.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2008 : Klasemen (sementara) MotoGP 2008 hingga seri 15 / 18

Klasemen (sementara) PEMBALAP MotoGP 2008 hingga Seri 15 / 18 :

POSISI PEMBALAP TEAM POINTS
1. VALENTINO ROSSI FIAT YAMAHA TEAM 312
2. CASEY STONER DUCATI MARLBORO TEAM 220
3. DANI PEDROSA REPSOL HONDA 209
4. JORGE LORENZO FIAT YAMAHA TEAM 169
5. ANDREA DOVIZIOSO JIR TEAM SCOT MOTOGP 136
6. COLIN EDWARDS TECH 3 YAMAHA 118
7. CHRIS VERMEULEN RIZLA SUZUKI MOTOGP 117
8. NICKY HAYDEN REPSOL HONDA TEAM 115
9. LORIS CAPIROSSI RIZLA SUZUKI MOTOGP 96
10. SHINYA NAKANO SAN CARLO HONDA GRESINI 95
11. JAMES TOSELAND TECH 3 YAMAHA 90
12. TONI ELIAS ALICE TEAM 86
13. SYLVAIN GUINTOLI ALICE TEAM 58
14. ALEX DE ANGELIS SAN CARLO HONDA GRESINI 55
15. MARCO MELANDRI DUCATI MARLBORO TEAM 51
16. JOHN HOPKINS KAWASAKI RACING TEAM 47
17. RANDY DE PUNIET HONDA LCR MOTOGP 47
18. ANTHONY WEST KAWASAKI RACING TEAM 42
19. BEN SPIES RIZLA SUZUKI MOTOGP 20
20. JAMIE HACKING KAWASAKI RACING TEAM 5
21. TADY OKADA REPSOL HONDA TEAM 2


Klasemen (sementara) TEAM MotoGP 2008 hingga Seri 15 / 18 :

POSISI TEAM POINTS
1. FIAT YAMAHA TEAM 481
2. REPSOL HONDA TEAM 324
3. DUCATI MARLBORO TEAM 271
4. RIZLA SUZUKI MOTOGP 215
5. TECH 3 YAMAHA 208
6. SAN CARLO HONDA GRESINI 150
7. ALICE TEAM 144
8. JIR TEAM SCOT MOTOGP 136
9. KAWASAKI RACING TEAM 94
10. LCR HONDA MOTOGP 47


Klasemen (sementara) PABRIKAN MotoGP 2008 hingga Seri 15 / 18 :

POSISIPABRIKAN POINTS
1. YAMAHA 341
2. DUCATI 261
3. HONDA 259
4. SUZUKI 159
5. KAWASAKI 77

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Perjuangan Belum Usai

Ditengah perayaan kemenangan Valentino Rossi di Sirkuit Motegi, Jepang, direktur urusan mesin Yamaha Jerry Burgess yakin perjuangan pembalap Italia itu belumlah selesai.

Burgess pun menjamin Yamaha akan melakukan apapun untuk mempertahankan performa terbaik Rossi di lintasan, termasuk mengubah mekanisme teknis sesuai kebutuhan. Tujuannya? Jelas membayar lepasnya gelar juara musim 2006 dan 2007.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan bakat Valentino Rossi begitu saja. Mungkin, akan ada Valentino Rossi lainnya di dua puluh tahun mendatang. Tapi siapa yang bisa menjamin, dia akan berada di Yamaha?" ungkap Burgess seperti dilansir Auto Sport.

"Masih tersisa tiga laga lagi musim ini dan dua musim mendatang. Jadi, kami masih harus melewati 39 laga balap, dan tentunya memenangkan 27 laga lagi," tambahnya.

"Valentino sangatlah tenang, dia tidak mudah kecewa atau bingung. Itulah kenapa kami bisa membuat banyak perubahan sebelum balapan. Kami pun tidak banyak khawatir padanya. Dia sanggup memotivasi dirinya sendiri. Dia jauh lebih unggul dari yang lain," tandas Rosberg.

The Doctor kini menggenggam 96 kali kemenangan Grand Prix. Jika berhasil mencetak kemenangan ke 123 nya nanti, berarti Rossi sukses menggebuk rekor absolut Giacomo Agostini.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Rindu Ferrari

Valentino Rossi tak segan mengungkapkan keinginannya kembali menjajal mobil tim Formula One (F1) Ferrari. Meski demikian, The Doctor sama sekali tidak bermaksud menapakkan karirnya di dunia jet darat.

Ya. Rossi menginginkannya sebagai hadiah atas kesuksesannya meraih gelar juara MotoGP di Grand Prix Jepang, Minggu (28/9/2008).

"Hadiah yang saya inginkan atas kemenangan ini? Tentu saja mencoba balapan Ferrari lagi. Bukan mengendarai mobil jalanan, tetapi F1," ungkap Rossi seperti dilansir Gazzetta dello Sport.

Sebelumnya, sang legenda MotoGP ini pernah beberapa kali menjajal Ferrari antara 2004-2006. Dirinya tidak membantah memiliki kedekatan khusus dengan tim terdepan F1 tersebut.

"Saya memang merindukan tensinya, saat mengendarai Ferrari F1," ujarnya.

"Tapi agaknya harapan itu tidak mungkin terkabulkan. Terakhir kali saya mengendarainya, saya sempat berpikir untuk berganti karir. Tapi sekarang, keinginan itu murni hanya untuk bersenang-senang," tambah pembalap Italia 29 tahun itu.

"Kontrak saya di Yamaha baru akan berakhir dua tahun lagi. Saya rasa, sangat terlambat memulai karir di F1 saat usia saya 31," tandasnya.

Sementara bos Ferrari Stefano Domenicali memiliki pendapat yang berbeda.

"Valentino Rossi? Dia sangat luar biasa. Semua orang pasti memandang apa yang dia katakan dan yang diinginkannya. Bagaimanapun, jika dia menginginkannya, semuanya bisa diatur," tutur Domenicali.

INFO MOTOGP 2008 : Yamaha Berhasil Balas Dendam

Suka cita sedang menaungi pabrikan Yamaha. Tim Garpu Tala ini akhirnya mampu mengakhiri hasil buruk di musim 2006 dan 2007 dengan menyapu bersih semua kategori.

Ya, Yamaha memang fantastis dengan menyabet gelar juara baik pembalap, tim maupun pabrikan di Motegi usai kemenangan Valentino Rossi. Pembalap Fiat Yamaha itu memang menjadi ujung tombak Yamaha. Jika Rossi gagal Yamaha akan melempem seperti yang terjadi di dua musim sebelumnya.

Musim 2006, mahkota direbut pembalap Repsol Honda Nicky Hayden. Sedangkan tahun lalu giliran Casey Stoner yang tampil lebih perkasa dengan motor Ducatinya. Namun di negara asalnya, Yamaha mampu merebut kembali gelar di MotoGP.

Tak ayal suka cita kini sedang dirasakan semua awak Garpu Tala. Termasuk Manajer Tim Davide Brivio yang mengatakan hasil yang dicapai Yamaha musim ini merupakan imbas kegagalan mereka tahun sebelumnya.

"Hasil buruk di musim 2006 dan 2007 lalu membuat setiap orang di tim kami bertambah kuat dan kuat," ujar Brivio seperti dilansir Auto Sport.

"Saat Anda dalam keadaan sulit, hubungan kalian menjadi lebih kuat. Kami tidak ingin situasi yang sama terjadi lagi dan ini akan menjadi motivasi kuat kami tahun ini," ujar Brivio.

Saat disinggung mengenai keberhasilan Rossi yang dikaitkan dengan keputusannya mengganti ban Michelin dengan Bridegstone, Brivio mengaku keputusan Rossi itu sangat tepat.

Pejabat Eksekutif dalam pengembangan motor Masao Furosawa mengatakan, perusahaannya terlihat lebih terorganisir setelah kekalahan pada 2006.

"Setelah sukses di tahun 2004 dan 2005, kami kehilangan gelar juara selama dua tahun," ujar Furosawa.

"Banyak kesalahan dilakukan Rossi seperti yang dia (Rossi-red) katakan," tambah Furosawa.

Namun Furosawa dapat tersenyum lebar setelah tahun ini Garpu Tala tampil gemilang.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Puas Dengan Hasil Balapan GP Motegi

Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo mengaku puas finish di posisi keempat Grand Prix Jepang, Minggu (28/9/2008). Lorenzo sadar dirinya tak mungkin bisa merebut podium di Motegi.

"Saya cukup senang dengan posisi keempat. Saya tidak mungkin melakukan lebih dari ini," ungkap Lorenzo seperti dilansir Auto Sport.

"Saya berjuang keras menyalib Dani di tikungan tajam. Hanya itu peluang saya, tapi saya gagal melakukannya," tambahnya.

"Kemarin, saya pikir berpeluang memenangkan laga ini. Saya sangat percaya diri. Tapi pagi ini menjelang balapan, saya merasa ini balapan kualifikasi tersulit yang pernah saya alami. Treknya terlalu dingin untuk kelas Michelin," kilah Lorenzo.

Meski demikian, pembalap Yamaha ini optimis mampu tampil sempurna sebelum musim berakhir.

"Saya harus memperbaiki start saya. Sekali lagi, saya bermasalah dengan start hingga kehilangan posisi. Bagaimanapun, saya masih bisa menunjukkan penampilan terbaik saya di tiga laga terakhir," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Gagal Salahkan Cidera

Gagal mengklaim gelar juara pada MotoGP Jepang di sirkuit Motegi, Minggu (28/9/2008), Casey Stoner menyalahkan kondisi fisiknya yang tidak fit.

"Saya merasa baik-baik saja di awal balapan. Tapi kemudian saya merasakan lelah luar biasa saat harus memutar arah dan menancap gas," ungkap Stoner seperti dilansir Auto Sport.

Ya, Stoner ngotot turun lintasan meski pergelangan tangannya mengalami fraktur berkepanjangan yang berakibat nyeri. Pembalap Australia ini bahkan rela menunda operasi hingga akhir musim, alias menunggu hingga pertarungan musim 2008 berakhir.

"Saya jadi melambat sampai Valentino berhasil mendahului saya. Saya hanya bisa mengela nafas. Saya belum menyerah, tapi mundur selangkah karena saya tahu tidak bisa menyainginya," sesal pembalap 23 tahun tersebut.

"Kami telah berusaha keras hari ini, dan untuk sisa balapan nanti. Saya harap kami akan lebih tangguh musim depan," tambahnya.

Stoner tidak merasa terpuruk dengan kemenangan Rossi. Dirinya sadar gelar juara itu bisa sewaktu-waktu lepas dari tangannya. Namun Stoner optimis dia mampu kembali menggebrak lintasan di laga balap, pekan depan.

