.
KLASEMEN (sementara) PEMBALAP MOTOGP 2009 Hingga Seri 10/17 : 1 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team 187 |2 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team 162 |3 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team 150 |4 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team 115 |5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 103 |6 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team 94 |7 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team 79 |8 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP 74 |9 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP 67 |10 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP 66 |11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini 60 |12 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 55 |13 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team 47 |14 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini 47 |15 Mika KALLIO FIN Pramac Racing 34 |16 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing 28 |17 Sete GIBERNAU SPA Grupo Francisco Hernando 12 |18 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP 9 |19 Gabor TALMACSI HUN Scot Racing Team MotoGP 5

TERBARU

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Ingin Sapu Juara Semua Seri Yang Tersisa

Seri MotoGP tinggal menyisakan enam balapan lagi. Valentino Rossi pun bertekad untuk menyapu bersih semua balapan tersebut dengan menjadi nomor satu.

Sejauh ini The Doctor sudah lima kali meraih puncak podium. Rossi meraihnya pada seri di Cina, Prancis, Italia, dan dua terakhir adalah pada dua balapan terakhir Amerika Serikat dan Republik Ceko.

Akibat penampilan impresifnya itu, ia kini unggul 50 dari saingan terdekatnya yang juga merupakan juara bertahan, Casey Stoner. Pembalap Australia itu sendiri pernah mengatakan bahwa mempertahankan gelarjuara adalah sesuatu yang hampir mustahil baginya saat ini.

Kembali ke Rossi, meski kini ia sudah unggul jauh, ia tak mau bersantai-santai. Baginya, tak ada gunanya balapan jika hanya untuk mencapai posisi nomor dua. Ia beralasan bahwa balapan masih panjang dan finis di posisi dua bisa saja membuat posisinya di klasemen terancam.

"Saya memiliki keunggulan yang besar, tetapi masih terlalu awal untuk membuat keputusan seperti itu, membalap hanya untuk urutan kedua," ujarnya seperti dilansir Auto Sport.

"Pertama adalah karena finis di posisi kedua adalah ketidakberuntungan. Dan kedua masih ada enam seri lagi dan bukannya dua. Kami akan berusaha tampil seperti di balapan terakhir dan mencoba mengalahkan Casey," tukasnya.

"Jalan menuju akhir masih panjang. Dan saya pikir dalam balapan kali ini (seri San Marino, red) akan ada beberapa pembalap yang mampu mendekati saya ataupun Casey."

INFO MOTOGP 2008 : Jelang Seri 13 GP San Marino, Casey Stoner Masih Kuasai Sesi Latihan Bebas II

Casey_Stoner_Latihan_BebasII_GPSanMarinoKeinginan Casey Stoner menjuarai MotoGP San Marino rupanya bukan isapan jempol. Setelah merajai di Free Practice I, pembalap Ducati itu kembali menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas II, Jumat (29/8/2008). Valentino Rossi juga mampu memperbaiki catatan waktunya.

Casey Stoner dengan Ducati mencatat waktu 1:35,422 detik sekaligus memperbaiki catatan waktunya di sesi latihan bebas I. Namun kemajuan pesat diperoleh Valentino Rossi. Jika di sesi latihan bebas I Rossi hanya mampu menjadi yang tercepat ke lima, di sesi latihan bebas II kali ini The Doctor mampu menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 1:35.224 detik.

Di belakang Rossi ada pembalap Rizla Suzuki Loris Capirossi dengan membukan waktu 1:35,337 detik. Di posisi keempat ditempati Randy de Puniet menjadi wakil Honda yang mengisi posisi lima besar, satu strip lebih baik dari Chris Vermeulen.

Selanjutnya pembalap yang mampu masuk 10 besar yakni Jorge Lorenzo, Alex de Angelis, Colin Edwards, Shinya Nakano, dan James Toseland. Hasil buruk ditoreh duo Repsol Honda. Nicky Hayden mencatat waktu lebih baik dibanding partnernya Dani Pedrosa yang menempati posisi 12.

Hasil Sesi Latihan Bebas II, Jumat (29/8/2008):
1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1:34.806 secs
2. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1:35.224 secs
3. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1:35.377 secs
4. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1:35.620 secs
5. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1:35.743 secs
6. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1:35.766 secs
7. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1:35.861 secs
8. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1:35.913 secs
9. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1:36.100 secs
10. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1:36.105 secs
11. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1:36.189 secs
12. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (M) 1:36.219 secs
13. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1:36.356 secs
14. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1:36.425 secs
15. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1:36.619 secs
16. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1:37.096 secs
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1:38.239 secs

INFO MOTOGP 2008 : Jelang Seri 13 GP San Marino, Casey Stoner Bukannya Tidak Bermasalah

Casey_Stoner_Latihan_GPSanMarinoAwal indah Casey Stoner di hari pertama free practice MotoGP San Marino, Jumat (29/8/2008) kemarin rupanya bukan tanpa masalah. Pembalap Ducati itu dikabarkan menderita cedera pada pergelangan tangannya di sesi latihan itu.

Kapasitas Stoner sebagai juara bertahan MotoGP ternyata mampu dibuktikan setelah di sesi latihan hari pertama itu, dia mampu menjadi yang tercepat di dua sesi yang digelar. Namun rupanya penampilan gemilang Stoner itu disertai dengan kambuhnya cedera lama Stoner.

"Sungguh terasa sangat ganjil cedera ini karena saya tidak mengalami tabrakan," ujar Stoner seperti yang dilansir Auto Sport.

Namun Stoner sendiri mengaku sangat bersyukur cedera itu tidak harus membuatnya absen di MotoGP San Marino, Minggu (31/8/2008) nanti.

"Saya hanya perlu memakai kembali pelindung sebelum saya keluar di balapan pagi ini dan saya terkadang memang merasa sakit," tambah pembalap Australia itu.

"Saya memang pernah mengalami retak pada tulang scaphoid, yang saya peroleh pada tahun 2003 lalu. Saya hanya pergi ke dokter," tambahnya.

Saat disinggung mengenai babak kualifikasi nanti, pemabalap 22 tahun itu mengaku sangat yakin akan meraih pole position.

INFO MOTOGP 2008 : Jelang Seri 13 GP San Marino, Casey Stoner Nyaris Mustahil Pertahankan Gelar

Casey_Stoner_Latihan_Bebas_GPSanMarinoDengan enam seri tersisa, ketertinggalan 50 poin Casey Stoner secara matematis masih bisa dikejar. Tapi karena yang diburu adalah Valentino Rossi, sang juara dunia dari tim Ducati itu pun mulai pasrah dengan titelnya.

"Saya pikir mengejar ketertinggalan poin dengan kondisi seperti ini mungkin saja dilakukan dengan pembalap lain, tapi dengan Valentino (Rossi) itu nyaris tak mungkin," ungkap Stoner jelang sesi latihan bebas I GP San Marino seperti diberitakan Auto Sport.

Adalah nasib sial di dua balapan terakhir yang membuat Stoner kini terpaut cukup jauh dari Rossi. Di MotoGP AS dia terjatuh saat memimpin balapan, meski akhirnya bisa melanjutkan balapan dan finish di posisi kedua. Sementara dua pekan lalu di Brno dia malah gagal dapat poin karena kembali terjatuh.

"Kami masih memiliki enam balapan tersisa dan (kondisi) ini yang harus kami hadapi sekarang. Beberapa balapan terakhir berkesudahan dengan mengecewakan, terutama yang terakhir. Itu memberi Valentino jarak yang lebar dan cuma masalah waktu sebelum kami merasakan kekecewaan."

"Yang bisa kami lakukan adalah memberikan yang terbaik di balapan-balapan terakhir. Tak ada lagi yang bisa kami lakukan selain itu," pungkas pemuda Australia itu.

Stoner sendiri mengawali perjuangannya mengejar Rossi di di GP San Marino dengan hasil positif, di sesi latihan bebas I dia mampu menjadi yang tercepat sementara The Doctor duduk di urutan lima.

INFO MOTOGP 2008 : Jelang Seri 13 GP San Marino, Valentino Rossi Tidak Mau Finish Kedua

Valentino_Rossi_Latihan_Bebas_GPSanMarinoAroma persaingan antara Valentino Rossi dan Casey Stoner di MotoGP San Marino telah tercium sejak digelarnya free practice I (sesi latihan bebas I), Jumat (29/8/2008) kemarin. Psywar di Misano keluar dari The Doctor yang mengaku enggan menjadi yang kedua dengan alasan apapun.

