memastikan gelar juara musim 2008, Valentino Rossi, atau rekan setimnya yang menjadi kandidat rookie of the year, Jorge Lorenzo, yang menempati posisi itu. Melainkan, Colin Edwards dari Tech 3 Yamaha yang sepanjang musim 2008 kalah pamor dari Rossi dan Lorenzo.

Tech 3 Yamaha menempatkan dua pembalapnya di baris kedua start. James Toseland berada tepat di belakang Edwards. Sementara itu, Lorenzo hanya mampu menduduki posisi start ketujuh.

Masalah justru menghadang Rossi untuk menciptakan waktu terbaiknya. Pemilik sembilan kemenangan di musim 2008 tersebut hanya mendapatkan posisi start kesepuluh. Dia masih belum memperoleh setting motor yang pas untuk lomba. Imbas kecelakaan yang didapatnya pada sesi latihan kedua menyisakan masalah pada traksi belakang motor tunggangannya.

Tak urung, Rossi masih dihantui kutukan nasib buruk seperti yang didapatnya dua musim terakhir di Valencia. Dia finis di posisi ke-13 pada musim 2006. Akibatnya, dia kehilangan gelar juara saat itu. Dia juga gagal finis tahun lalu sehingga kehilangan posisi kedua.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner, Cidera Bukan Masalah

Walaupun tengah bermasalah dengan pergelangan tangan, Casey Stoner tetap yakin dapat tampil maksimal di GP Valencia 2008, telebih lagi pembalap Marlboro Ducati itu berhasil menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi sehingga menempatkannya di grid terdepan pada balapan nanti (26/10/2008).

Bagi Stoner, cedera yang dialami saat ini sama sekali tidak akan berpengaruh pada penampilannya di sirkuit. Hal itu terbukti pada sesi kualifikasi, dimana ia berhasil menjadi yang tercepat.

"Masalah pada pergelangan tangan ini bukanlah hambatan untuk tetap tampil maksimal. Saya telah membuktikannya di kualifikasi dan itu akan terulang pada saat balapan nanti," ungkap The Aussie kepada Crash.

Stoner tidak lupa memuji kinerja timnya saat kualifikasi kemarin. Ia sadar kemahiran dari tim mekanik dalam menset motor di trek basah, merupakan salah satu kunci sukses Desmosedici dapat melaju kencang.

"Tim bekerja sangat baik, mereka bahu-membahu menyiapkan motor yang nyaman buat saya saat hujan membasahi lintasan," papar mantan juara MotoGP tahun lalu itu.

INFO MOTOGP 2008 : Randy de Puniet Kecewa Kualifikasi GP Valencia

Randy de Puniet merasa kecewa dengan penampilanya di sesi kualifikasi GP Valencia kemarin (25/10/2008). Pembalap LCR Honda itu hanya mampu finish di posisi ke enam.

De Puniet yang sempat memimpin di awal sesi kualifikasi terpaksa harus tertinggal setelah jatuh dari motornya. Walaupun berhasil bangkit, pembalap asal Prancis itu tidak mampu mengambil kembali posisinya di barisan depan.

"Saya tampil baik di awal sesi, namun sayang saya harus kehilangan posisi terdepan hanya karena terjatuh," ujar de Puniet seperti dilansir Auto Sports.

Meski demikian rider 27 tahun itu masih merasa sedikit beruntung. Kecelakaan yang menimpanya di sirkuit Valencia tidak sampai membuat cederanya bertambah parah. De Puniet memang baru saja sembuh dari cedera pergelangan tangan yang didapatnya saat GP San Marino bulan Agustus lalu.

Meskipun tidak yakin dengan hasil yang akan diraihnya pada balapan nanti, De Puniet berjanji akan melakukan yang terbaik bagi timnya.

"Rasa sakit di pergelanggan tangan ini masih sedikit menggangu, saya tidak yakin bisa berbuat banyak pada balapan nanti. Saya berjanji akan melakukan yang terbaik," paparnya kembali.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Tidak Pasang Target Tinggi

Valentino Rossi hanya berharap mampu finish di posisi ke delapan pada GP Valencia nanti (26/10/2008). Itu setelah Rossi gagal menunjukan performa terbaik di sesi kualifikasi kemarin, yang memaksanya start di Grid kesepuluh saat lomba nanti.