"Beberapa orang nampak berlebihan saat kehilangan gelar. Padahal, yang lebih sulit adalah mempertahankannya. Saat gelar juara itu lepas dari tangan, ya sudah. Sekarang saatnya konsentrasi di balapan berikutnya dan menyadari kami telah berusaha keras," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Hapus Kenangan Buruk Balapan Motegi

Valentino Rossi akhirnya mampu mengoleksi gelar keenam di kelas utama MotoGP dan kedelapan di total semua kelas MotoGP. Mimpi buruk Rossi di Motegi pun berakhir dengan mimpi indah di musim 2008.

Ya, pembalap Fiat Yamaha ini memang mempunyai kenangan buruk di Motegi, beberapa tahun terakhir. Di mulai sejak 2004 lalu, Rossi terlihat sulit menaklukkan Motegi. Meski pada tahun itu Rossi mampu menyabet gelar juara dunia MotoGP, namun di sirkuit kebanggaan warga Jepang itu, Rossi dipermalukan pembalap Honda Makoto Tamada.

Derita Rossi berlanjut. Pada 2005, Rossi bahkan gagal melanjutkan balapan, meskipun akhirnya Rossi kembali merebut gelar juara dunia. Rossi mampu mengungguli pesaing utamanya saat itu, Marco Melandri.

Pada 2006, giliran Loris Capirossi yang membuat Rossi tak berdaya di Motegi. Hasil itu juga membuat Rossi akhirnya gagal menjadi jawara dan merelakan Nicky Hayden menjadi yang terbaik.

Terakhir pada 2007 lalu, Sirkuit Motegi kembali menancapkan duka bagi The Doctor. Kembali Loris Capirossi tampil perkasa dengan menjadi yang tercepat. Rossi sendiri akhirnya harus puas di peringkat ke 13, peluangnya menjadi juara dunia otomatis tertutup. Pembalap kelahiran Urbino itu pun harus rela Casey Stoner menjadi jawara musim itu.

Namun kini, Motegi menjadi tempat yang akan selalu di kenang Rossi. The Doctor mampu meraih podium pertama sekaligus merengkuh gelar juara dunia untuk kali keenam. Hebatnya lagi, Rossi menaklukkan sang juara bertahan Casey Stoner di 24 putaran Motegi.

Kontan hasil ini membuat The Doctor kembali dapat membusungkan dada. Rossi yang mengoleski 312 poin unggul 92 poin dari Stoner sekaligus membalas dendamnya musim lalu.

"Hari ini terjadi sebuah pertarungan seru, ini balapan luar biasa," ujar pembalap 29 tahun itu seperti dikutip Eurosport.

"Saya merasa percaya diri dengan motor saya dan akan menjuarai balapan dan juara dunia kali ini sangat fantastis," lanjut Rossi.

Dalam kesempatan itu Rossi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Fiat Yamaha yang telah bekerja tak kenal lelah. Inilah musim kejayaan Rossi.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Sudah Mengunci Gelar Juara Dunia

Sukses mengunci gelar juara MotoGP keenam di Grand Prix Jepang, Minggu (28/9/2008), pembalap Fiat Yamaha Valentino Rossi pun berjanji akan berjuang lebih keras di sisa tiga laga terakhir kejuaraan dunia musim 2008.

"Ini sangat luar biasa," ungkapnya seperti dilansir Auto Sport.

"Saya merasa senang karena pertarungan tahun ini sangat alot, terutama melawan Stoner dan Pedrosa. Musim ini terasa sangat lama karena balapan tangguh itu," tambah pembalap Italia tersebut.

"Saya merasa sangat beruntung sepanjang karir saya. Saya telah memenangkan sejumlah kejuaraan dengan tidak mudah, seperti saat pertama kali bergabung dengan Yamaha, 2004 lalu. Tapi kemenangan inilah hasil usaha terberat saya selama ini," lanjutnya.

Maka tak heran, Rossi mempersembahkan penghargaan terbesarnya pada tim Yamaha dan Bridgestone. "M1 mampu melesat cepat di setiap trek balapan. Ini dukungan besar dari mereka. Kemenangan ini sungguh fantastis," tutup The Doctor.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Hasil Usaha Paling Keras

Sudah enam kali Valentino Rossi menjadi juara dunia di kelas utama Grand Prix motor. Dari semua sejarah kesuksesannya itu, ia menganggap upaya terkeras yang dilakukannya ada di musim ini.

Italia berusia 29 tahun itu baru saja mengamankan titel keenam dalam karirnya di MotoGP (dan kelas 500cc) setelah memenangi balapan di Motegi, Jepang, Minggu (28/9/2008).

Ini adalah kali kelima berturut-turut Rossi meraih kemenangan, atau yang kedelapan dari 15 seri yang telah digelar di mnusim ini. Dengan koleksi 312 poin, ia takkan terkejar lagi oleh Casey Stoner meskipun masih tersisa tiga seri.

Sejak menjadi runner up dalam debutnya di kelas 500cc di tahun 2000, Rossi secara beruntun memenangi kompetisi 2001-2005. Namun di dua musim terakhir ia gagal, dan gelar juara diraih Nicky Hayden (2006) dan Stoner (2007).

"Sulit untuk mengatakannya, tapi yang satu ini sungguh luar biasa," cetusnya seusai lomba, seperti dikutip Autosport. "Aku merasa sangat bagus karena pertarungan tahun ini sangat ketat, terutama dengan Stoner dan Pedrosa. Ini musim yang panjang dengan banyak balapan dan duel sengit."

"Aku sangat senang. Aku begitu beruntung dalam karirku. Aku telah memenangi banyak kompetisi yang bagus dan sulit, seperti yang pertama dengan Yamaha di tahun 2004. Tapi aku pikir ini adalah musim di mana aku melakukan usaha paling banyak untuk mencoba menang. Aku bekerja keras di setiap weekend balapan, juga selalu berusaha menjaga konsentrasi dan tetap kuat di luar balapan," tuturnya.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Tak Mampu Tandingi Valentino Rossi

Casey Stoner sempat berpeluang menjaga peluangnya dalam persaingan dengan Valentino Rossi. Akan tetapi rivalnya tampil luar biasa hari ini dan membuat sang juara bertahan kehilangan gelarnya.

Sejak kalah di Indianapolis dua minggu lalu, Stoner menghadapi jalan terjal untuk kembali menjuarai MotoGP musim ini. Selain butuh kemenangan di empat seri terakhir, ia pun hanya bisa juara kalau Rossi mengalami nasib buruk -- karena ia hanya perlu tambahan 13 poin untuk mengunci titel juara.

Namun Stoner tidak begitu saja memberi jalan buat The Doctor. Pembalap Australia dari tim Ducati itu sempat tampil menjanjikan dengan memimpin balapan hingga pertengahan lomba, sebelum usahanya itu berakhir "sia-sia".

Stonr menjadi bintang di awal balapan setelah mengambil posisi terdepan di tikungan pertama pasca start. Ia mengalahkan Dani Pedrosa, Nicky Hayden, pemegang pole Jorge Lorenzo, dan Rossi. Di awal balapan ini pembalap tuan rumah dari tim Suzuki, Kousuke Akiyoshi, terlempar ke gravel dan langsung out.

Di lap kedua Pedrosa berhasil melewati Stoner dan mengambil alih pimpinan lomba, tapi Rossi menanjak lebih gemilang. Berturut-turut ia menyalip Lorenzo dan mengambil celah kosong saat Hayden membelok ke kanan.

Dalam waktu singkat terjadi pertarungan sengit di antara Pedrosa, Stoner, dan Rossi. Di lap keempat Stoner sempat menyusul Pedrosa, tapi beberapa detik kemudian pembalap tim Repsol Honda merebut kembali posisinya. Di belakang, Rossi tetap berancang-ancang memanfaatkan peluang.

Di lap kelima Stoner dan Pedrosa terlibat perseteruan yang sangat seru. Stoner memenanginya, dan sempat memberi sebuah isyarat dengan jarinya kepada Pedrosa. Rossi memanfaatkan keadaan dengan menyerobot tempat Pedrosa.

Sampai melewati lap 10 Stoner masih di depan Rossi. Itu tidak cukup buat Stoner karena finish di tempat ketiga pun Rossi masih dipastikan juara.

Sial buat Stoner, ia malah kehilangan posisinya di lap 13. Rossi berhasil mengalahkan dia dalam pertarungan yang menegangkan. Sampai lima lap berikutnya Stoner masih memberi tekanan deras buat Rossi, tapi menjelang lap-lap akhir ia mulai tertinggal jauh.

Alhasil Rossi pun semakin di atas angin untuk memenangi balapan di Motegi. Dan saat menyentuh garis finish, maka titel keenam di kelas utama Grand Prix motor pun dipastikan direbut pembalap Italia berusia 29 tahun itu.

Sementara Stoner harus kehilangan gelar juara yang musim lalu ia rengkuh dengan fantastis. Dengan tiga seri tersisa, ia masih harus bersaing dengan Pedrosa untuk memperebutkan predikat runner up.

Pedrosa hari ini finish di tempat ketiga setelah mengalahkan Lorenzo di lap-lap terakhir. Sakin sengitnya kedua pembalap Spanyol itu sempat bersenggolan sedikit, tapi Lorenzo beruntung bisa berkelit dan konsekuensi lebih buruk terhindarkan.

INFO MOTOGP 2008 : Hasil Balap MotoGP Motegi Jepang, Valentino Rossi Berhasil Kunci Gelar Juara

Valentino Rossi akhirnya mampu membukukan gelar juara dunia MotoGP untuk kali keenamnya. Hebatnya lagi, The Doctor mampu memastikan gelarnya dengan meraih podium teratas di Grand Prix MotoGP Jepang, Minggu (28/9/2008).

Berlaga di Sirkuit Motegi, pembalap Fiat Yamaha ini memang tampil dengan kepercayaan diri yang tinggi. Pasalnya, The Doctor hanya perlu finish ketiga untuk menjadi juara dunia 2008. Meski berlaga di tempat yang kurang bersahabat baginya, namun The Doctor mampu membuktikan dirinya layak menjadi yang tercepat.

Balapan ini juga sangat spesial bagi Rossi karena pembalap kelahiran Urbino itu mampu merengkuh gelar juara setelah memenangkan duel dengan juara tahun lalu Casey Stoner. Dalam balapan itu Rossi mencatat waktu 43:09.599 detik.

Dengan tambahan 25 poin di Motegi ini, Rossi berhasil mengumpulkan 312 poin. Sedangkan Stoner harus puas menyerahkan gelarnya meski masih menyisakan tiga balapan lagi, setelah akumulasi poinnya hanya 220.

Sedangkan Stoner yang sempat memimpin hingga lap 13 akhirnya harus puas finis kedua. Pembalap Ducati asal Australia itu akhirnya gagal mempertahankan gelar setelah tercecer 1.943 detik dari Rossi.