Rupanya kepercayaan diri Rossi telah kembali. Meski di sesi latihan bebas I, pembalap kelahiran Urbino ini gagal menjadi yang tercepat namun ia tetap yakin akan menjuarai balapan di San Marino itu.

Finish pertama tetap menjadi harga mati bagi pembalap Fiat Yamaha itu meskipun saat ini dirinya unggul 50 dari Stoner. Meski saat ini Stoner bukan terancaman terdekat di klasemen pembalap, namun Rossi rupanya sadar jika musuh sejatinya adalah pembalap Ducati itu.

Normalnya, posisi Rossi sangat sulit dikejar oleh Stoner meskipun hingga usai balapan musim ini. Dan Rossi menjadi pembalap paling berpeluang tampil sebagai juara dunia sekaligus melengkapi tujuh gelar yang direngkuhnya. Namun Rossi bukan tipe pembalap yang rela menjadi nomor ke sekian.

"Saya memang dalam keadaan lebih diuntungkan namun bagi saya itu terlalu dini memutuskan dibalapan nanti finish kedua," ujar Rossi seperti dilansir AP.

"Pertama karena membalap untuk tempat kedua akan selalu tidak menguntungkan dan kedua karena balapan masih menyisakan enam balapan, bukan hanya dua," tambahnya.

"Kami akan tetap kerja keras hingga balapan terakhir dan mencoba mengalahkan Casey," tutupnya.

Saat disinggung mengenai hasil sesi latihan bebas I, Rossi mengaku dirinya siap membalas di sesi latihan hari kedua nanti.

INFO MOTOGP 2008 : Jelang Seri 13 GP San Marino, Casey Stoner Tercepat Sesi Latihan Bebas I

Casey_Stoner_Latihan_BebasI_GPSanMarinoCasey Stoner mencatat waktu terbaik dalam sesi pertama latihan bebas MotoGP San Marino. Rival berat pembalap Ducati itu, Valentino Rossi, hanya mencatat waktu terbalik kelima.

Stoner nyaris selalu menguasai waktu tercepat dalam sesi tersebut. Dalam laju terakhirnya, dia bahkan mempertajam catatan waktu jadi satu menit 35,422 detik.

Sementara itu catatan waktu pembalap Yamaha Tech 3 Colin Edward yang ada di tempat kedua hanya tipis berselisih dari Stoner. Edwards menguntit dengan waktu satu menit 35,424 detik.

Alex de Angelis yang kelahiran San Marino 24 tahun silam juga tampil cukup apik di depan pendukungnya. Pembalap Honda Gresini itu mengukir waktu ketiga terbaik dalam sesi ini.

Di belakang de Angelis secara berturut-turut ada dua pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo dan Rossi, untuk menggenapkan lima pembalap dengan waktu tercepat di Misano.

Sedangkan pembalap Kawasaki John Hopkins tidak mengikuti sesi ini dan memillih beristirahat untuk bisa pulih 100 persen dari cedera.

Hasil Sesi Latihan Bebas I MotoGP San Marino:

1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 1min 35.422 secs
2. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 1min 35.424 secs
3. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 1min 36.145 secs
4. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 1min 36.375 secs
5. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 1min 36.464 secs
6. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 1min 36.518 secs
7. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 1min 36.602 secs
8. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 36.608 secs
9. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha (M) 1min 36.740 secs
10. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 1min 36.883 secs
11. Toni Elias SPA Alice Team (B) 1min 37.099 secs
12. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 1min 37.196 secs
13. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 1min 37.355 secs
14. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (M) 1min 37.380 secs
15. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 1min 37.534 secs
16. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 1min 37.669 secs
17. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 1min 37.929 secs

INFO MOTOGP 2008 : Loris Capirossi Pastikan Tetap Di Suzuki

loris_Capirossi_persiapan_ke277Loris Capirossi nampaknya akan menandatangani kontrak terbaru bersama Rizla Suzuki untuk musim 2009.

Meski mencuatnya kabar Capirossi masih melakukan penawaran ketat dengan The Rizla, manajer tim Suzuki Paul Denning memastikan Capirossi akan tinggal.

"Untuk mencegah perpecahan, Suzuki dan Loris harus tetap bersama tahun depan. Hal ini menjadi perhatian semua orang. Tapi, kami belum bisa memberikan pengumuman resmi sebelum keputusan final. Transaksi masih diurus kedua belah pihak," jelas Denning.

Capirossi yang sedang menyiapkan debut ke-277nya di Misano telah berupaya membantu Suzuki menapak posisi gemilang di beberapa balapan terakhir. Meski pembalap berpengalaman itu harus puas berada di tempat ketiga saat GP Brno.

Kini, perhatian tertuju pada siapa yang akan berpasangan dengan Capirossi. Denning menyebut nama Chris Vermeulen, terkait dengan kemampuan pembalap Australia itu meningkat pesat.

loris_Capirossi_Cake_277"Kami juga masih berbicara dengan Chris untuk menentukan kesepakatan. Selanjutnya, kami akan bicara dengan manajemennya pekan ini. Kami bangga terhadap Chris dan senang terus bersamanya. Kami sedang mengusahakannya," lanjutnya seperti dilansir Crash.

Rumor menyebutkan Denning sedang mencari peluang untuk memasangkan tiga pembalap. Kemungkinan besar hal itu bisa jatuh pada Ben Spies. Namun, saat ini Suzuki masih ingin berkonsentrasi di formasi dua pembalap saja.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Bersumpah Menang Di Seri 13 GP San Marino

Casey_Stoner_ActionCasey Stoner berupaya mempertahankan gelar juara dunianya musim ini. Dia bersumpah akan terus berjuang mengungguli lawan utamanya Valentino Rossi di Grand Prix San Marino, Misano, pekan ini.


"Kita akan lihat apa yang terjadi nanti. Kejuaraan ini tidaklah mudah, tapi kami akan bertarung sampai selesai," jelas Stoner seperti dilansir Eurosport.

"Kami mendapat hasil bagus di Misano tahun lalu. Kondisi kami pun kini cukup baik. Artinya, kami yakin pantas mendapat hasil yang memuaskan lagi di sini," lanjutnya.

Sebelumnya, Stoner telah berjuang keras melewati Rossi sebelum putaran terakhir GP Brno. Namun, Stoner malah mengalami kecelakaan. Otomatis kemenangan berada di pihak Rossi.

valentino_rossi_photoSementara Rossi kini kembali dengan semangat tinggi. Tahun lalu, dirinya mengalami masalah mekanik yang memaksanya keluar lintasan.

"Saya sangat senang bisa bertanding di Misano dengan kondisi bagus. Terlebih karena saya memimpin klasemen ini," papar Rossi.

"Kami sangat kecewa tahun lalu. Kami malu kepada fans akibat perolehan poin yang terbilang sedikit, musim itu. Kali ini kondisinya berbeda. Kami telah melalui dua balapan fantastis. Kami sangat percaya diri," tambahnya.


INFO MOTOGP 2008 : Alex de Angelis Ingin Hibur Publik Di Seri 13 GP San Marino

alex_de_angelis_photoGP San Marino adalah rumah bagi Alex de Angelis dan tim San Carlo Honda Gresini. Sebagai tuan rumah, wajar apabila Angelis bertekad memberikan hiburan bagi publik Misano.

Caranya adalah, dengan menyuguhkan penampilan dan hasil terbaik. Perlu bagi Angelis, karena dia adalah anak asli kelahiran San Marino.

Satu-satunya di ajang MotoGP. Kemenangan diperlukan Angelis untuk bisa menghibur publik Italia, khususnya San Marino.

"Sebenarnya Misano bukan salah satu lintasan favorit saya. Tapi saya tak sabar untuk berlaga di depan fans saya. Pastinya saya akan memberikan 1000 persen kemampuan saya," janji Angelis dilansir Eurosport.

Selain kemampuan tunggangan RC212V yang kian mumpuni, kehadiran para pendukung Italia diyakini Angelis sebagai pemicu bagi dirinya untuk berbuat sebaik mungkin.

"Klub penggemar saya akan memenuhi tribun. Mereka akan menghiasi tribun dengan warna bendera San Marino dan memberikan saya motivasi ekstra hingga batas akhir," ungkap Angelis

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Akan Tebus Kegagalannya Tahun Lalu Di Seri 13 GP San Marino

Valentino_Rossi_Dan_YamahaGP San Marino musim lalu adalah mimpi buruk Valentino Rossi. The Doctor gagal finis lantaran mesin motornya rusak. Kini, Rossi ingin coba tebus kegagalan tahun lalu dengan menaiki podium di Misano akhir pekan ini.