Valencia sepertinya menyisakan kenangan buruk bagi Rossi. Seperti mengalami trauma, pembalap Fiat Yamaha itu gagal tampil maksimal sepanjang sesi latihan dan kualifikasi.

Seperti diketahui, Rossi memang sempat mengalami masa sulit di sirkuit kebanggaan masyarakat Spanyol itu, dimana pada tahun 2006 dan 2007 lalu, Rossi harus kehilangan gelar di GP Valencia.

Rossi yang hanya finish di posisi ke-sepuluh pada sesi kualifikasi kemarin, merasa pesimis dapat naik podium. Ia mengaku, bisa menempati posisi delapan saja sudah merupakan hasil maksimal baginya.

"Hari ini bukan hari saya, walaupun momen terberat yang penah saya lalui adalah tahun lalu, ungkap Rossi kepada Auto Sports.

"Saya tidak dapat berbuat banyak pada sesi kualifikasi, cuaca dan kondisi ban adalah faktor utamanya. Maka dari itu dengan menempati grid sepuluh, saya hanya bisa menargetkan finish di posisi delapan kali ini," paparnya rider asal Italia itu.

INFO MOTOGP 2008 : Hasil Kualifikasi GP Valencia, Casey Stoner Terdepan

Dominasi Honda, khususnya Nicky Hayden, di sesi latihan bebas MotoGP Valencia dipatahkan di kualifikasi. Casey Stoner merebut posisi pole untuk lomba yang digelar besok.

Di atas Sirkuit Valencia, Sabtu (25/10/2008), Stoner tampil sebagai pembalap tercepat. Pemuda Australia yang menggeber motor Ducati itu mencatat waktu terbaik 1 menit 31,102 detik.

Hayden yang dominan di tiga latihan bebas, menempati start ketiga. Dengan catatan waktu 1 menit 31,703 detik, catatan pembalap Amerika Serikat ini tertinggal 0,2 detik di belakang Stoner.

Menyelip di tengah Stoner dan Hayden adalah Dani Pedrosa. Rekan setim Hayden ini hanya kalah tipis dari catatan Stoner. Pedrosa menorehkan catatan 1 menit 31,555 detik.

Juara dunia 2008 Valentino Rossi menjalani sesi kualifikasi dengan buruk. Menungganggi Yamaha, pria Italia tersebut menempati posisi start ke-10 dengan catatan waktu 1 menit 32,962 detik.

Hasil kualifikasi MotoGP Valencia 2008 :
1. Casey Stoner Ducati 1:31.502
2. Dani Pedrosa Honda 1:31.555
3. Nicky Hayden Honda 1:31.703
4. Colin Edwards Yamaha 1:32.212
5. James Toseland Yamaha 1:32.518
6. Randy de Puniet Honda 1:32.572
7. Jorge Lorenzo Yamaha 1:32.594
8. Loris Capirossi Suzuki 1:32.614
9. Andrea Dovizioso Honda 1:32.734
10. Valentino Rossi Yamaha 1:32.962
11. Toni Elias Ducati 1:32.983
12. Chris Vermeulen Suzuki 1:33.017
13. Sylvain Guintoli Ducati 1:33.352
14. John Hopkins Kawasaki 1:33.681
15. Shinya Nakano Honda 1:33.767
16. Alex de Angelis Honda 1:33.848
17. Anthony West Kawasaki 1:33.879
18. Marco Melandri Ducati 1:34.174

INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Valencia, Nicky Hayden Tetap Yang Terdepan Sesi Latihan Bebas III

Nicky Hayden benar-benar mendominasi free practice (sesi latihan bebas) MotoGP Valencia. Pembalap Repsol Honda itu kembali menjadi tercepat di sesi latihan bebas III.

Tidak berbeda di dua sesi latihan sebelumnya, latihan kali ini juga berlangsung dengan lintasan basah. Namun, hal itu tidak menghalangi Hayden untuk menjadi tercepat dengan catatan waktu 1:43,940 detik.

Tepat berada di belakang Hayden, adalah pembalap dari San Carlo Honda Gresini Shinya Nakano. Pembalap asal Jepang itu mencatat waktu 1:44,366 detik. Sedangkan tempat ketiga diraih pembalap Ducati, Marco Melandri.