Di belakang Stoner, Dani Pedrosa yang sempat berduel dengan Rossi dan Stoner di lap-lapa awal mampu mengamankan podium ketiga sekaligus memenangkan duel Spanyol. Pedrosa mengungguli rekan senegaranya, Jorge Lorenzo yang memulai balapan dengan pole position. Lorenzo harus puas finish keempat sekaligus mengungguli Nicky Hayden.

Sedangkan lima pembalap yang mampu masuk 10 besar antara lain; Loris Capirosi, Colin Edwards, Shinya Nakano, Andrea Dovizioso dan John Hopkins.

Hasil Balap MotoGP, Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (28/9/2008):
1. Valentino Rossi Yamaha (B) 43:09.599
2. Casey Stoner Ducati (B) + 1.943
3. Dani Pedrosa Honda (B) + 4.866
4. Jorge Lorenzo Yamaha (M) + 6.165
5. Nicky Hayden Honda (M) + 24.593
6. Loris Capirossi Suzuki (B) + 25.685
7. Colin Edwards Yamaha (M) + 25.918
8. Shinya Nakano Honda (B) + 26.003
9. Andrea Dovizioso Honda (M) + 26.219
10. John Hopkins Kawasaki (B) + 37.131
11. James Toseland Yamaha (M) + 37.574
12. Randy de Puniet Honda (M) + 38.020
13. Marco Melandri Ducati (B) + 25:55.2
14. Sylvain Guintoli Ducati (B) + 45.846
15. Anthony West Kawasaki (B) + 55.748
16. Toni Elias Ducati (B) + 59.320
17. Alex de Angelis Honda (B) +1:12.398

Gagal Finish :
Chris Vermeulen Suzuki (B) 16
Kousuke Akiyoshi Suzuki (B) 0

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Yakin Raih Yang Terbaik Di MotoGP Motegi Jepang

Valentino Rossi yakin berhasil meraih gelar juara pada Grand Prix Jepang, Minggu (28/9/2008) sore nanti.

Pembalap Fiat Yamaha itu telah membuktikan ketangguhannya dengan menjadi yang tercepat dalam latihan pemanasan di Motegi, pagi ini.

The Doctor mencatat waktu terbaik 1:47.263. Unggul 0.310 detik dari pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, pembukuan waktu ini menjadi yang terbaik bagi Rossi akhir musim ini.

Sementara pesaing utama Rossi dalam perebutan podium Casey Stoner, harus puas finish di posisi ketiga. Menyusul kemudian Jorge Lorenzo, yang mengawali balapan di pole position, diikuti pembalap Kawasaki John Hopkins, Colin Edwards, dan Sinya Nakano.

Naas bagi pembalap Suzuki Loris Capirossi. Usai performa terbaiknya dalam babak latihan dan kualifikasi, Capirossi hanya bisa menduduki tempat ke 13, tertinggal 1.363 detik dari pembalap tercepat, Rossi.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Targetkan Podium Di MotoGP Motegi Jepang

Pembalap Fiat Yamaha, Valentino Rossi, bertekad untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP keenamnya pada GP Motegi, Minggu (28/9/2008). Rossi memang menjadi kandidat kuat juara dunia MotoGP musim ini setelah memperoleh keunggulan 87 poin dari pesaing terdekatnya, Casey Stoner.

Pembalap 29 tahun itu hanya butuh untuk finish di posisi ketiga agar bisa kembali merebut gelar juara dunia yang sempat "dicuri" oleh Nicky Hayden dan Stoner pada tahun 2006 dan 2007.

Namun, tentunya para pesaing Rossi tidak akan begitu saja merelakannya menjadi juara dunia.

Rossi hanya berhasil meraih posisi keempat pada kualifikasi yang dilakukan Sabtu sore. Peraih pole position adalah rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo. Sedangkan, Stoner berada di posisi kedua, diikuti oleh Hayden. Saingan Rossi lainnya, Dani Pedrosa, membuntuti Rossi di urutan kelima.

Jelas, ini akan menjadi perjuangan yang cukup sulit bagi pembalap berjuluk The Doctor itu. Jika Rossi tidak berhasil meraih podium ketiga, dan Stoner keluar menjadi juara GP Jepang ini, maka pembalap Italia itu harus menunda gelar juara dunianya pada GP Australia pekan depan.

"Saya akan senang jika berhasil finish di podium ketiga. Target saya adalah podium," tegas Rossi seperti dilansir Auto Sport.

"Sepanjang karir, saya pernah mencatatkan juara dunia di Phillip Island dan Malaysia. Tapi, tidak pernah di Jepang," tambahnya.

"Bagi saya, penting untuk menjadi juara dunia di balapan nanti. Apalagi setelah musim yang panjang dan begitu banyaknya tekanan" pungkas rider yang berhasil memecah rekor kemenangan legenda MotoGP, Giacomo Agostini di kelas premium itu.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Kembali Kecewa Hasil Kualifikasi MotoGP Motegi Jepang

Valentino Rossi mengaku bahwa dia sangat kecewa karena gagal menempati posisi terdepan di balapan MotoGP Jepang. Rossi pun terancam gagal merebut gelar juara dari tangan Casey Stoner di Motegi besok.

Rossi bisa memenangkan gelar juara dunia MotoGP, jika Stoner tidak dapat mencetak poin di balapan besok.

Tapi, harapan itu bisa punah, karena Stoner memulai balapan besok di posisi kedua. Sedangkan Rossi harus puas memulai balapan di peringkat empat.

"Jujur saya sangat kecewa karena bagian depan adalah target kami hari ini. Tapi posisi empat juga tidak buruk," ujar Rossi seperti dilansir Auto Sport.

"Sayang, saya terlalu banyak menghabiskan waktu dan terlambat melakukan kualifikasi. Saya juga sedikit terjebak ketika de Angelis terjatuh dari motornya," lanjut pembalap Fiat Yamaha itu.

Namun Rossi tetap optimis menghadapi balapan besok. Kecepatan motor kami cukup baik. Jadi, saya yakin kami dapat bertarung memenangi balapan nanti," tandas pembalap asal Italia itu.

"Saya tidak memilikirkan gelar juara dunia saat ini. Saya hanya ingin meraih podium dan lihat apa yang akan terjadi," tutup The Doctor.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Harapkan Keberuntungan Saat Balap MotoGP Motegi Jepang

Casey Stoner tak mau meratapi kegagalan di kualifikasi terlalu lama. Dia berharap bisa mendapatkan keberuntungan pada balapan MotoGP Jepang besok.

Stoner pantas saja mengharapkan hal itu. Sebab, gelar juara miliknya terancam direnggut Valentino Rossi bila pembalap Fiat Yamaha itu mampu memenangi balapan di Motegi besok.

"Masalah pada ban pertama adalah ban tidak bisa bekerja maksimal, sehingga tidak dapat memacu motor dengan cepat, begitu juga dengan ban kedua," ujar Stoner.

"Jadi, saya memutuskan untuk membatalkan putaran terakhir. Sebab, saya sadar tidak akan bisa menjadi pembalap yang paling cepat," lanjut pembalap Ducati itu seperti dilansir Auto Sport.

"Kemudian pada ban ketiga, saya baru saja melintasi garis start/fnish untuk memulai balapan, namun ada sebuah serangga besar menganggu kaca helm. Jadi, itu yang membuat saya frustasi," tambah pembalap asal Australia itu.

Stoner percaya bisa memenangi balapan besok. "Untuk balapan besok, kami berada dalam kondisi terbaik. Kami memang harus memperbaiki beberapa hal, tapi motor kami bekerja secara baik," tandas pembalap 23 tahun itu.

"Bahkan, bila balapan besok berlangsung dalam keadaan hujan, maka kami tidak akan apa-apa," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang, Jorge Lorenzo Raih Pole Position

Jorge Lorenzo berhasil menduduki posisi terdepan pada lomba MotoGP Jepang di motegi besok. Lorenzo menilai ini merupakan peforma terbaiknya sepanjang musim.

Ya, secara spektakuler, Lorenzo mampu mencatatkan waktu 1:45.543 detik. Ini merupakan pole position-nya yang keempat pada musim ini. "Bisa dikatakan ini adalah performa terbaik sepanjang hidup saya," ujar Lorenzo.

"Saya mampu menggeber motor dengan cepat. Selain itu, ban dan motor bekerja dengan baik. Sebab jika tidak, mana mungkin saya bisa seperti itu," lanjut pembalap Fiat Yamaha itu.

"Tim melakukan tugas dengan baik dalam menyetel sasis motor. Hasil ini sungguh luar biasa," tambah pembalap asal Spanyol itu seperti dilansir Auto Sport.

Meski berhasil membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat, namun Lorenzo mengaku tidak bisa meramal hasil balapan nanti.

"Kami akan tunggu sampai balapan besok. Sebab, hal yang terpenting adalah di balapannya. Tapi untuk awal ini sungguh luar biasa," tandas mantan pembalap 250 cc tersebut.

Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang, Sabtu 27 September 2008 :

1. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1min 45.543 secs
2. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1min 45.831 secs
3. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1min 45.971 secs
4. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1min 46.060 secs
5. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 1min 46.303 secs
6. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 46.450 secs
7. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1min 46.496 secs
8. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1min 46.554 secs
9. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1min 46.616 secs
10. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1min 46.863 secs
11. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 1min 46.888 secs
12. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 46.904 secs
13. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1min 46.907 secs
14. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1min 46.958 secs
15. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1min 47.400 secs
16. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1min 47.475 secs
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1min 47.669 secs
18. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1min 47.680 secs
19. Kousuke Akiyoshi JPN Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 48.671 secs



INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Motegi, Casey Stoner Tercepat Sesi Latihan Bebas III

Juara bertahan Casey Stoner masih menjadi yang tercepat di free practice (sesi latihan) III MotoGP Jepang di Motegi, Sabtu (26/9/2008).

Pembalap Ducati itu menjadi tercepat, dengan unggul 0.143 detik dari catatan waktu pembalap Yamaha Jorge Lorenzo.

Sementara rekan setim Lorenzo di Yamaha, Valentino Rossi harus puas menduduki peringkat ketiga. Disusul dua pembalap andalan Repsol Honda Dani Pedrosa dan Nicky Hayden.

Loris Capirossi juga menampilkan catatan yang cukup apik. Pembalap Suzuki itu meraih peringkat keenam tercepat.

Sedangkan pembalap lokal Kousuke Akiyoshi kembali gagal menunjukkan peforma terbaik. Pembalap debutan milik Suzuki itu harus puas berada di posisi ke-19 pada sesi kali ini.