Misano ibarat rumah kedua bagi Rossi. Jaraknya hanya 15 km dari tempat dia menghabiskan masa kecil di Tavullia. Jadi, kemenangan di sana sangat penting artinya bagi pembalap 29 tahun itu dan para fans Italia.

"Saya tak sabar ingin berlaga di Misano, dalam keadaan lancar dan tengah memimpin kejuaraan seperti sekarang. Balap tahun lalu sangat mengecewakan kami. Poin kami kecil dan parahnya harus menerima kekalahan di muka para pendukung kami," sesal Rossi dilansir Eurosport.

"Tapi kali ini keadaan berbeda. Kami memperoleh hasil fantastis di dua balap terakhir dan tengah dinaungi rasa percaya diri tinggi. Kami akan membayar kegagalan 2007," janji Rossi.

Hal senada juga diucapkan manajer Fiat Yamaha Davide Brivio. Katanya: "Target Valentino tidak pernah berubah sejak awal musim. Prioritas utama adalah menaiki podium, yang saat ini gaungnya terlihat lebih krusial pada tahapan ini."

"Apabila memungkinkan, maka kami ingin kemenangan," tutup Brivio

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Buru Rekor Di Seri 13 GP San Marino

Valentino_Rossi_Fiat_YamahaValentino Rossi akan memburu kemenangan ketiga beruntun seraya memuaskan pendukungnya di Misano. Bukan itu saja, dia juga membidik rekor Giacomo Agostini.

Sampai dengan saat ini, Rossi sudah 67 kali jadi juara seri sebuah kelas utama (500cc dan MotoGP). Total 13 kemenangan diraih di kelas 500cc dan 54 kali juara ketika tampil di MotoGP.

Jumlah Italiano yang membalap untuk Fiat Yamaha tersebut hanya terpaut satu dengan torehan pembalap legendaris yang juga berasal dari Italia, Giacomo Agostini. Dia telah 68 kali meraih kemenangan di kelas utama.

Artinya, Rossi akan menyamai torehan Agostini --yang juga pernah membela Yamaha pada periode 1974-1977-- jika mampu jadi pembalap pertama yang melintasi garis finis di Misano akhir pekan ini.

Performa "The Doctor" sendiri sedang menanjak usai meraja di dua seri terakhir, Laguna Seca dan Brno. Kemenangan di Misano --yang letaknya tidak jauh dari kampung halaman Rossi-- tak pelak juga bakal kian mendekatkan dirinya ke tahta juara dunia.

INFO MOTOGP 2008 : Chris Vermeulen Optimis Ulang Sukses Tahun Lalu Di Seri 13 GP San Marino

chris_vermeulen_suzukiMusim lalu Chris Vermeulen mampu meraih podium nomor dua pada MotoGP San Marino. Vermeulen optimistis bisa mengulang prestasi tersebut pada balapan yang akan berlangsung di Misano itu.

Tahun lalu Vermeulen memang memiliki kenangan cukup indah. Pembalap Rizla Suzuki itu mampu finis di urutan kedua pada balapan itu.

"Saya sangat menyukai sirkuit Misano. Saya tahu dapat melakukan balapan dengan baik disana. Saya pernah menunjukkan hal itu pada tahun lalu dengan finis di peringkat kedua," ujar Vermeulen seperti dilansir Crash.

Vermeulen gagal tampil maksimal di MotoGP Ceska. Dia hanya mampu finis di urutan keenam pada balapan itu. Vermeulen berharap hal itu tidak terjadi lagi di Misano, mengingat Rizla Suzuki sudah mengubah beberapa kompenen motor Suzuki GSV-R.

"Kami sudah menemukan beberapa masalah yang terjadi pada motor kami di Brno. Kami menemukannya saat balapan dan tes selama beberapa pekan. Kami cukup puas dengan hasil tes itu. Namun kami harus membuktikannya di balapan," lanjutnya.

Kini, Vermeulen tengah berusaha memperbaiki posisinya di klasemen MotoGP. Mininal, pembalap asal Australia itu ingin menduduki lima besar.

"Saya harus terus berusaha untuk memetik kemenangan. Pasalnya, kru di Suzuki sudah melakukan yang terbaik untuk memastikan agar saya bisa menantang para pembalap unggulan setiap pekan," tandas pembalap 26 tahun itu.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Didukung Sepenuhnya Ducati

casey_stoner_photo(3)Pada seri balapan sebelumnya, Casey Stoner memang gagal finis di MotoGP Republik Ceska. Meski begitu Ducati dipercaya masih memberikan dukungan penuh kepada Stoner.

Akibat kekagagalan di Brno, maka Stoner kini harus tercecer 50 poin dari pemuncak klasemen Valentino Rossi. Rossi sudah mengumpulkan 237 poin, sedangkan Stoner baru mengoleksi 187 poin. Meski begitu, Direktur Proyek Ducati Livio Suppo tetap memberikan dukungan kepada pembalap utamanya itu.

"Sebenarnya, selama kurang lebih lima ronde berlangsung, Casey telah memperlihatkan kecepatan yang luar biasa di sirkuit yang berbeda," ungkap Suppo.

Terbukti, Stoner langsung melakukan uji coba setelah kegagalan di MotoGP Ceska kemarin. Hasilnya, pembalap 22 tahun itu langsung menjadi yang tercepat di Brno.

Praktis, hal ini membuat Suppo yakin sang juara bertahan bisa bangkit dari keterpurukan dan tampil maksimal pada MotoGP San Marino pekan mendatang.

"Meski Casey gagal mendapatkan poin di Brno, namun dia menampilkan peforma yang luar biasa. Kami juga yakin dia akan tampil baik di Misano nanti," tegas pria asal Italia itu seperti dilansir Crash

INFO MOTOGP 2008 : Jorge Lorenzo Inginkan Maksimal Di Seri 13 GP San Marino

jorge_lorenzo_photoJorge Lorenzo telah fit 100 persen dari cedera yang dialaminya. Pembalap debutan MotoGP 2008 berharap bisa menemukan kembali peforma terbaik di musim perdananya ini.

Lorenzo mengalami kecelakaan fatal pada laga perdananya di China. Ketika itu, kedua pergelangan kaki pembalap yang lahir di Mallorca tersebut mengalami cedera parah. Kesialan pun berlanjut di Le Mans dan Mugello.

Kini kondisi kesehatan Lorenzo semakin membaik Untuk itu, pembalao Fiat Yamaha tersebut berharap bisa tampil maksimal pada laganya di hadapan pendukungnya pada MotoGP San Marino pekan ini.

"Setelah kegagalan di Brno, saya menatap Misano dengan kepercayaan diri yang tinggi. Saya berharap balapan berlangsung lebih baik dan kami dapat mencetak poin serta meraih hasil yang positif di Misano," ujar Lorenzo.

"Misano adalah lintasan yang kecil buat MotoGP, tapi balapan di sana sangat aman. Tahun lalu, saya sempat menang disana ketika masih berada dikelas 250cc," lanjut pembalap asal Spanyol itu seperti dilansir Crash.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Akan Permalukan Valentino Rossi Di Seri 13 GP San Marino

casey_stoner_photo(2)Casey Stoner tertinggal cukup jauh dari pemuncak klasemen MotoGP Valentino Rossi. Namun, pembalap Ducati itu menegaskan belum mau menyerah begitu saja.�

Saat ini balapan memang tersisa enam lagi. Stoner sang juara bertahan tercecer 50 poin dari pemuncak klasemen Rossi.

Meski Stoner gagal finis pada GP Ceska di Brno lalu, namun Stoner tetap optimistis bisa mempermalukan Rossi yang akan berlaga di kampung halamannya pada GP San Marino pekan ini.

"Kami memiliki hasil bagus di Misano tahun lalu. Saya yakin mengingat kondisi setelan motor dan ban dalam kondisi baik. Jadi, wajar saja kami memiliki kepercayaan seperti ini," tegas pembalap asal Australia itu seperti dilansir Crash.

"Setelah kegagalan pada balapan sebelumnya, kami langsung mengadakan tes untuk memperbaiki kesalahan. Untuk itu, kami percaya bisa meraih hasil maksimal pada balapan di Misano nanti," tandas pembalap 23 tahun itu.

"Perbedaan jarak poin antara saya dengan Rossi memang cukup jauh. Tapi saya yakin bisa mempertahankan gelar. Sebab, saya akan berjuang hingga kompetisi usai," pungkasnya.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Siap Pangkas Ketertinggalannya Dari Valentino Rossi

casey_stoner_photoBerbekal pengaturan motor yahud dan raihan positif musim lalu di Misano, Casey Stoner percaya diri bisa memangkas ketinggalan 50 poin dari Valentino Rossi.