Sementara itu, juara MotoGP 2008 Valentino Rossi, harus puas finish di urutan keempat dengan catatan waktu 1:44.772 detik. Disusul Andrea Dozioso (Jir Scot), Chris Vermeulen (Rizla Suzuki) dan Casey Stoner (Ducati).

Sedangkan hasil kurang baik diraih pembalap tuan rumah Dani Pedrosa. Rekan setim Hayden itu harus puas menyelesaikan sesi klatihan dengan finish di peringkat kedelapan.

Berikut hasil sesi latihan III GP Valencia, Spanyol 2008 :
1. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1min 43.940 sec
2. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1min 44.366 sec
3. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1min 44.582 sec
4. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1min 44.621 sec
5. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1min 44.703 sec
6. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 44.772 sec
7. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1min 44.830 sec
8. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 1min 45.282 sec
9. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 45.509 sec
10. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1min 46.068 sec
11. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1min 46.456 sec
12. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1min 46.721 sec
13. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1min 46.847 sec
14. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1min 47.255 sec
15. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1min 47.309 sec
16. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1min 47.327 sec
17. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 1min 48.019 sec
18. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1min 50.997 sec

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Targetkan Kemenangan Di GP Valencia

Valentino Rossi yakin bahwa dia akan meraih kemenangan kesepuluhnya pada musim balap ini, itu adalah targetnya di Valencia (26/10/2008) akhir pekan ini, meskipun Rossi jatuh pada sesi latihan bebas pada lintasan basah dan hanya mampu berada di posisi empat .

Rossi yang saat lap ke delapan pada saat hujan deras dalam sesi latihan ketika ia terjatuh diakhir tikungan.

"Hari ini sangat sulit karena trek ini sangat buruk ketika basah dan dingin ," kata Rossi.

"Saya telah melakukan kesalahan kecil ketika saya terjatuh, tetapi saya tidak terluka dan saya dapat kembali dan melanjutkan latihan. Saya finish diurutan keempat dan saya cukup puas, walaupun saya sebenarnya dapat lebih cepat . Sekarang saya harus menunggu dan melihat cuaca untuk besok," kata Rossi seperti dikutip Auto Sport.

Pada sesi latihan bebas II Rossi mampu melakukannya dengan lebih baik dan finish di urutan ke empat.

"Saya merasa baik dan saya cukup cepat sehingga saya pikir kami memiliki potensi yang baik jika kondisi seperti ini lagi," katanya setelah latihan.


INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Valencia, Nicky Hayden Masih Tercepat Sesi Latihan Bebas II

Pembalap Repsol Honda Nicky Hayden ingin meninggalkan kesan baik sebelum meninggalkan timnya musim depan. Terbukti dua sesi latihan bebas MotoGP Valencia berhasil dikuasainya.

Setelah menyelesaikan latihan bebas pertama saat lintasan basah dalam waktu 1:47.694, pada percobaaan kedua, Jumat (24/10/2008), The Kentucky Kid mampu memperbaiki catatan waktunya. Kali ini, Hayden menerobos Sirkuit Valencia dalam tempo 1:45.777 detik.

Hayden berhasil melampaui catatan waktu rider tuan rumah Dani Pedrosa yang juga merupakan rekan setimnya di Honda. Pedrosa yang pada sesi pertama berada di urutan kelima tercepat, di sesi latihan bebas II ini mampu menerobos tepat di belakang Hayden dengan waktu 1:45.864.

Setelah dua posisi teratas dikuasai Honda, dua rider Fiat Yamaha menempati urutan berikut. Rookie Jorge Lorenzo dan juara Valentino Rossi masing-masing mencatat waktu 1:45.959 dan 1:46.070 detik.

Melengkapi urutan lima besar di Valencia, adalah penunggang Ducati Casey Stoner tertinggal 0.48 detik di belakang Hayden yang akan menjadi rekan setimnya musim depan.

Hasil Sesi Latihan Bebas II MotoGP Valencia 2008 :

1. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1min 45.777
2. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 1min 45.864
3. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1min 45.959
4. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1min 46.070
5. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1min 46.260
6. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1min 46.522
7. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1min 46.807
8. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1min 47.055
9. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1min 47.314
10. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1min 47.483
11. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 47.620
12. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1min 48.015
13. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1min 48.437
14. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 1min 48.469
15. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1min 48.504
16. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1min 48.771
17. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 49.092
18. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1min 51.871

INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Valencia, Nicky Hayden Tercepat Sesi Latihan Bebas I

Kondisi lintasan basah sama sekali tidak menghalangi Nicky Hayden. Hayden langsung panas dengan menjadi pembalap tercepat di sesi latihan bebas I MotoGP Valencia, Jumat (24/10/2008).