Hasil Sesi Latihan Bebas III MotoGP Jepang:
1 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 1:47.357
2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 1:47.521
3 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 1:47.792
4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 1:47.816
5 Nicky HAYDEN USA Repsol Honda Team 1:47.881
6 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 1:47.975
8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 1:48.120
9 Shinya NAKANO JPN San Carlo Honda Gresini 1:48.296
10 Sylvain GUINTOLI FRA Alice Team 1:48.333
11 Andrea DOVIZIOSO ITA JiR Team Scot MotoGP 1:48.436
12 John HOPKINS USA Kawasaki Racing Team 1:48.471
13 Toni ELIAS SPA Alice Team Ducati 1:48.522
14 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 1:48.681
15 Marco MELANDRI ITA Ducati Marlboro Team 1:48.882
16 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 1:49.020
17 James TOSELAND GBR Tech 3 Yamaha Yamaha 1:49.061
18 Anthony WEST AUS Kawasaki Racing Team 1:50.157
19 Kousuke AKIYOSHI JPN Rizla Suzuki MotoGP 1:50.306

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Kecewa Hasil Sesi Latihan Bebas II

Valentino Rossi mengharapkan situasi yang jauh lebih baik untuk balapan. Diuntungkan cuaca cerah, pimpinan klasemen ini merasa tak banyak membuang tenaga saat laga di sesi latihan bebas kedua, Jumat (26/9/2008).

"Pagi ini sangat basah, dan kami bisa melesat jauh lebih cepat. Ban basah ini mampu bekerja dengan sangat sempurna," ungkap Rossi seperti dilansir Autosport.

Pembalap Italia tersebut puas dengan hasil latihan bebas sesi 1. Rossi hanya tertinggal 0.10 detik di belakang Nicky Hayden. Namun, dia mengaku kecewa dengan performa motornya di sesi kedua.

"Sayang, kondisi sore ini cerah, dan saya mengalami beberapa masalah. Saya pun tertinggal dari Stoner dan Pedrosa. Sementara ini, saya gagal jadi yang terdepan," keluhnya terkait latihan bebas sesi kedua tersebut.

Meski demikian, Rossi tetap positif dia bisa memperbaiki hasil ini nanti.

"Trek ini selalu sulit dilewati, dan rasanya kurang cocok dengan M1. Apalagi, saya sedikit menghadapi kendala di tikungan. Tapi saya yakin bisa memperbaiki performa saya besok," janji Rossi.

"Saya juga berharap cuaca akan membaik sepanjang pekan ini," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso Resmi Pindah Ke Repsol Honda

Andrea Dovizioso akhirnya resmi diperkenalkan ke publik sebagai pembalap Honda Repsol di musim 2009 untuk mendampingi Dani Pedrosa.

Pembalap Italia berusia 22 tahun itu akan menggantikan Nicky Hayden yang dipastikan hengkang ke Ducati Marlboro musim depan.

"Dengan gembira saya mengumumkan Andrea Dovizioso akan bergabung dengan pabrikan Repsol Honda untuk musim 2009, menjadi pendamping Pedrosa," ujar presiden HRC Masumi Hamane seperti dikutip Superbike News.

Dipilihnya Dovi sebagai pengganti Hayden tak terlepas dari penampilan impresif di musim pertamanya di kelas MotoGP tahun ini. Bahkan ketika hanya memperkuat tim satelit Honda JIR Team Scot, Dovi mampu berada di posisi lima klasemen sementara MotoGP.

"Kami yakin Andrea kini sudah siap mengambil tantangan yang menantinya di musim 2009. Talentanya tak perlu dipertanyakan dan kami mengagumi sikapnya saat berlaga," sambung Hamane.

Dovi sendiri juga merupakan rider setia Honda. Sepanjang karirnya di seri grand prix, termasuk saat menjadi juara dunia 125cc tahun 2004, dihabiskannya bersama Honda.

INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Motegi, Casey Stoner Tercepat Di Sesi II

Juara bertahan Casey Stoner ganti memimpin sesi latihan GP Jepang. Setelah pembalap Honda Repsol Nicky Hayden memimpin sesi pagi, di sesi kedua yang berlangsung Jumat (26/9/2008) giliran Stoney mencatat waktu terbaik.

Pembalap Australia ini mencetak waktu tercepat dengan motor Ducatinya di lintasan Sirkuit Motegi yang mulai mengering. Stoney mencatat waktu 1 menit 48.121 detik.

Pembalap Honda Repsol Dani Pedrosa yang gagal total di sesi latihan pertama, berhasil menembus posisi kedua tercepat. Rider mungil asal Spanyol ini hanya terpaut 0.073 detik dari Stoney.

Valentino Rossi yang berada di belakang Hayden pada Free Practce I, kali ini turun satu peringkat ke posisi ketiga. The Doctor mencetak waktu 1:48.510.

Sementara itu, rider tercepat di sesi pertama Nicky Hayden justru di sesi kedua ini harus rela terperosok ke posisi ketujuh. Catatan waktu Hayden berada di belakang Andrea Dovizioso (JiR Team Scott), Loris Capirossi (Suzuki Rizla), Sylvain Guintoli (Alice Ducati).

Hasil Sesi Latihan Bebas II GP Jepang:

1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1:48.121
2. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 1:48.194
3. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1:48.510
4. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1:48.770
5. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1:48.779
6. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1:48.794
7. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1:48.800
8. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1:48.945
9. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1:48.974
10. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1:49.149
11. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1:49.190
12. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 1:49.197
13. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1:49.344
14. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1:49.424
15. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1:49.505
16. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1:49.664
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1:50.131
18. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1:50.158
19. Kousuke Akiyoshi JPN Rizla Suzuki MotoGP (B) 1:50.879

INFO MOTOGP 2008 : Honda Putus Kontrak Dengan JiR

JiR dipastikan berpisah dengan Honda pada akhir musim MotoGP 2008 ini. JiR kecewa, sebab Perusahaan BalapMotor Honda (HRC) menolak proposal project yang diajukan JiR untuk musim 2009 mendatang.

Kerjasama JiR Tim Scot akan berakhir di Valencia. Keduanya sepakat akan memakai satu pembalap dalam tim MotoGP Honda musim depan, yakni saat Andrea Dovizioso bergabung dengan Repsol Honda.

Akibatnya, JiR dikabarkan akan pindah kejuaraan musim ini. Sebab, tim bukan pabrikan semacam JiR akan kesulitan memenangkan MotoGP tanpa adanya penyokong.

"Ini saatnya membuka lembaran baru. Saya mempunyai visi dan rencana baru yang jauh berbeda. Ini saatnya mengenang kolaborasi kami dengan HRC. Mereka telah mendukung kesuksesan kami," ujar Kepala Eksekutif Officer Gianluca Montiron seperti dilansir Autosport.

"Bagaimanapun, hari gini mana ada tim pribadi yang berpeluang memenangkan kejuaraan? Jadi, saya ingin mundur saja dari kompetisi ini daripada memenuhi daftar nama tim," tambahnya.

"Saatnya membangun motivasi baru, dan pabrikan baru yang bisa kami percaya," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Jelang GP Motegi, Nicky Hayden Tercepat Sesi Latihan Bebas I

Sesi Latihan bebas pertama GP Jepang di Sirkuit Motegi, Jumat (26/9/2008) berlangsung dalam kondisi trek basah. Tampil sebagai yang tercepat adalah Nicky Hayden. Waktu akhir Hayden lebih cepat dari dua kandidat juara, Valentino Rossi dan Casey Stoner.

Dalam keadaan lintasan basah akibat guyuran hujan, Hayden mampu membukukan waktu tercepat di Motegi dalam waktu 1 menit 59.773 detik.

Di belakangnya menyusul pembalap Fiat Yamaha Rossi yang menyelesaikan latihan pada catatatan 1:59.892. Di posisi ketiga, menyeruak pembalap Ducati asal Australia Stoner, dalam tempo 2 menit 0.589 detik.

Sesi ini baru berlangsung sengit di menit-menit terakhir di mana Rossi dan Stoner sempat saling susul untuk memperebutkan posisi kedua. Adalah Stoner yang pertama mendekati catatan waktu Hayden ketika sesi tinggal tersisa dua menit, pembalap Australia itu mencatat waktu dua menit 00,589 detik

Namun posisi kedua yang didapat Stoner tak bertahan lama lantaran dalam hitungan detik sudah diambil alih Rossi. Jagoan Fiat Yamaha yang berpeluang merengkuh gelar juara dunianya di seri ini, menorehkan waktu satu menit 59,892 detik.

Rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo, mampu menduduki posisi keempat di sirkuit berjarak 4801 m tersebut. Sementara tempat tercepat kelima ditempati Sylvain Guintoli.

Jorge Lorenzo dan Sylvain Guintoli melengkapi posisi lima besar di sesi latihan bebas pertama ini. Sementara posisi enam diisi Shinya Nakano yang tampil lebih cepat dari Toni Elias di posisi tujuh. Sementara jagoan Kawasaki Anthony West menempati posisi delapan dengan waktu dua menit 01,455 detik.

Menggenapi posisi 10 besar dalam sesi ini adalah Andrea Dovizioso yang catatan waktu tercepatnya adalah dua menit 01,527 detik dan pembalap yang terkenal sebagai rain master, Chris Vermuelen dengan waktu dua menit 01,628 detik.

Tahun lalu Dani Pedrosa berhasil merebut pole position dengan waktu 1: 45.864. Rekor tercepat di Twin Ring ini masih dipegang pembalap Honda Gresini Toni Elias dengan perolehan waktu 1:50.718.

Hasil Sesi Latihan Bebas I GP Jepang:

1. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1:59.773
2. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1:59.892
3. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 2:0.589
4. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 2:0.696
5. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 2:0.859
6. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 2:0.996
7. Toni Elias SPA Alice Team (B) 2:1.370
8. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 2:1.455
9. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 2:1.527
10. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 2:1.628
11. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 2:1.683
12. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 2:2.225
13. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 2:2.263
14. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 2:2.451
15. Kousuke Akiyoshi JPN Rizla Suzuki MotoGP (B) 2:2.688
16. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 2:3.235
17. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 2:3.396
18. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (B) 2:4.078
19. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 2:4.896

INFO MOTOGP 2008 : Yuki Takahashi Pendatang Baru MotoGP 2009

Musim depan, kelas premier MotoGP akan kedatangan pemain baru. Ya, pembalap Jepang 250cc Yuki Takahashi dipastikan akan menggantikan posisi Andrea Dovizioso di JiR.

"Saya sangat senang, saya hampir pasti pindah ke MotoGP. Saya merasa cocok dengan calon tim baru saya itu," ungkap Takahashi seperti dilansir Auto Sport.

"Saya senang sekaligus sedikit agak takut, karena belum pernah terjun ke dunia MotoGP. Ini akan sangat menarik. Jika memungkinkan, saya akan mencoba motor 800cc setelah musim ini berakhir," tambah pembalap yang akan menjajal ketangguhan Honda RC212V akhir musim ini.

"Saya akan memiliki keluarga baru di sini, juga sahabat dan sponsor. Saya ingin mencetak hasil bagus nanti. Saya siap turun lintasan hingga putaran terakhir," tandasnya.

Sementara Dovizioso sendiri dikabarkan akan bergabung dengan Repsol Honda musim depan.