Stoner menuntaskan MotoGP San Marino musim lalu dengan manis. Setelah menjaga posisinya di urutan terdepan dalam balapan, pembalap Australia itu finis di posisi satu sekaligus selangkah lebih dekat ke gelar juara dunia --yang kemudian benar-benar diraihnya.

Pada musim ini Stoner tentu berharap kenangan serupa bisa terwujud lagi, apalagi setelah kegagalan di Brno. Saat itu dia tergelincir ke luar lintasan dan tak bisa melanjutkan balapan.

"Kami mendapat hasil bagus di Misano tahun lalu dan, ditambah dengan kenyataan bahwa ban dan pengaturan motor kami sedang dalam kondisi bagus, kami bisa cukup percaya diri meraih hasil bagus lagi di sini," lugas Stoner dikutip Crash.

"Setelah beberapa balapan belakangan dan tes terakhir di Brno kami sudah bisa meningkatkan pengaturan motor sehingga kami percaya diri bisa unjuk gigi di depan fans tuan rumah di Misano," lanjut dia.

Sirkuit Misano memang terbilang sebagai "rumah" Rossi yang seorang Italiano. Namun Stoner yang menunggangi Ducati, sebuah pabrikan berbasis di Italia, dipastikan juga akan mendapat dukungan.

"Kami akan lihat apa yang terjadi tapi kami dalam kondisi baik, selisih dalam kejuaraan dunia memang besar tapi kami akan terus bertarung sampai selesai," seru Stoner.

INFO MOTOGP 2008 : John Hopkins Siap Tampil Maksimal Di Seri 13 San Marino

john_hopkins_photoJohn Hopkins memang belum terlihat menujukkan performa terbaiknya. Namun di balapan MotoGP San Marino nanti The Hoppers yakin akan mencatat hasil yang lebih bagus.

Ya, Hopkins harus menebus tiga balapan yang dilewatkannya karena cedera yang dialaminya. Hopkins sendiri baru tampil kembali di Grand Prix Ceska lalu. Namun di balapan comeback-nya itu, Hopkins juga belum tampil maksimal dan hanya finish diurutan ke-11. Alhasil, Pembalap Amerika Serikat itu harus rela posisinya melorot di posisi 17.

"Kami telah mempunyai pekan yang positif di Brno saat saya kembali ke lintasan setelah lama absen karena cedera dan kami akan membawa Kawasaki di barisan terdepan," yakin Hopkins.

"Meskipun saya tidak mampu mencapai hasil yang kami harapkan, Anthony ternyata dapat masuk lima besar dan itu menunjukkan performa Kawasaki terus membaik," tambahnya.

Saat disinggung mengenai balapan di Sirkuit Misano, Hopkins sendiri menargetkan podium. "Saya sungguh menikmati Sirkuit Misano, saya mampu meraih podium di sana tahun lalu," tambahnya.

Keyakinan yang sama juga diungkapkan rekan setimnya, Anthony West. Pembalap Australia itu berharap tetap menjaga momentum.

"Saya harap kami dapat mempertahankan performa kami di balapan pekan ini karena saya yakin kami akan lebih kuat di lintasan kering," ujar singkat West.

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Teringat GP San Marino Misano Musim Lalu

dani_pedrosa_motogp_riderKans meraih titel juara dunia Dani Pedrosa perlahan memudar. Akhir pekan ini dia coba bangkit kendati Misano yang akan jadi tempat balapan juga telah mengecewakannya musim lalu.

Dalam tiga seri terakhir, Pedrosa hanya mampu meraup satu nilai. Setelah cedera di Sachsenring, pembalap Honda tersebut absen di Laguna Seca untuk memulihkan diri. Setelah akhirnya bisa tampil di Brno, Pedrosa pun hanya finis di posisi 15 karena problem ban.

Rangkaian masalah mendera, titel juara dunia pun mulai menjauh. Meski secara matematis masih tetap bisa jadi nomor satu di akhir musim, performa stabil dua rival berat Pedrosa, Valentino Rossi dan Casey Stoner, bikin perjuangannya lebih berat.

Sudah begitu, Misano yang menghampar untuk dijinakkan akhir pekan ini juga menyisakan cerita buruk buat Pedrosa. Musim lalu dia retire dari balapan karena tersenggol motor Randy de Puniet sampai ke luar lintasan.

Apapun, Pedrosa hanya ingin berusaha dan berharap yang terbaik. "Saya harap kami bisa menjalani akhir pekan yang lebih baik di Misano walau musim lalu saya sial, pembalap lain membuat saya jatuh di tikungan pertama," ucap Pedrosa seperti diberitakan situs resmi MotoGP.

Misano, nilai Pedrosa, memiliki karakter cepat kendati terasa agak sempit, di mana tahun lalu lintasan itu juga disebutnya sangat tidak rata. "Dari sudut pandang pengaturan motor yang terpenting di Misano adalah memiliki kemampuang pengereman yang baik dan stabilitas bagus saat berakselerasi di tikungan. Itu adalah tipe lintasan yang membutuhkan Anda melaju dengan agresif."

Sebagai pembalap Spanyol, Pedrosa tentu tidak akan mendapat dukungan sebanyak Valentino Rossi di MotoGP San Marino nanti. Namun dia sama sekali tak gentar dan tetap mengaku menikmati atmosfernya.

"Bagian favorit saya adalah di bagian akhir, tapi bagian terpenting untuk waktu lap yang bagus adalah di awal. Atmosfernya bagus dan itu bisa jadi sedemikian intens. Anda menghadapi banyak fans Valentino Rossi di sana karena kampung halamannya tidak jauh," lugas Pedrosa

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Ingin Ciptakan Pesta Fans Di Misano San Marino

valentino_rossi_photoValentino Rossi tak meninggalkan kesan positif musim lalu di Misano. Pembalap asal Italia tersebut kini siap membayar kegagalan di lokasi yang jaraknya tak jauh dari kampung halamannya itu.


Tavulia yang jadi kota kelahiran Rossi hanya berjarak 15 km dari tempat balapan akhir pekan ini. Alhasil pecinta "The Doctor" dipastikan ramai-ramai datang memberikan dukungan langsung.

"Misano sangat dekat dengan kampung halamanku di Tavullia jadi aku tahu akan ada sepasukan fans Italia di sana dan aku harap itu akan jadi pesta luar biasa buat mereka," janji Rossi seperti dikutip Crash.

valentino_rossi_coolSayangnya musim lalu Rossi mengecewakan para pendukungnya tersebut. Saat itu, dalam posisi tertinggal 60 poin dari Casey Stoner, Rossi malah tak kuasa menambah angka di Misano karena problem pada mesin motornya.

Kondisi berbeda ditemui musim ini. Selain sedang memimpin klasemen dengan keunggulan 50 poin dari Stoner, percaya diri Rossi juga sedang meluap.

"Aku tak sabar membalap di Misano dalam kondisi yang baik dan memimpin klasemen. Tahun lalu balapannya jadi kekecewaan besar buatku, sebuah titik buruk di musim itu dan menyedihkan karena itu terjadi di depan pendukung tuan rumah."

"Tapi kali ini keadaan akan sangat beda, kami melalui dua balapan beruntun yang luar biasa dan kami merasa sangat kuat dan sangat percaya diri. Kami siap membayar kegagalan tahun 2007!" tegas pembalap Yamaha itu.

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Ingin Bangkit Kembali Di Seri 13 GP San Marino Misano

Dani Pedrosa berusaha tegar. Dirinya ingin melupakan trauma masa lalunya meski sementara ini dia tidak bisa menggunakan mobil katup pneumatic Honda saat balapan. Target Pedrosa adalah kembali ke Misano. Dia ingin meninggalkan kenangan beberapa balapan ekstrimnya dengan bermain cantik di GP San Marino nanti.

Pembalap Spanyol ini hanya mencetak satu poin di tiga balapan terakhir usai rentetan musibah yang dilaluinya. Selain kecelakaan di Jerman, Pedrosa absen di Laguna Seca akibat cedera, dan finish di posisi 15 di Brno akibat bannya bermasalah.

Artinya dia harus mengejar ketertinggalan 65 poin dari Valentino Rossi untuk memperebutkan gelar juara. Namun, Pedrosa masih tenang dengan selisih 52 poin dari Jorge Lorenzo. Kini, Pedrosa berharap bisa mengobati kekecewaannya denagn bertanding di Misano dengan lebih baik.