Hayden menjadi tercepat, setelah mencatat waktu 1:47.694 detik. Dia mampu mengungguli pembalap Ducati, Casey Stoner yang harus puas berada di posisi kedua. Sementara itu, peringkat ketiga diraih pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Lorenzo tertinggal 1.343 detik dari Hayden.


Peringkat keempat diraih rekan Hayden, Dani Pedrosa. Disusul Sylvain Guintoli (Ducati), Colin Edwards (Yamaha) dan Anthony West (Kawasaki).

Sedangkan hasil buruk diraih juara baru MotoGP Valentino Rossi. Rossi terlempar dari 10 besar dan harus puas finish di urutan ke-13.

Hasil Sesi Latihan Bebas I MotoGP Valencia 2008 :

1. Nicky Hayden Honda HRC 1:47.694
2. Casey Stoner Ducati MotoGP 1:48.469
3. Jorge Lorenzo Yamaha Factory 1:49.037
4. Daniel Pedrosa Honda HRC 1:49.580
5. Sylvain Guintoli Ducati Pramac 1:49.887
6. Colin Edwards Yamaha Tech3 1:50.077
7. Anthony West Kawasaki Racing 1:50.397
8. Chris Vermeulen Suzuki MotoGP 1:50.760
9. Shinya Nakano Honda Gresini 1:50.879
10. Andrea Dovizioso Honda Scot 1:51.098
11. James Toseland Yamaha Tech3 1:51.210
12. Loris Capirossi Suzuki MotoGP 1:51.251
13. Valentino Rossi Yamaha Factory 1:51.721
14. John Hopkins Kawasaki Racing 1:52.798
15. Alex De Angelis Honda Gresini 1:52.960
16. Marco Melandri Ducati MotoGP 1:53.083
17. Antonio Elias Ducati Pramac 1:53.119
18. Randy De Puniet Honda LCR 1:54.199

INFO MOTOGP 2008 : Shinya Nakano, Perjalanan Terakhir Di MotoGP

Grand Prix Valencia yang menjadi akhir dari kalender MotoGP musim 2008 akan menjadi balapan terakhir Shinya Nakano di MotoGP. Pembalap Jepang berusia 31 tahun tersebut tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Honda Gresini untuk musim 2009. Selain itu, tak ada tim MotoGP lain yang melirik untuk memakai jasanya.

Kepastian terdepaknya Nakano dari tim satelit Honda itu tak lepas dari keputusan manajemen tim yang memilih Toni Elias. Elias akan menggantikan tempat Nakano. Elias bakal berpasangan dengan Alex de Angelis yang masih dipertahankan.

Kabar terbaru menyebutkan, Nakano makin dekat dengan ajang World Superbike (WSB) di musim 2009. Dia sudah didekati Tim Aprilia yang juga diperkuat mantan pembalap MotoGP asal Italia Max Biaggi.

Aprilia tinggal menunggu persetujuan dari pihak Nakano mengenai proposal kontrak yang mereka sodorkan.Sebelumnya, harapan Nakano untuk tetap bertahan di MotoGP sempat muncul meski sudah dapat dipastikan tak lagi bersama Honda.

Tim yang menyatakan tertarik kepadanya adalah Kawasaki. Namun, kedua kubu tak mencapai kesepakatan guna menandatangani kontrak.

Penyebabnya ialah Nakano tidak mau menjadi pembalap ketiga di tim hijau itu. Sebenarnya, Nakano mengincar posisi yang ditinggalkan oleh pembalap Australia Anthony West. Namun, Kawasaki lebih memilih Marco Melandri yang musim ini masih memperkuat Alice Team Ducati.

Selain itu, Honda sebenarnya masih ingin memakai jasa Nakano, tapi bukan untuk memperkuat salah satu timnya di lintasan. Pabrikan asal Jepang itu berniat memakai jasa runner-up 250 cc musim 2000 tersebut untuk menjadi pembalap penguji dan berperan dalam pengembangan di HRC.