INFO MOTOGP 2008 : Loris Capirossi Targetkan Kemenangan Di GP Motegi

Loris Capirossi optimis menang di sisa empat balapan terakhir, musim ini. Diriya tak sabar kembali menggebrak lintasan musim depan.

Jika bisa tampil sempurna di empat laga MotoGP terakhir, Capirossi yakin semangat itu akan membuatnya semakin percaya diri menghadapi musim 2009.

"Saya optimis di sisa empat balapan nanti. Itu sangat penting bagi kami. Kami ingin mempertahankan performa terbaik untuk mengawali musim depan," ujar pembalap veteran Italia itu seperti dilansir Auto Sport.

Pembalap Rizla Suzuki agaknya tidak menikmati perannya di musim ini. Sebab, di luar dugaan, Capirossi tetap bercokol di peringkat 11 setelah hanya sekali finis di podium pertama.

"Kami sadar, ini akan jauh lebih sulit dari Valencia. Kami punya rencana besar untuk musim depan. Saya akan melakukan yang terbaik," tambahnya.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Dan Kenangan Indah Di Motegi

Casey Stoner memiliki kenangan indah di Motegi musim lalu. Ketika itu pembalap Ducati tersebut memastikan gelar juara dunia pertama MotoGP.

Meski ketika itu kemenangan diraih Loris Capirossi, namun Stoner mampu menciptakan sejarah dengan memastikan diri menjadi juara MotoGP untuk pertama kalinya.

"Saya memiliki berbagai perasaan di Motegi, ada yang bagus dan buruk. Tentu, memori terbaik adalah ketika saya memastikan diri keluar menjadi juara. Tapi saya ingin melupakan kenangan itu dan menatap masa depan," jelas Stoner.

Stoner sadar peluang untuk menjuarai GP Jepang cukup sulit. Dengan balapan tersisa empat lintasan lagi, namun Stoner mengaku tidak ingin menyerah begitu saja.

"Cedera di pergelangan tangan saya sudah tidak terasa sakit selama sepekan terakhir dan bahkan sudah mulai membaik," lanjut pembalap 23 tahun itu seperti dilansir Motorsport.

"Saya sudah tidak sabar untuk kembali menggeber motor dan mencoba meraih hasil lebih baik dari pada beberapa balapan sebelumnya," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Motornya Dihias Gambar Luppin III

Selalu ada cara bagi FIAT Yamaha untuk menarik perhatian pendukungnya. Salah satunya mewarnai motor M1 Jorge Lorenzo dengan gambar animasi Jepang, Lupin III.

Akan ada yang berbeda pada motor Yamaha Lorenzo saat tampil di MotoGP Jepang. Tunggangan pembalap asal Spanyol ini akan diwarnai tokoh kartun asal Jepang, Luppin III yang diambil dari 'gentleman thief' Arsene Lupin yang dibuat novelis Maurice Leblanc di abad 20.

Gambar Lupin III ini juga akan menjadi ciri dalam seri terbatas Fiat 500 sebelum melakukan debut di pertengah musim 2009. Fiat berharap dengan hal itu mereka dapat menjangkau para pecinta MotoGP, lewat desain dan kreativitas dapat menarik perhatian kaum muda.

Desain Lupin III merupakan usaha desain khusus kedua yang dibuat Fiat tahun ini. Pertama digunakan oleh Valentino Rossi di Catalunya guna memberikan dukungan kepada tim nasional Italia yang akan berlaga di Piala Eropa 2008.

Sedangkan desain khusus ketiga akan digunakan di saat seri terakhir MotoGP musim ini di Valencia. Sementara Rossi sudah memiliki peluang memenangi gelar juara dunia MotoGP jika berhasil finis di posisi ketiga di Jepang akhir pekan ini.

INFO MOTOGP 2008 : Toni Elias Juga Incar Podium Lagi Di GP Motegi

Toni Elias siap membalap di GP Jepang nanti. Pembalap Alice Team itu ingin mengulang prestasi tahun lalu yakni meraih podium di Motegi.

Ya, tahun lalu saat masih balapan di kelas 250cc, Elias memang sempat merasakan podium di Motegi.

"Tahun lalu balapan berlangsung sangat menarik dan menyenangkan. Tentu, bisa mengulang podium tahun lalu akan sangat luar biasa," ujar Elias seperti dilansir Motolive.

Meski ingin meraih podium, namun ternyata Elias tahu diri. Mantan pembalap 250cc ini justru menganggap motor Ducati merupakan unggulan di sirkuit ini.

"Lintasan disana sangat luar biasa, dimana kecepatan motor Anda sangat membantu Anda. Tapi, saat ini motor Ducati sepertinya bisa mengatasi sirkuit manapun," lanjut pembalap asal Spanyol itu.

"Secara fisik dan mental saya sudah sangat siap. Saya hanya berharap sinar terang akan berpihak kepada kami pada pekan ini," pungkasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Loris Capirossi Yang Penting Tampil Baik

Loris Capirossi adalah penguasa sirkuit Motegi dalam tiga musim terakhir. Namun di musim ini pembalap kawakan Italia itu tak bicara soal juara lagi. Yang penting baginya adalah tampil baik.

Capirossi akan bertarung di Jelang akhir pekan ini dengan predikat sebagai juara tiga kali berturut-turut (2005, 2006, 2007). Ia menorehkan prestasi hebat itu bersama tim Ducati.

Menghadapi balapan hari Minggu (28/9) ini pembalap Italia itu sepertinya tidak yakin bisa melakukannya lagi. Soalnya performa Suzuki di musim ini memang tidak mengilap.

Dari 14 seri yang telah diikuti, Capirossi baru naik podium satu kali, saat finish di urutan ketiga di Brno, Republik Ceko. Di klasemen sementara pria berusia 35 tahun itu baru mengantongi 86 poin dan menempati peringkat ke-11.

"Empat seri terakhir akan sangat penting buat kami untuk mempertahankan performa yang bagus, untuk mulai menyiapkan motor musim depan," ujar dia seperti dikutip Auto Sport.

"Kami punya banyak ujicoba dan harus menguji banyak hal setelah balapan di Valencia, dengan motor baru. Rencana tahun depan sangat besar. Kami tahu, kami harus mencoba berbuat yang terbaik di empat balapan tersisa, dengan apa yang kami miliki saat ini."

Posisi Capirossi untuk musim 2009 sudah aman setelah Suzuki memastikan bahwa ia dan Chris Vermeulen tetap dipertahankan.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Incar Podium Ke 3 Di GP Motegi

Jorge Lorenzo sedang dalam kondisi prima. Pembalap Fiat Yamaha ini berharap bisa meraih podium ketiganya musim ini secara beruntun di MotoGP Jepang akhir pekan ini.

"Jepang adalah negara yang luar biasa. Mereka memiliki kebudayaan yang berbeda dengan negara di Eropa. Saya selalu tidak sabar balapan disana," ujar Lorenzo seperti dilansir Motorsport.

Lorenzo memang menandai kebangkitannya dengan meraih dua podium yakni di Misano dan Indianapolis secara beruntun. Meski Lorenzo mengakui kalau Sirkuit Motegi juga kurang sreg di hatinya, namun dia berharap bisa meraih podium.

"Mengenai balapan nanti, Motegi merupakan sirkuit pertama kami dalam tur Pacific. Saya memiliki harapan tinggi bisa meraih sukses besar disana," lanjut pembalap asal Spanyol ini.

"Saya ingin memberikan peforma terbaik seperti di Misano dan Indianapolis, karena balapan disana sangat penting buat tim ini. Saya percaya Michelin juga bisa memberikan yang terbaik," tambah debutan MotoGP ini.

"Motegi merupakan sirkuit yang belum pernah saya menangi selama balapan di kelas 250 cc. Namun, saya sempat meraih catatan waktu tercepat disana di musim 2003. Saya sudah tidak sabar ingin mengulangnya," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Bakal Raih Juara Dunia, Minim Finish Ke 4

Titel juara dunia MotoGP kedelapan sudah ada di depan mata Valentino Rossi. Syarat pembalap Italia itu mendapatkannya pun cukup mudah, minimal finis keempat di Motegi.

Merujuk pada performa Rossi dalam lima seri terakhir, juga kualitas motor YZR-M1 yang terus menunjukkan grafik menanjak, finis di posisi empat seharusnya bukan hal yang sulit.

Catat saja, sejak tampil di Sachsenring pada 13 Juli, penampilan Rossi dan YZR-M1 tak terbendung. Bahkan di empat seri berikutnya, pembalap berjuluk The Doctor itu keluar sebagai juara satu.

Sementara Casey Stoner, rival terberat Rossi di musim ini malah kelimpungan dan grafik penampilannya tidak cukup stabil. Imbasnya, di papan klasemen, Stoner tertinggal 87 angka dari Rossi, di mana musim kompetisi tinggal menyisakan empat seri lagi.

Nah di sinilah skenario menguntungkan Rossi, yang membuatnya bisa bersantai jelang tampil di Motegi akhir pekan nanti. Ia hanya butuh minimal 13 poin di Jepang untuk bisa menjadi juara dunia, alias finis keempat, itupun dengan catatan tersendiri, yaitu Stoner tidak naik podium teratas.

Jika ingin lebih aman, Rossi patut memburu, setidaknya, podium ketiga. Dengan cara itu, Rossi akan mengumpulkan 303 angka, yang artinya bilapun Stoner sukses menjuarai empat seri terakhir, torehan angkanya tak akan bisa melebihi poin 300, mengingat jumlah angka miliknya saat ini adalah 200.

INFO MOTOGP 2008 : Kawasaki Berburu Sete Gibernau

Rencana come back-nya Sete Gibernau ke arena MotoGP musim depan mendapat suntikan aroma baru. Kawasaki ikut tertarik mengincar pembalap veteran asal Spanyol itu.

Sebelum Kawasaki berminat, Ducati sudah terlebih dahulu melakukan pendekatan kepada Gibernau. Tapi rider 36 tahun ini menepis keinginan Ducati dengan menolak secara diplomatis.

Menurut Gibernau, dia bertamu ke Ducati hanya untuk bertemu dengan mantan ketua kru-nya kala aktif membalap, Juan Martinez. Keduanya memang sempat saling bahu membahu mempersembahkan sembilan kemenangan Gibernau pada era 2000-an.

Kawasaki yang melihat peluang, mencoba peruntungan mereka untuk mendapatkan rider yang sempat bersaing panas dengan Valentino Rossi tersebut. Pabrikan Jepang ini tengah mencari pembalap untuk menunggangi Kawasaki ZX-RR musim depan.

Kartu As yang dimiliki Kawasaki untuk mendapatkan Gibernau adalah; Martinez yang kini dipekerjakan Kawasaki sebagai kepala kru Anthony West. Dan Martinez, masih memiliki satu tahun masa kontrak tersisa.