"Saya harap kami bisa menjalani pekan yang lebih baik di Misano. Meski tahun lalu saya tidak beruntung di sana, saat pembalap lain menjatuhkanku di tikungan pertama. Sirkuit Misano memang sangat cepat namun terasa sempit," ujarnya seperti dilansir Autosport.

"Tahun lalu kami menggunakan ban medium karena cuacanya sangat panas. Treknya yang bergelombang berpotensi menyebabkan laka. Saat ini yang penting adalah menguatkan rem dan seimbang saat melewati tikungan. Di trek seperti ini Anda harus balapan cepat," tambahnya.

"Bagian favorit saya adalah saat final. Meski saya tahu yang terpenting adalah klasemen pertama. Atmosfirnya bagus dan cepat menaikkan semangat. Apalagi, fans Valentino Rossi bakal membludak di sini," tutup pembalap kelahiran Sabadell, Spanyol itu.

INFO MOTOGP 2008 : Sete Gibernau Kangen Balapan Lagi

Ketetapan hati Sete Gibernau untuk tetap pensiun dari MotoGP kini sedang diuji oleh rasa kangennya pada balapan. Kemungkinan comeback ke lintasan pun kini terbuka.

Gibernau memang memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya itu di tahun 2006. Akan tetapi, rider Spanyol itu tidak sepenuhnya bisa mengalihkan perhatian dari kompetisi MotoGP.

Alhasil, Gibernau pun tergoda untuk kembali 'mencicipi' berada di atas motor yang melaju tinggi. Kesempatan itu didapat saat Ducati membolehkannya melakukan beberapa kali tes tahun ini.

Hasil sesi ujicoba ini terbilang mengejutkan bila melihat catatan waktu Gibernau yang cukup kompetitif. Spekulasi pun berkembang, bahwa ia akan kembali ke MotoGP tahun depan dan mengisi tempat di Ducati, menggantikan posisi Marco Melandri yang memutuskan hijrah ke Kawasaki.

"Saya ingin menikmati balapan dan mengendarai motor lagi," tukasnya kepada Auto Sport, menjawab spekulasi yang berkembang saat ini.

"Saya terbuka untuk siapa saja, tapi yang pertama saya ingin bersenang-senang terlebih dahulu. Setelahnya, saya harus menemukan jalan untuk kembali, dan bila itu memang harus terjadi, maka saya akan tampil lagi," lanjut Gibernau.

Terkait kemungkinan untuk tampil musim ini, mantan pembalap Honda itu berpendapat ada peluang untuk itu. Bahkan Gibernau mengaku memiliki beberapa opsi untuk melanjutkan lagi karirnya di dunia balap motor, termasuk di antaranya membela Ducati.

"Saat ini, semuanya berpihak pada saya. Tapi semua ini berhubungan dengan melakukan segala sesuatu bersama-sama, jadi bila Ducati membutuhkan, saya harus bisa memberi apa yang diinginkan mereka. Dan bila mereka bisa memberikan apa yang saya inginkan, maka kami bisa bekerja sama, dan hal itu akan menjadi suatu hal yang hebat," tandas Gibernau.

Akan tetapi, terkait hal ini, belum ada isyarat apapun dari Ducati. Gibernau sepertinya masih harus menunggu hingga musim depan untuk bisa memastikan apakah ia bisa kembali ke MotoGP atau tidak.

INFO MOTOGP 2008 : Nicky Hayden Siap Untuk Seri 13 Misano San Marino

Juara dunia MotoGP 2006 Nicky Hayden absen di Brno karena cedera. Mengaku sudah menjalani semua hal-hal "voodoo" demi memulihkan diri, "Kentucky Kid" siap tampil di Misano.

Cedera kaki yang didapat Hayden saat tampil dengan Supermoto membuatnya tak bisa membalap di MotoGP Republik Ceko. Itu adalah kali pertama dia absen sejak Portugal 2004.

Saat ini kondisinya belum lagi pulih 100 persen. Namun, pembalap Honda asal Amerika Serikat tersebut sudah tak sabar kembali melaju di lintasan untuk membalap di Misano akhir pekan ini.

"Saya pastinya tak sabar untuk segera kembali ke sana bersama anak-anak (pembalap) lain, karena saya benci absen di Brno," seru Hayden seperti dikutip situs resmi MotoGP.

"Saya sudah melakukan semua hal-hal 'voodoo' yang mereka bilang perlu dilakukan: perangsang tulang, laser, ultrasound, semua hal-hal tersebut. Saya melakukan semua yang memungkinkan untuk kembali. Saya sudah tentu berharap proses pemulihan bisa lebih cepat. Saat ini saya masih butuh kruk tapi kecuali terjadi sesuatu yang luar biasa, saya berencana membalap," lanjut dia.

Dalam balapan nanti, Hayden juga masih akan memakai alat bantu. Hal itu dilakukan setelah berkonsultasi dengan Dr. Artur Ting dan tim operasinya.

"Saya menemui dokter dan saya akan mengenakan sesuatu yang dicetak untuk dipakai dalam sepatu. Saya juga sudah melakukan beberapa latihan di kolam renang dan hal lainnya di pusat kebugaran, belum yang berat-berat," demikian dia.

Saat ini Hayden masih bercokol di posisi delapan klasemen sementara MotoGP. Musim ini dia belum pernah menjejak podium dan raihan terbaiknya hanyalah dua kali finis di tempat keempat.

INFO MOTOGP 2008 : Kawasaki Kegembiraannya Berlanjut

Kegembiraan ganda tengah dialami pabrikan Kawasaki. Setelah Kawasaki Racing Team memastikan akan mendapatkan Marco Melandri musim depan, kini berita gembira lainnya menyusul. Si Hijau dikabarkan akan mempunyai tim satelit musim depan.

Adalah Jorge Martinez, bos Tim Aspar, yang mengaku tertarik menjadi tim satelit Kawasaki musim depan. Nama Martinez sebenarnya tidak terlalu asing di dunia balap. Pasalnya, ia juga telah mempunyai pengalaman di balapan MotoGP kelas 125cc dan 250cc.

Tak hanya itu, Italian newspaper Motosprint, juga melaporkan bahwa perusahaan telekomunikasi Spanyol mengaku bersedia menjadi sponsor utama bagi tim satelit Kawasaki itu.

Martinez sendiri berjanji akan menggunakan pembalap asli Spanyol. Saat ini dua nama yang dikaitkan dengan tim satelit Kawasaki itu adalah Toni Elias dan Alvaro Bautista.

Pasalnya, Elias memang menjadi pembalap Spanyol yang terbilang sukses. Bahkan di Sirkuit Brno lalu, ia mampu finis di urutan kedua di belakang Valentino Rossi. Sedangkan Bautista sendiri merupakan kandidat kuat jawara 250cc.

INFO MOTOGP 2008 : Kamera Yang Terpasang Di Motor Pembalap MotoGP

Kamera yang terdapat dan terpasang di motor para pembalap MotoGP

- menghadap ke depan jalan, dipasang di bag depan motor
- menghadap ke muka sang pembalap, dipasang di tengah-tengah stang
- menghadap ke rem dan kopling
- menghadap ke kaki pembalap / persneling
- menghadap ke punggung pembalap terletak di bagian belakang motor
- menghadap ke belakang, dipasang di bemper
- menghadap ke belakang bawah, dipasang di spakbor
- menghadap ke ban depan bagian bawah

Informasi ini diperoleh dari sini.
Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan masukkan.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Dengan Kenangan Manis Di Brno

Valentino Rossi akhirnya meninggalkan Republik Ceska dengan dada membusung. Pasalnya, di Sirkuit Brno, Minggu (17/8/2008) lalu, pembalap Fiat Yamaha itu mendulang poin sempurna.


The Doctor akhirnya meninggalkan kenangan indah di Brno setelah sebelumnya juga menyelesaikan tes selama dua hari dengan sukses.

Torehan yang dicapai pembalap kelahiran Urbino itu membuatnya unggul 50 poin dari pesaing terdekatnya, Casey Stoner yang dibalapan itu gagal finis setelah terjatuh. Di sesi uji coba selama dua hari itu, Rossi bersama Tim Fiat Yamaha lebih menitikberatkan pada bagian ban dan elektronik.

Hasil gemilang di Brno itu juga membuat Rossi semakin percaya diri menyelesaikan enam seri balapan MotoGP yang tersisa.

"Hari ini terasa menjadi hari yang panjang namun kami telah menemukan beberapa kemajuan di beberapa area yang sangat bermanfaat dan saya akan meninggalkan tempat ini dengan bahagia," ujar Rossi seperti dilansir Crashnet.

Dalam kesempatan itu Rossi juga menegaskan bahwa selama tes dua hari di Brno, timnya telah membuat kemajuan dalam akselerasi motornya. Selain itu, Rossi juga menjajal beberapa komposisi ban Bridgstone.

"Tes ini sangat bagus untuk membuat kami memenangkan pertarungan enam seri yang tersisa," tambahnya.

Keyakinan yang sama juga ditunjukkan Manajer Tim Davide Brivio. Menurutnya, para teknisi Fiat Yamaha telah menemukan solusi terhadap beberapa masalah yang dialami pembalapnya.

"Kami telah menjalani tes selama dua hari dan setiap orang bekerja dengan keras, dan tentu dengan hasil yang bagus," ujar Brivio.

"Kami telah menjalani pekan yang lama di Brno namun balapan dan tes kami berjalan dengan sukses dan kami sekarang menatap ke Misano," tutup Brivio.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Puas Dengan Set Up Baru GP8 -nya

Percaya diri Casey Stoner rupanya telah bangkit. Pasca hasil buruk di MotoGP Republik Ceska, Ducati memang langsung berbenah. Alhasil, di ujicoba pascabalapan, Stoner mampu menjadi yang tercepat.

Di balapan Republik Ceska lalu, Stoner memang mengalami nasib nahas. Sang juara dunia 2007 itu gagal melanjutkan balapan setelah terjatuh saat menikung. Stoner pantas menyesal. Pasalnya sebelum insiden itu, ia berada di posisi terdepan dan unggul satu detik lebih dari Valentino Rossi.

Namun, kedigdayaan Stoner rupanya mulai terlihat kembali di sesi uji coba itu. Stoner yang menjajal ban kualifikasi baru itu mampu mencatat waktu 1:55.855 detik atau unggul 0.755 detik dari Rossi.

"Saya sungguh bahagia dengan apa yang kami capai dalam dua hari ini," ujar Stoner seperti dilansir Eurosport.

"Perubahan yang kami buat untuk setting kemarin menunjukkan hasil yang positif," tambahnya.

"Bridgestone telah melakukan kerja bagus namun saya melihat set-up yang kami lakukan lebih berperan. Semua area mendukung performa motor dan akan digunakan pada balapan selanjutnya," tambahnya.

Sedangkan bagi Rossi, kemenangan di Brno lalu membuatnya unggul 50 poin atas Casey Stoner. Sedangkan di sesi uji coba itu, Rossi berada ditempat kedua atau unggul 0.519 detik dari pembalap Rizla Suzuki Loris Capirossi, yang di balapan lalu berhasil finish di ketiga.

Balapan MotoGP seri ke-13 akan digelar di Misano pada 31 Agustus nanti. Dan di Grand Prix MotoGP San Marino itu, tentu akan menjadi pembuktian Stoner dan menjaga peluangnya mempertahankan gelar.

INFO MOTOGP 2008 : Shinya Nakano Puas Dengan Motor RC212V Barunya

Kepercayaan tinggi sedang diperlihatkan Shinya Nakano. Pembalap San Carlo Gresini itu mengaku dirinya sangat optimis akan meraih hasil bagus setelah mendapat motor baru dari Honda.

Pembalap Jepang itu pun langsung menargetkan hasil bagus di enam balapan tersisa. Nakano juga mengaku siap tampil habis-habisan guna mewujudkan ambisinya itu. Terlebih, Nakano juga memperlihatkan grafik meningkat di sesi uji coba selama dua hari ini.

Nakano memang mengaku tampil lebih pede dengan motor RC212V baru dari Honda itu. Menurutnya, motor anyarnya itu juga sesuai dengan gaya membalapnya. Terbukti, di balapan Republik Ceska lalu, Nakano juga tampil mengesankan dengan motor barunya itu. Ia mampu finish diurutan keempat dibelakang Loris Capirossi.

Nakano dan Gresini Honda terpilih untuk mengembangkan motor balap Honda. Dia memupuskan harapan Nicky Hayden yang sebelumnya diperkirakan akan mendapat kepercayaan dari Honda.

"Hari ini kami mampu tampil meningkatkan performa RC212V, meskipun belum sempurna. Di trek kering kemarin dan hari ini kami mampu menambah kepercayaan diri dengan motor anyar kami. Saya mempunyai balapan bagus di Brno namun kami belum cukup waktu beradaptasi," beber Nakano seperti dilansir Crashnet.

Selain menguji performa RC212V, Nakano dan timnya juga melakukan tes terhadap beberapa jenis ban dengan bantuan ahli dari Bridgestone langsung. Dalam tes di Brno kali ini Bridgestone membawa dua tipe ban.

INFO MOTOGP 2008 : Kawasaki Generasi Ke Tiga Belum Ada Sponsor

Meski balapan MotoGP 2008 belum selesai, namun semua tim telah mempersiapkan motor masa depan mereka. Namun hingga detik ini tim Kawasaki terlihat belum bergerak. Jika Kawasaki masih ingin melahirkan motor generasi ketiganya, maka tim pabrikan Jepang ini harus mulai bergerak.

Hingga saat ini Kawasaki memang belum melakukan tindakan konkrit mengenai pengembangan motor musim 2009 mereka. Seperti yang dilansir Crashnet, pengembangan ZX-RR generasi ketiga belum menemukan Sponsor.

Sebenarnya Kawasaki telah menargetkan pengembangan ZX-RR generasi ketiga dengan mengumpulkan data, feedback dan pengembangan kecepatan, namun seorang patner sebagai penyokong dana belum ditemukan.

Padahal, pada musim depan Kawasaki dikabarkan akan membentuk tim satelit yang akan mendapat suplai ZX-RR dari tim pabrikan Jepang itu. Adalah Jorge Martinez 'Aspar', yang sebelumnya sukses di kelas 125cc dan 250cc, mengaku ingin berlaga di kelas bergengsi MotoGP dengan menggandeng Kawasaki.

Namun belum digandengnya sponsor, membuat Tim Kawasaki akan terhambat dalam pengembangan motor generasi ketiga mereka. Namun dibalik kabar kurang sedap itu, kubu Kawasaki juga dipastikan mendapat Marco Melandri sebagai partner John Hopkins musim depan.

INFO MOTOGP 2008 : Sponsor Jaket/Pakaian Para Pembalap MotoGP

Berikut adalah para sponsor pakaian/jaket yang dikenakan para pembalap MotoGP

  • Berik: Loris Capirossi, Alex de Angelis
  • BKS: James Toseland
  • Alpinestars: Toni Elias, Nicky Hayden, John Hopkins, Dani Pedrosa, Casey Stoner
  • Dainese: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Chris Vermeulen
  • Puma: Sylvain Guintoli
  • REV'IT!: Randy de Puniet
  • Spidi: Colin Edwards, Marco Melandri, Shinya Nakano
  • Spyke: Andrea Dovizioso, Anthony West

INFO MOTOGP 2008 : Daftar Stasiun Televisi/Media Informasi Yang Memiliki Hak Siar MotoGP

Berikut adalah Daftar Stasiun Televisi/Media Informasi yang mendapatkan hak siar MotoGP

  • Australia - Ten Network, Fox TV
  • Austria - ATV
  • Argentina - ESPN Latin America, ESPN+
  • Belgium - RTL Club
  • Brazil - Globosat, Sport TV
  • Canada - Speed TV
  • China - Shangahi TV, Sports Channel, Dragon TV
  • France - France 2, France 3, TF1, M6, L'Equipe TV, Infosports
  • Germany - ARD, ZDF, MDR
  • Greece - 2 Delta TV (ET3)
  • Holland - RTL7, NOS
  • Indonesia - Trans7
  • Ireland - RTE
  • Italy - Italia 1 (RTI), RAI
  • Japan - NTV, G+
  • Malaysia - RTM, Astro
  • New Zealand - TVNZ, Sky TV, PRME TV
  • Portugal - RTP
  • Russia - 7 TV
  • Spain - TVE, Tele 5, A3TV, IB3, TV3, TVV
  • South Africa - Super Sport/M-Net
  • Switzerland - TSI, TSR, DRS
  • Thailand - Channel 9, UBC TV
  • Turkey - NTV
  • United Kingdom - BBC
  • USA - Fox TV, CBS, Speed TV
  • Asia - ESPN-Star TV, Ten Sports (1)
  • Africa - Super Sport
  • Middle East - Al Jazeera Sport Channel
  • Latin America - ESPN Latin America, ESPN+ Argentina, Uruguay & Paraguay
  • Europe - Eurosport

INFO MOTOGP 2008 : Helm Yang Dipakai Para Pembalap MotoGP

Berikut adalah daftar sponsor helm yang dipakai para pembalap MotoGP

AGV
: Valentino Rossi

Airoh: Anthony West

Arai: Colin Edwards, Nicky Hayden, John Hopkins, Shinya Nakano, Dani Pedrosa

  • Nolan: Marco Melandri, Casey Stoner
  • Shark: Randy de Puniet, Sylvain Guintoli
  • Shoei: Toni Elias, Chris Vermeulen
  • Suomy: Loris Capirossi, James Toseland
  • Vemar: Andrea Dovizioso, Alex de Angelis
  • X-Lite: Jorge Lorenzo

INFO MOTOGP 2008 : Pemakaian Ban Para Pembalap MotoGP

Peraturan yang diberlakukan kepada masing-masing pembalap dalam menggunakan ban, dalam satu kali event balapan adalah maksimal bisa diganti sebanyak 40 kali (sesi latihan bebas dan balapan) dengan perincian 18 ban depan dan 22 ban belakang.