INFO MOTOGP 2008 : Musim Balap 2009 Hanya Satu Merk Ban, Bridgestone !

Mulai musim depan, kejuaraan dunia MotoGP akan mengadopsi regulasi pemakaian pemasok ban tunggal. Peluang Bridgestone terpilih sebagai pemasok karet hitam MotoGP, lebih kuat dibanding pesaing mereka Michelin.

Realisasi pemakaian satu merk akan dikonfirmasikan pada pertemuan Komisi Grand Prix di Jepang akhir bulan ini.

Michelin masih akan mencoba melakukan penawaran agar tetap diperkenankan menjalin kerjasama. Namun, Bridgestone menurut Motorcyclenews, diyakini memiliki kans dan dukungan lebih masif.

Pemakaian satu merk juga mendapat dukungan dari kalangan penunggang kuda besi. Di antara yang menyambut hangat wacana ini adalah kandidat terkuat juara MotoGP 2008, Valentino Rossi.

"Bila mereka memutuskan untuk memodifikasi peraturan, pertanyaan selanjutnya adalah tipe ban yang mana yang mau dipakai? Pastinya, Bridgestone dan Michelin lebih berpengalaman," terang The Doctor.

"Risiko lebih besar bisa didapat apabila mengganti pemasok baru yang tidak berpengalaman dengan motor MotoGP, seperti contoh Pirelli di Superbike. Tapi saya berharap bukan Michelin yang terpilih, karena saya tidak tahu ban mana yang akan mereka berikan pada saya," ujarnya.

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Membela Diri

Dani Pedrosa berupaya membela diri terkait keputusannya beralih ke Bridgestone. Kata Dani ke media Spanyol, "Saya tidak perlu menjelaskan semua yang saya lakukan kepada Alberto (Puig) atau orang lain."

Puig adalah manajer Pedrosa. Pedrosa juga menegaskan bahwa keputusannya tersebut sudah menjadi cerita lalu. Kini yang diinginkan rider mungil itu adalah menyelesaikan kompetisi MotoGP dengan sebaik-baiknya.

"Saya ingin merasa aman ketika tingkat gigitan ban menurun di sirkuit berbeda. Saya ingin tahu bagaimana bila ban dipakai di permukaan lintasan yang berbeda, dalam kondisi dingin maupun panas," ujar Dani dikutip Visordown.

"Masalah yang saya hadapi di Michelin berbeda-beda setiap ganti lintasan. Di Brno dan Laguna Seca saya mendapat masalah saat memasuki tikungan, di trek lain masalah mendera saat keluar," beber pembalap Repsol Honda itu.

"Problem saya adalah mencari ban paling tepat di lintasan yang tepat," keluh Pedrosa.

INFO MOTOGP 2008 : Andrea Dovizioso Berharap Raih Podium Di GP Motegi

Rider JiR Team Scot Andrea Dovizioso berharap naik podium di Sirkuit Motegi. Bukan mimpi. Toh, Twin Ring merupakan sirkuit rumah Honda, pemasok mesin JiR.

Faktor tuan rumah seringkali turut menjadi faktor penentu prestasi seseorang. Karena dukungan suporter melimpah, biasanya selalu ada motivasi ekstra bagi rider yang turun di sirkuit "sendiri".

Selain faktor non teknis yang kuat di atas, catatan bagus Dovizioso di MotoGP musim ini juga bisa dipakai sebagai pengungkit rasa percaya diri rider Italia itu. Kejutan bisa saja dihadirkan Dovizioso, mengingat dia kini merupakan pembalap terbaik kelima di kompetisi MotoGP.

"Saya rasa kami bisa menjalani balap dengan baik untuk meraih hasil bagus, seperti yang telah kami perlihatkan pada beberapa balap terakhir. Kami kompetitif dan harus terus bertahan di deretan depan bersama yang terbaik," jelas Dovizioso.

"Seperti biasa kami tidak akan pernah menyerah di lintasan ini dan hasil terbaik akan sangat berarti bagi kami karena Honda merupakan tuan rumah," jelas Dovizioso yang dijamin bakal mendapat sokongan penuh Honda.

"GP Jepang bakal menjadi insentif bagi pembalap kami, untuk menunjukkan seluruh potensi mereka kepada Honda di 'rumah sendiri'. Keduanya (Dovizioso dan rider 250cc Yuki Takahashi) bisa mendapat aspirasi naik podium," kata pengarah tim Gianluca Montiron dilansir Eurosport.

INFO MOTOGP 2008 : Ducati Penguasa Sirkuit Motegi Jepang

Di Jepang, pabrikan motor asal Italia Ducati ibarat raksasa. Terbukti, dalam tiga tahun terakhir, Ducati mampu melibas para manufaktur MotoGP tuan rumah.

Tiga gelar juara Ducati di Sirkuit Motegi seluruhnya disumbangkan oleh mantan pembalap mereka Loris Capirossi. Sejarah manis Ducati bersama Capirex dimulai pada MotoGP edisi 2005 hingga tahun lalu.

"Motegi adalah sirkuit yang penuh kenangan bagi kami. Kemenangan pertama bersama Bridgestone di tahun 2005, yang datang berbulan-bulan setelah kemenangan pertama kami di MotoGP Barcelona 2003, menjadi signifikan," kata Direktur Proyek Ducati Livio Suppo.

"Kemudian kemenangan 2006, ketika Loris berjuang memperebutkan titel juara, dan tentu saja tahun lalu," sambung Suppo dilansir Eurosport.

"Lengkapnya, Motegi adalah tempat spesial bagi kami. Meski kami hadir ke sana dalam keadaan tidak sebagus tahun lalu, toh masih ada empat balap tersisa. Kami senang salah satunya digelar di sini," pungkas dia.

Musim ini, Ducati kemungkinan besar bakal kehilangan gelar juaranya di Motegi. Pembalap Yamaha Valentino Rossi tinggal melewati garis finis di posisi ketiga untuk merebut gelar juara bertahan milik Casey Stoner.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Akhir Tahun Ikut Rally Lagi

Langganan juara MotoGP Valentino Rossi akan kembali beraksi di lintasan reli dunia (WRC). The Doctor akan turun di ajang reli untuk kali ketiga, pada gelar Reli Inggris akhir tahun ini.

Sebelumnya Rossi pernah mengikuti Reli Inggris tahun 2002 dan Selandia Baru 2006. Pembalap Fiat Yamaha ini sebenarnya ingin mengikuti sesi reli di Inggris tahun lalu, namun saat itu Yamaha tengah membutuhkan kontribusinya.

Sebagai pembuka sebelum menjajal aspal Inggris, pembalap berusia 29 tahun itu akan melakoni Reli Monza terlebih dahulu, membawa Ford Focus.

"Kami akan berada di Monza dan juga Reli Inggris. Belum tahu pasti mobil apa yang akan kami bawa (untuk Reli Inggris), bisa saja Ford-yang menurut opini saya terbukti pas dengan kami," kata ayahanda Rossi, Graziano, seperti dilansir Auto Sport.

"Tapi Rossi juga ada kemungkinan mengemudikan Subaru atau Citroen, saat ini semua opsi masih terbuka. Negosiasi sedang berlangsung jadi terlalu dini untuk memberikan pernyataan lebih jauh," tutup Graziano.

INFO MOTOGP 2008 : Rizla Suzuki Inginkan Kemenangan Di GP Motegi

Pembalap Rizla Suzuki, Loris Capirossi dan Chris Vermeulen siap bersaing di Grand Prix Jepang, akhir pekan nanti.

Tidak sekadar bermain gesit di lintasan, keduanya menyatakan siap tampil maksimal untuk perolehan terbaik timnya.

"Saya tampil baik di Motegi musim lalu. Saya melesat semakin cepat di trek itu. Semoga chassis baru kami bisa banyak membantu kami di trek ini," ujar Vermeulen seperti dilansir Auto Sport.

Vermeulen yakin tim Rizla Suzuki semakin kuat dengan sasis baru mereka. Pembalap Australia ini pun positif memimpin GP Jepang di Motegi.

"Saya yakin bisa tampil sempurna nanti. Saya ingin meningkatkan posisi saya di peringkat klasemen, apalagi saya terlempar dari lima peringkat teratas. Ini menjadi tantangan besar untuk saya," tambahnya.

Baik Vermeulen maupun Capirossi belum bisa memberikan hasil maksimal pada balapan di Indianapolis. Namun, kedua rekan setim ini tampil menawan di beberapa balapan sebelumnya.

Sependapat dengan Vermeulen, Capirossi akan berjuang mencapai hasil baik di lintasan yang pernah ditaklukkannya tiga musim lalu.

"Saya akan kembali, dan menunjukkan performa terbaik saya. Apalagi sekarang saya balapan untuk pabrikan Jepang, di kandang sendiri pula," ungkap Capirossi pasti.

"Kami ingin membayar masa-masa sulit saat berlaga di Indianapolis," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : John Hopkins Dituntut Kawasaki Hasil Maksimal GP Motegi Jepang

John Hopkins dituntut tampil sempurna dalam Grand Prix yang akan berlangsung di Motegi. Sebab, Kawasaki menolak menanggung malu di tanah airnya sendiri.

Di Motegi, pembalap Amerika ini belum bisa tampil maksimal setelah finis di posisi kelima, dua musim lalu. Meski demikian, Hopkins tak ingin sial lagi di sirkuit tersebut. Setelah absen di tiga laga balap akibat cedera pertengahan musim ini, Hopkins kini siap kembali turun lintasan.

"Motegi bukanlah sirkuit yang menyenangkan. Bahkan, di musim terbaik saya tahun lalu, saya tampil buruk di sana. Mungkin kali ini saya bisa membalik keadaan setelah rentetan ketidakberuntungan menimpa saya pasca cidera," ungkap Hopkins seperti dilansir Auto Sport.

Berbeda dengan Hopkins, Randy de Puniet berhasil mempertahankan nama baik Kawasaki di rumah sendiri ketika finis di posisi kedua musim lalu.

"Saya tak hanya menikmati trek di sini, tetapi juga atmosfir dan kegembiraan fans. Desain sirkuitnya tak kalah menarik," papar Randy de Puniet.

"Motegi adalah rumah kedua Kawasaki. Jadi, menyenangkan sekali jika kami bisa tampil baik di sana dan mengakhiri putaran terakhir musim 2008 dengan hasil yang baik," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Fakta Unik Di GP Motegi Jepang

Cuma butuh finis di posisi tiga, Valentino Rossi akan meraih gelar juara dunianya di kandang Yamaha. Tapi di Sirkuit Motegi justru Ducati yang jadi raja dalam tiga musim terakhir.

Demikianlah fakta unik yang dimiliki Ducati jelang bergulirnya MotoGP Jepang akhir pekan ini. Saat tak pernah mampu menang pada balapan kandang MotoGP Italia di Mugello, Ducati justru menunjukkan hasil gemilang di Sirkuit Motegi yang merupakan kandang Yamaha, Honda dan Kawasaki.