INFO MOTOGP 2008 : Marco Melandri Pindah Ke Kawasaki 2009

Kabar mengejutkan datang dari Marco Melandri. Pembalap Ducati itu dipastikan akan meninggalkan timnya dan bergabung dengan tim pabrikan Kawasaki pada musim 2009 nanti.

Berbicara kepada MCN di Brno, Selasa (19/8/2008), Melandri mengaku telah diberitahu bos Kawasaki Michael Bartholemy untuk bergabung dengan Si Hijau sebelum MotoGP Republik Ceska digelar Minggu lalu.

Dan pembalap Italia itu juga mengaku telah menerima pinangan tim pabrikan asal Jepang itu. Melandri sendiri dikabarkan akan menggeser Anthony West dan akan menadampingi John Hopkins musim depan untuk memacu ZX-RR.

"Tahun depan saya akan bergabung dengan Kawasaki. Segalanya baik-baik saja. Saya hanya telah menandatangani kontrak. Saya setuju untuk bersama mereka dan saya akan bersama mereka. Kami telah berbicara bersama dan kami mendapatkan poin yang saling menguntungkan," ujar mantan jawara kelas 250 itu.

Melandri sendiri juga mengakui bahwa sebenarnya dia juga telah melakukan pembicaraan dengan Fausto Gresini, mantan bosnya sebelum bergabung dengan Ducati. Melandri memang tampil menawan saat masih membela tim satelit Honda itu. Namun Melandri memutuskan bergabung dengan Kawasaki.

"Saya telah menjelaskan alasan saya hengkang dari Ducati kepada Fausto. Saya sangat ingin kembali bersama Fausto, namun akhirnya saya memutuskan memilih jalan lain dan saya akan membela Kawasaki karena terlihat mempunyai motor yang lebih baik," ujar pembalap Italia itu.

Melandri memang mengalami masa buruk di Ducati. Dia dianggap gagal beradaptasi dengan tunggangannya, GP8. Posisi yang akan ditinggalkan Melandri kemungkinan akan diisi juara dunia 2006 Nicky Hayden yang saat ini masih membela tim Repsol Honda.

INFO MOTOGP 2008 : Seri 13 MotoGP 2008, San Marino Misano, 31 Agustus 2008

Seri 13 Balap MotoGP 2008 selanjutnya akan digelar di Sirkuit Misano (Santa Monica, San Marino) pada hari Minggu tanggal 31 Agustus 2008.

Sirkuit Misano (yang hingga 2006 dinamai Sirkuit Internasional Santa Monica) adalah trek balap yang berada di sebelah kota Misano Adriatico (Provinsi Rimini) di wilayah Santamonica.

Desain pertama sirkuit ini dibeberkan pada 1969, namun pembangunan mulai dilakukan pada 1970 hingga 1972 dengan panjang 3,488 km dan langsung menjadi tuan rumah ajang balapan usai sirkuit rampung dikerjakan. Di tahun 1993, lintasan Misano diperbarui dengan panjang lintasan ditambah menjadi 4,064 km.

Selain lintasan, fasilitas trek juga dilengkapi, termasuk menambah pit garage dan podium penonton. Tahun 2005 akses masuk ke sirkuit dibangun dan diberi nama Daijiro Kato, rider asal Jepang yang senang menjalani kehidupan di wilayah Portovarde, Misano Adriatico.

Tahun 2006, renovasi sirkuit kembali dilakukan agar bisa kembali menjadi tuan rumah perhelatan seri balap motor. Pembenahan yang dilakukan adalah arah balapan yang disesuaikan dengan arah jarum jam (clock-wise) karena alasan keamanan, memperpanjang lintasan menjadi 4,180 km, memperlebar trek menjadi 14 meter, meningkatkan fasilitas sirkuit dan keamanan.

GP Misano juga baru digelar lagi setelah absen lebih dari satu dekade penyelenggaraan. Pertama kali dihelat pada tahun 1980 hingga 1993, dan kemudian berhenti beberapa waktu lantaran renovasi sirkuit untuk kembali digelar tahun lalu. Total, sirkuit Misano sudah menjadi tuan rumah di 10 seri penyelenggaran.

Untuk parade juara, Kenny Roberts Sr menjadi orang pertama yang menjadi kampiun di seri GP kelas 500cc, tepatnya di tahun 1980. Namun hanya Eddie Lawson yang bisa meraih dua gelar juara, tepatnya di tahun 1985 dan 1986. Adapun rekor lap tercepat ditorehkan Casey Stoner di tahun 2007 dengan catatan waktu 1 menit 33.918 detik.

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa Masalahnya Pada Ban

Gagal mendapatkan ban yang kompetitif membuat pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa tak tenang. Pedrosa juga terpaksa menjalani tes lanjutan pascabalapan di Brno guna menemukan formula ban yang tepat. Namun di tes tersebut Pedrosa dan Repsol Honda juga belum mendapatkan hasil yang positif.

Ya, di GP Republik Ceska, Minggu (17/8/2008) lalu, pembalap Spanyol itu mengalami balapan terburuknya sepanjang karirnya. Pedrosa menganggap kurangnya daya cengkram ban depan dan belakang Michelin menjadi biang kerok kegagalannya di Brno lalu.

Hal itulah yang membuat Pedrosa dan timnya Repsol Honda lebih memfokuskan tesnya kali ini pada masalah komposisi ban. Sayang ketidakpuasan ternyata juga terlihat dari hasil tes selama dua hari yang dilakukan Repsol Honda di Brno kali ini.

"Kami mencoba beberapa ban depan berbeda yang dibawa Michelin dalam tes kali ini. Namun hingga tes ini berakhir kami belum menemukan perkembangan berarti," ujar Pedrosa seperti dilansir Crash.

"Kami gagal mendulang poin dengan mesin pneumatic-valve karena ban tidak bekerja dengan cukup baik," tambahnya.

Kegalalan mendapatkan stelan terbaiknya, membuat Pedrosa dan Repsol Honda berencana menggelar sesi latihan lagi di Grand Prix San Marino nanti.

"Kami akan mengatur ulang tes ini di Misano, pada hari Senin setelah GP San Marino," ujar pembalap kelahiran Sabadell itu.

Dalam sesi latihan itu turut serta pembalap HRC Tadayuki Okada yang dipanggil untuk menggantikan posisi Nicky Hayden yang sedang cedera. Mantan pembalap 500GP, yang diberikan motor RC212V pneumatic-valve sedang menjalani tes pada bagian mesin dan elektronik motor Repsol Honda.

"Hari ini kami telah melakukan beberapa langkah baru dalam pengembangan mesin dan elektronik. Di Jepang kami telah melakukan pengembangan baik pada mesin spring-valve maupun pneumatic-valve," ujar Tady, julukan pembalap Jepang itu.

"Sejak penampilan terakhir saya di MotoGP Italia, saya dapat mengatakan bahwa motor dengan mesin pneumatic-valve lebih baik," tutupnya.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Tercepat Pada Sesi Test Bebas

Meski gagal total di GP Rep. Ceska, Minggu lalu, namun pembalap Ducati, Casey Stoner mampu tampil sebagai yang tercepat di hari pertama sesi tes bebas di sirkuit Brno, Senin (18/8/2008). Stoner sukses memuncaki sesi tes bebas dengan catatan waktu 1 menit 56.261 detik.