Bayangkan, dalam tiga musim terakhir Ducati selalu mampu berdiri podium tertinggi. Memang bukan Casey Stoner yang meraihnya karena hat-trick kemenangan tersebut diraih Loris Capirossi, namun dengan statistik tersebut bisa saja Ducati meraih hasil serupa yang berujung tertundanya pesta juara Rossi.

"Secara keseluruhan, Motegi adalah sirkuit yang spesial buat kami dan meskipun kami datang ke sana dalam kondisi yang tidak sebaik tahun lalu, masih ada empat balapan tersisa dan kami senang karena salah satunya adalah balapan di sirkuit ini," ungkap Bos Tim Ducati, Livio Suppo, seperti diberitakan Crash.

Kalau Ducati selalu jadi kampiun pada tiga balapan terakhir di Motegi maka hal berkebalikan terjadi pada Rossi. Tahun 2005 The Doctor gagal menyelesaikan balapan, posisi runner up memang berhasil diraih pada musim 2006 tapi tahun lalu dia kembali jeblok setelah menyelesaikan balapan di posisi 13.

Tidak relevan mungkin membandingkan Rossi tahun lalu dengan musim ini karena performa Yamaha sudah jauh membaik, jangan lupakan juga kalau musim lalu dia banyak terkendala dengan ban Michelin. Tapi Stoner juga punya kenangan manis di sirkuit ini musim lalu, di mana dia memastikan titel juara dunianya yang pertama.

"Saya meraih hasil yang berbeda-beda di Motegi - beberapa hasil bagus dan beberapa hasil buruk. Yang pasti, kenangan terbaik adalah tahun lalu saat saya memastikan titel juara, tapi saya selalu memandang ke masa depan dibanding terus berkaca pada masa lalu," sahut Stoner.

Berikut Fakta Juara Di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang.

MotoGP Motegi 23 September 2007 (10 Besar)
1 Loris Capirossi (Ducati)
2 Randy de Puniet (Kawasaki)
3 Toni Elias (Honda)
4 Sylvain Guintoli (Yamaha)
5 Marco Melandri (Honda)
6 Casey Stoner (Ducati)
7 Anthony West (Kawasaki)
8 Alex Barros (Ducati)
9 Nicky Hayden (Honda)
10 John Hopkins (Suzuki)

MotoGP Motegi 24 September 2006 (10 Besar)
1 L Capirossi, Ducati
2 V Rossi, Yamaha
3 M Melandri, Honda
4 S Gibernau, Ducati
5 N Hayden, Honda
6 T Elias, Honda
7 D Pedrosa, Honda
8 C Edwards, Yamaha
9 K Roberts Jnr, KR211V
10 M Tamada, Honda

MotoGP Motegi 18 September 2005 (10 Besar)
1 L Capirossi, Ducati
2 M Biaggi, Honda
3 M Tamada, Honda
4 C Checa, Ducati
5 J Hopkins, Suzuki
6 C Edwards, Yamaha
7 N Hayden, Honda
8 K Roberts, Suzuki
9 T Elias, Yamaha
10 R Xaus, Yamaha
11 F Battaini, Blata

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi + Motegi = Kenangan Buruk

Pertarungan MotoGP tinggal menyisakan empat balapan lagi. Dan tekanan lebih berat tentu diemban sang pemuncak klasemen sementara Valentino Rossi. Pasalnya, di Motegi, The Doctor mempunyai catatan kurang menyenangkan.

Saat ini Rossi memang unggul 87 poin dari pembalap Ducati Casey Stoner. Namun dengan menyisakan empat balapan (100 poin tersisa), prosentase Rossi untuk menang tentu sangatlah besar.

Rossi memang hanya membutuhkan finish keempat untuk memastikan gelar di MotoGP sekaligus menambah koleksi tujuh gelarnya. "Kami telah menjalani sebuah balapan yang fantastis dan sekarang finalnya, dengan sebuah 'match point' untuk menjadi juara dan di Motegi sekali lagi," ujar Rossi seperti dilansir Autosport.

Ya, sekali lagi. Pasalnya, selama beberapa musim terakhir Rossi memang mengalami kenangan kurang menyenangkan di Motegi. Pada tahun 2005 lalu, Rossi yang berpeluang merebut gelar MotoGP, akhirnya harus menunda pesat kemenangan di kandang Yamaha itu hingga Grand Prix Malaysia.

Tak hanya itu, memori pedih di Motegi juga terjadi tahun lalu. Di Grand Prix Jepang itu, ia juga kehilangan harapan merebut gelar MotoGP 2007 yang harus jatuh ke tangan Casey Stoner.

"Saya sungguh ingin menang di Motegi khususnya buat Yamaha yang ingin menang di kandangnya. Kemenangan akan menjadi imbalan yang pantas atas kerja keras mereka," tambah pembalap kelahiran Urbino itu.

"Bagaimanapun, kami tidak boleh terlalu tegang dan saya akan mencoba untuk membalap normal. Kami mempunyai jarak poin yang jauh namun dalam empat balapan tersisa segala hal bisa terjadi," tutup pembalap Garpu Tala itu.

INFO MOTOGP 2008 : Loris Capirossi Coba Yang Terbaik Di GP Motegi

MotoGP Jepang memiliki tempat tersendiri bagi seorang Loris Capirossi karena di gelaran tiga tahun terakhir ia menang di sana. Capirossi pun berucap, 'good to be back'.

Capirossi memang kini tak lagi memperkuat Ducati, motor yang dibawanya menang di tiga kesempatan terakhir. Pria Italia itu saat ini membela Suzuki, yang barangkali di atas kertas tidaklah sekuat Ducati.

Bergabung di sebuah tim yang relatif tidak kompetitif membuat penampilan Capirossi tidak bisa dibilang cemerlang tahun ini. Di dua seri terakhir di San Marino dan Indianapolis, Capirossi gagal memetik poin.

Tapi hal tersebut tidak mengurangi antusiasme Capirossi menatap rangkaian MotoGP Jepang yang sekali lagi bakal dipanggungkan di Sirkuit Twin Ring Motegi, akhir pekan ini.

"Saya mempunyai memori hebat di Motegi. Saya menang di sana dalam tiga balapan terakhir dan good to be back serta mencoba yang terbaik lagi. Apalagi, saya membalap untuk pabrikan Jepang di tanah mereka," sambut Capirossi seperti dikutip Auto Sport.

Dengan prestasi yang kurang mengesankan tahun ini, Capirossi, 35 tahun, dan rekan setimnya Chris Vermeulen bertekad untuk menjadikan balapan di Motegi sebagai batu pijakan untuk memperbaiki hasil di seri-seri mendatang.

"Kami mengalami balapan yang berat di Indianapolis karena sejumlah sebab. Tapi itu sudah berlalu dan kami harus melewati sisa musim ini dan Motegi adalah tempat yang baik untuk memulainya. Saya masih sanggup bertarung dengan para pembalap terbaik dan itu adalah target saya," yakin Capirossi.

Di Motegi, Capirossi dan Vermeulen akan ditemani oleh seorang pembalap lokal, Kousuke Akuyoshi, yang tampil dengan fasilitas wild card.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Dipercaya Kualitasnya

Manajer tim Fiat Yamaha Daniele Romagnoli menginginkan podium di putaran empat balapan final yang tersisa. Selain podium utama, dia yakin salah satu pembalapnya Jorge Lorenzo mampu finis di tempat ketiga final Kejuaraan Dunia MotoGP.

Sebelumnya, Lorenzo didera cedera usai kemenangan perdana di putaran ketiga MotoGP Portugal. Namun dia berhasil finis di tempat kedua dan ketiga pada dua laga terakhir. Inilah yang mengembalikan kepercayaan dirinya menghadapi Grand Prix Jepang pekan ini.

Meski sorotan terpusat pada rekan setimnya, Valentino Rossi, namun Lorenzo masih memainkan peran penting untuk mendukung Yamaha merebut gelar juara tim sekaligus konstruktor dari tangan Honda.

"Seluruh tim kembali bersemangat setelah pesta kemenangan di Indianapolis pekan lalu. Kami mendukung penuh untuk kemenangan Valentino. Dan kami akan bekerja sama untuk kemenangan tim dan konstruktor," ujar Romagnoli seperti dilansir Associated Press.

"Kami harap Jorge Lorenzo bisa memberikan kontribusi besar bagi kami, seperti dia sukses menyelesaikan semua musim dengan baik. Kami siap menghadapi laga di Jepang," tambahnya.

"Kami memang tidak bisa banyak membantu para pembalap di lintasan. Kami hanya bisa mendukung mereka dari belakang. Selain finis di posisi ketiga, kami ingin performa balap mereka jauh lebih prima. Mungkin, jika podium bertambah kami bisa merayakan satu kemenangan lagi sebelum musim berakhir," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Dan Dani Pedrosa Akan Beradu Di GP Motegi

Duel duo Spanyol akan digelar di Grand Prix Motegi, Jepang, pekan ini. Jorge Lorenzo dengan bendera Fiat Yamaha akan mencoba merebut posisi pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa.

Meski Pedrosa kini berada di posisi ketiga dengan akumulasi 193 poin, namun Lorenzo lebih unggul 42-22 (20 poin-red) dari pembalap Repsol Honda tersebut sepanjang seri terakhir.

Bagaimanapun, rekan setim Valentino Rossi ini hanya sekali mencicipi podium saat finish pada posisi ketiga kelas 250 cc di Motegi, 2006 silam.

"Motegi adalah sirkuit pertama sepanjang tur Pacific kami. Saya harap kami mencicipi kesuksesan di sana nanti. Setelah podium di Misano dan Indianapolis, saya ingin memberikan hasil yang serupa nanti. Balapan ini sangat penting untuk menjaga citra kami," ungkap Lorenzo seperti dilansir Auto Sport.

"Saya yakin dengan kualitas ban Michelin, meski saya belum pernah menang di Motegi. Namun, saya pernah mencapai lap tercepat saya di sana 2003 lalu. Saya tak sabar menyambut balapan itu," tegasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Berusaha Tanpa Beban Hadapi Gelar Juara

Valentino Rossi berpeluang menjadi jawara dalam Kejuaraan Dunia Moto GP 2008 di Motegi, pekan ini.

Pembalap 29 tahun itu akhirnya bisa melangkah ke Grand Prix Jepang usai memenangi empat balapan terakhir. Rossi pun memimpin klasemen dengan perolehan 87 poin atas mantan juara dunia Casey Stoner.

"Kami telah melalui balapan yang fantastis. Sekarang, mengandalkan 'match poin', kami sekali lagi akan membuktikan diri di Motegi," ujar Rossi seperti dilansir Associated Press.

"Saya mengalami situasi yang sama 2005 lalu. Tapi saya malah bertabrakan dan harus menunggu balapan di Malaysia untuk meraih gelar juara itu. Sayang, tahun lalu kami terpaksa kehilangan gelar tersebut di Jepang," sesalnya.

Motegi menjadi tahap pertama yang harus dilalui Rossi untuk mengamankan gelar juara kelas premier keenamnya kali ini. Jika menang pada musim ini, maka akan menjadi kemenangan pertama sejak 2005 silam.

Tentu saja, jika ditanya seberapa besar keinginannya menang di Jepang, jawaban Rossi pastilah sangat ingin, mengingat "Negeri Sakura" adalah markas timnya, Yamaha.

"Saya ingin sekali menang di Montegi. Apalagi ini menjadi balapan terpenting bagi Yamaha. Luar biasa jika bisa mempersembahkan mahkota kemenangan untuk mereka. Bagaimanapun, saya tidak akan memaksakan diri. Saya akan berusaha semaksimal mungkin tanpa merasa terbebani kemenangan," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : James Toseland Ingin Kembalikan Performa

Pembalap Yamaha Tech 3 James Toseland bertekad mengembalikan performanya di sisa tiga seri MotoGP musim ini. Untuk itu, pembalap asal Inggris itu mengincar hasil apik di sisa tiga seri balap.

Sejak awal musim, Toseland memang gagal menampilkan performa yang konsisten. Bukti terakhir, Jawara Superbike itu hanya mampu finish ke-18 di seri Indianapolis. Padahal, pada seri sebelumnya di Misano, Toseland mampu finish di posisi enam.

Sejauh ini, Toseland menyatakan jika dirinya masih sulit beradaptasi dengan Yamaha Tech 3 tunggangannya. Namun ia tetap yakin jika dirinya mampu memberikan yang terbaik di sisa seri.

Untuk itu, pembalap 27 tahun itu membidik hasil bagus di seri Jepang, Australia, Malaysia dan terakhir di Spanyol. Menanggapi race terdepan di Motegi-Jepang, Toseland berharap agar kondisi cuaca berjalan dengan baik.

"Di seri Motegi, saya berharap cuaca konsisten. Sebab, saya hampir selalu kesulitan mengendalikan motor jika cuaca tidak konsisten, apalagi hujan, harap Toseland seperti dikutip AP.

"Di seri berikutnya di Philip Island, Malaysia dan terakhir Valencia, saya yakin mampu berbicara banyak. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, saya mampu meraih hasil bagus di sirkuit tersebut," tandasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Ingin Berikan Yang Terbaik Untuk Repsol Honda Di GP Motegi

Nicky Hayden memiliki ambisi tersendiri pada saat menjalani balapan MotoGP Jepang di Motegi. Hayden ingin mempersembahkan yang terbaik buat Honda. Bisakah?

Ya, bagi Hayden, balapan di Motego pekan mendatang, merupakan yang terakhir bersama tim Repsol Honda. Sebab, The Kentucky Kid sudah memastikan diri hengkang ke Ducati musim depan.

Untuk itu, mantan pemenang AMA Superbike ini berharap bisa memberikan yang terbaik buat tim pabrikan Jepang itu.

"Balapan di Indianapolis memberikan kami sedikit semangat. Untuk itu, kami berharap bisa mempertahankan peforma itu di Motegi," kata Hayden seperti dilansir Crash.

"Saya sudah tidak sabar ingin balapan di Motegi. Sebab, saya ingin menyelesaikan musim ini dengan sempurna. Saya memiliki hutang kepada Honda. Jadi, akan sangat senang bisa naik podium lagi," lanjut pembalap asal Amerika Serikat (AS) itu.

"Ini akan menjadi balapan terakhir saya buat Honda di Motegi. Jadi, saya akan sangat senang bisa mempersembahkan yang terbaik, untuk para pekerja Honda yang sudah bekerja sama dengan saya," pungkas jawara dunia MotoGP 2006 itu.

INFO MOTOGP 2008 : Rizla Suzuki Pasang 3 Pembalap Di Seri 15 GP Motegi Jepang

Rizla Suzuki akan kembali turun dengan tiga pembalap di Grand Pix MotoGP Jepang, 28 September mendatang. Mereka akan menurunkan pembalap tuan rumah Kousuke Akiyoshi saat beraksi dikandangnya, Sirkuit Motegi.

Adalah kesuksesan Ben Spies di balapan Indianapolis, 14 September lalu, membuat Suzuki kembali turun dengan tiga pembalap di seri ke-15 nanti. Bern Spies yang merupakan pembalap tuan rumah itu mampu memacu GSV-R dan finish di urutan keenam di Indianapolis.

Dan di Montegi posisi Spies akan digantikan Akiyoshi. Pembalap 33 tahun itu juga pernah tampil bersama Suzuki di Montegi pada tahun 2006 dan 2007.

Akiyoshi juga sempat berlaga di Sirkuit Jerez pada tahun 2007 lalu. Catatan terbaik Akiyoshi terjadi di Grand Prix MotoGP Jepang pada 2006 lalu. Saat itu, Akiyoshi hanya mampu finish di urutan ke-13.

INFO MOTOGP 2008 : Marco Melandri Percaya Nicky Hayden Tepat Buat Casey Stoner

Marco Melandri percaya, Nicky Hayden yang menggantikan posisinya sebagai pembalap Ducati mulai tahun depan, bakal menjadi tandem sekaligus "rival" yang tepat bagi Casey Stoner.


Mulai musim baru nanti, posisi Melandri sebagai pembalap Ducati akan digantikan Hayden. Menurut pembalap asal Italia ini, Hayden akan sukses menemani Stoner karena gaya membalap Hayden yang pas dengan karakter motor GP8 Ducati.

"Saya rasa dia akan baik-baik saja. Dia cukup agresif dan saya kira dia bisa tampil cepat di atas motor ini, karena gaya membalapnya sesuai kebutuhan," ungkap Melandri dikutip Motorcyclenews.

"Tapi sebelum saya menyaksikannya langsung, sulit untuk menjelaskan lebih jauh. Dulu saya kira saya akan melesat kencang dengan motor ini tapi perilaku motor sama sekali berbeda dengan harapan," lanjutnya.

Namun Melandri miliki saran buat Hayden. "Nicky perlu berpikiran terbuka dan saya yakin dia memilikinya," saran mantan juara 250 cc itu.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Tunggu Peforma Dani Pedrosa

Meski sudah memakai ban Bridgestone, namun Dani Pedrosa belum menemukan peforma terbaik. Rivalnya Valentino Rossi, menyarankan Pedrosa untuk segera menampilkan balapan terbaiknya.

Rossi kecewa dengan performa Pedrosa. Sebab, pembalap Repsol Honda itu belum mampu menunjukkan peningkatan aksi signifikan. Padahal Pedrosa sudah beralih ban ke Bridgestone.

Pada balapan yang berlangsung dengan kondisi hujan di Indianapolis pekan lalu, pembalap asal Spanyol itu hanya mampu finish di posisi kedelapan. Namun, Rossi percaya peforma Pedrosa akan meningkat.

"Saya juga butuh waktu untuk memperbaiki stelan motor kami dengan Bridgestone. Sebab, kami harus banyak melakukan perubahan. Tapi Pedrosa sudah cukup cepat pada tes di Misano. Kami harus menunggu," kata Rossi.

"Sebenarnya, saya cukup khawatir Pedrosa menggunakan ban Bridgestone. Dia mengalami tekanan yang sangat berat," lanjut pembalap Fiat Yamaha itu seperti dilansir Motorcyclenews.

"Tapi bagi saya, dia memiliki potensi yang cukup baik. Jadi, saya rasa dia akan tampil bagus pada sisa musim ini," pungkas pembalap 29 tahun itu.

INFO MOTOGP 2008 : John Hopkins Aman Di Kawasaki

Nasib beruntung dialami pembalap MotoGP John Hopkins. Meski ketahuan absen saat free practice di Misano bulan lalu, namun manajemen Kawasaki tetap memastikan kalau posisi Hopkins masih aman dari pemecatan.

Hopkins sempat dikabarkan absen pada sesi free practice karena mabuk-mabukkan, setelah pembalap asal Amerika Serikat (AS) itu resmi bercerai dengan istrinya Ashleigh.

Bahkan, akibat kasus itu dewan tinggi Kawasaki, sempat menyatakan akan memutus kontrak Hopkins. Meskipun, tim pabrikan asal Jepang itu akan membayar kompensasi Hopkins.

Apalagi, Kawasaki telah resmi mendatangkan pembalap Ducati Marco Melandri pada musim depan. Namun, manajer Hopkins, Bob Moore memastikan, kalau masalah antara pembalapnya dengan Kawsaki telah selesai.

"John tetap akan membela Kawsaki pada MotoGP tahun depan. Kami sudah menyelesaikan semua masalah yang ada," tegas Moore sebagaimana dikutip Eurosport,

INFO MOTOGP 2008 : Max Biaggi Bantah Kembali Ke MotoGP

Max Biaggi dikabarkan akan kembali ke kencah MotoGp. Namun, Biaggi dengan tegas membantah rumor yang tengah ramai beredar itu.


Sebelumnya, mantan pembalap Repsol Honda itu santer dikabarkan akan kembali ke MotoGP sebagai pembalap ketiga Kawasaki untuk Jorge Martinez 'Aspar'.

Biaggi sendiri mundur dari balapan MotoGP, seusai musim 2005 lalu. Diusianya yang mulai menua, tiga kali runner-up MotoGP itu lebih memilih serunya balapan di World Superbike Championship.

Meskipun gagal meraih gelar juara di nomor bergengsi, namun nama Biaggi memang sangat tenar di dunia balap motor MotoGP. Hal itu pula yang membuat namanya selalu dikaitkan dengan proyek MotoGP Kawasaki.

Terlebih saat Aspar berencana ikut meramaikan balapan MotoGP pada musim 2009 nanti. Dan The Roman digadang-gadang sebagai salah satu pembalap tim anyar Kawasaki itu.

"Pagi ini saya membaca sesuatu yang harus saya bantah, rumor yang mengatakan saya akan kembali ke MotoGP," tulis Max dalam website resmi Kawasaki, seperti dilansir AP.

"Secara personal saya tidak pernah melakukan kontak dengan tim atau manajer tim manapun, termasuk tuan Martinez. Saya akan tetap fokus di sisa tiga balapan Championship," ujar Biaggi.

Di balapan WSBK musim lalu, pembalap berusia 37 tahun itu hanya mampu menduduki peringkat ketiga klasemen untuk tim Alstare Suzuki.

Karir The Roman di MotoGP terjadi antara tahun 1991 hingga 2005. Selama aksinya di MotoGP, Biaggi telah mencatat 42 kemenangan.

Namun karir Biaggi memang tidak mudah. Terlebih saat Valentino Rossi menjelma menjadi pembalap tangguh. Persaingan keduanya pun terus menghiasi balapan MotoGP di awal tahun 2000-an.