Seperti diketahui, dalam GP Brno Stoner memang harus merelakan posisinya direbut rival abadinya, Valentino Rossi, karena terjatuh dari tungggangannya. Padahal, dalam beberapa lap awal Stoner sukses memimpin jalannya lomba.

Atas insiden itu, Stoner kini tertinggal jauh dalam perolehan poin dari Rossi. Dengan 70 poin dikumpulkannya, pembalap asal Australia ini tertinggal 50 poin dari The Doctor.

Namun kekalahan dari Rossi berhasil dibalas Stoner pada sesi tes bebas di Brno. Juara musim lalu itu sukses melewati catatan waktu Rossi yang bercokol di tempat kedua dengan catatan waktu 1 menit 57.332 detik.

Sementara pembalap Alice Ducati, Toni Elias yang sukses menempati podium kedua di GP Brno, berhasil menjadi pembalap tercepat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 57.457 detik.

Hasil mengecewakan justru diraih pembalap Repsol Honda, Dani Pedrossa. Setelah hanya mampu finish di posisi 15, rider asal Spanyol ini hanya mampu menempati posisi 14 di sesi tes bebas dengan catatan waktu 1 menit 59.067 detik.

Berikut hasil lengkap sesi tes bebas:
1. Casey Stoner Ducati Marlboro Team (B) 1 menit 56.261 detik
2. Valentino Rossi Fiat Yamaha Team (B) 1 menit 57.332 detik
3. Toni Elias Alice Team (B) 1 menit 57.457 detik
4. Shinya Nakano San Carlo Honda Gresini (B) 1 menit 57.652 detik
5. Chris Vermeulen Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 menit 57.742 detik
6. Colin Edwards Tech 3 Yamaha (M) 1 menit 57.756 detik
7. Alex de Angelis San Carlo Honda Gresini (B) 1 menit 57.826 detik
8. Sylvain Guintoli Alice Team (B) 1 menit 57.859 detik
9. Jorge Lorenzo Fiat Yamaha Team (M) 1 menit 57.979 detik
10. Loris Capirossi Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 menit 58.177 detik
11. Niccolo Canepa Ducati Test Rider (B) 1 menit 58.2040 detik
12. Marco Melandri Ducati Marlboro Team (B) 1 menit 58.325 detik
13. Randy de Puniet LCR Honda MotoGP (M) 1 menit 58.568 detik
14. Dani Pedrosa Repsol Honda Team (M) 1 menit 59.067 detik
15. Andrea Dovizioso JiR Team Scot MotoGP (M) 1 menit 59.130 detik
16. Olivier Jacque Kawasaki Test Rider (B) 1 menit 59.1300 detik
17. James Toseland Tech 3 Yamaha (M) 1 menit 59.228 detik
18. John Hopkins Kawasaki Racing Team (B) 2 menit 0.414 detik
19. Tady Okada Honda Test Rider (M) 2 menit 0.735 detik

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner, Masih Optimis Pada Sisa Seri Berikutnya

Kecelakaan yang dialami Casey Stoner saat GP di Ceska, Minggu (17/8/2008) memuluskan kemenangan juara dunia Valentino Rossi. Sisa enam balapan, Rossi memperlebar selisih perolehan poin 50 angka dengan pembalap Australia.

"Balapan ini sulit bagi kami karena harus memenangkan pertandingan ini untuk menutup peluang Valentino," ujar Stoner seperti dilansir Foxsports, Senin (18/8/2008).

"Banyak hal yang mungkin terjadi di balapan. Tapi 50 poin adalah selisih yang besar, terutama dengan pesaing yang kuat itu. Tapi saya tidak akan menyerah begitu saja. Saya akan berjuang sampai balapan terakhir," jelas juara dunia musim lalu ini.

Stoner optimis bisa merebut kemenangan di beberapa putaran pada balapan berikutnya di Italia. "Misano adalah arena balapan untuk pabrikan. Nanti pasti banyak fans Ducati di sana. Saya akan tetap berpikir positif dan bersiap menggebrak arena balapan selama dua minggu," lanjutnya.

Stoner sendiri tidak bisa menjelaskan kesalahannya pada putaran ketujuh usai menyempurnakan perolehan nilai sepanjang pekan ini.

"Sejujurnya kami semua kecewa dengan hasil ini. Padahal kami berlatih cukup bagus saat latihan. Semua berjalan baik pagi ini dan kami masih harus berusaha," bebernya.

"Semua berjalan sesuai rencana sebelum kecelakaan terjadi. Saya berhasil melewati putaran demi putaran. Saya sangat senang dengan trek yang kulalui."

"Kecelakaan membawa bencana bagi saya. Semua terjadi dengan cepat dan saya tidak bisa menghalaunya. Susah untuk dijelaskan. Kecelakaan sering terjadi di level ini, dan itu salah saya," aku Stoner.

Sementara Rossi yakin kemenangannya di Brno belum tentu bisa mengalahkan kualitas Stoner sebagai juara dunia. "Kalau saja Stoner tidak jatuh, saya mungkin tidak akan menang," katanya.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi Dan Yamaha Makin Percaya Diri

Valentino Rossi lebih percaya diri dalam pertarungan mengejar gelar. Pembalap Italia ini yakin kerja keras tim Yamaha kini semakin mendekati jarak dengan Ducati di kondisi kering.

Rossi baru saja memenangi GP Republik Ceko akhir pekan ini setelah Casey Stoner mengalami kecelakaan. Pembalap Fiat Yamaha ini pun merasa yakin bahwa juara bertahan itu melakukan kesalahan setelah mendapatkan tekanan darinya.

"Lihat di balapan Laguna Seca, terkadang Casey (Stoner) bersandar ke bawah jauh dari saya, mungkin itu sebabnya. Terkadang dia membuat cetusan, mungkin mengangkat persneling. Saya tak tahu," kata Rossi seperti dilansir Auto Sport.

"Bagi saya, masalah (di Brno) adalah dia membuat 1:57.2 lap dan dia melihat bahwa tidak mungkin untuk dikejar, jadi dia mencoba untuk membuat 1:56,0. Di dunia manusia ini tidaklah mungkin," lanjut pembalap Fiat Yamaha ini.

Rossi menambahkan bahwa menang di Laguna Seca, setelah melakukan pertarungan ketat dengan Stoner, menjadi titik balik kebangkitannya di musim ini. Ia pun mengakui bahwa bahwa motornya kini dapat bersaing dengan motor Ducati Stoner.

"Di Laguna saya melakukan demonstrasi kepada saya dan tim saya jika semua baik maka sangat mungkin mengalahkan dia. Pekan ini kami bekerja sangat baik. Bedanya tipis daripada di Laguna, dan alasan lain saya pikir dia membuat kesalahan," tukasnya.

Meski demikian Rossi tetap tidak menutup ancaman dari Ducati. Apalagi Stoner sangat perkasa saat medan basah di Brno. Ini menjadi bukti bahwa Yamaha harus tetap terus melakukan pengembangan hingga akhir musim.

"Saat hujan kami harus dapat lebih baik karena Stoner lebih cepat dari kami. Namun bagaimanapun kami juga semakin baik seperti di Sachsenring dan juga kemarin. Sekarang kami tahu sangat mungkin mengalahkan meski dia sangat cepat," ujar Rossi.

INFO MOTOGP 2008 : Klasemen (sementara) MotoGP 2008 hingga Seri 12 / 18

Klasemen (sementara) Pembalap MotoGP 2008 hingga Seri 12 / 18

POSISI PEMBALAP TEAM POINTS
1. VALENTINO ROSSI FIAT YAMAHA TEAM 237
2. CASEY STONER DUCATI MARLBORO TEAM 187
3. DANI PEDROSA REPSOL HONDA 172
4. JORGE LORENZO FIAT YAMAHA TEAM 120
5. ANDREA DOVIZIOSO JIR TEAM SCOT MOTOGP 110
6. COLIN EDWARDS TECH 3 YAMAHA 102
7. CHRIS VERMEULEN RIZLA SUZUKI MOTOGP 99
8. NICKY HAYDEN REPSOL HONDA TEAM 84
9. SHINYA NAKANO SAN CARLO HONDA GRESINI 83
10. LORIS CAPIROSSI RIZLA SUZUKI MOTOGP 77
11. JAMES TOSELAND TECH 3 YAMAHA 75
12. TONI ELIAS ALICE TEAM 66
13. ALEX DE ANGELIS SAN CARLO HONDA GRESINI 49
14. SYLVAIN GUINTOLI ALICE TEAM 42
15. MARCO MELANDRI DUCATI MARLBORO TEAM 41
16. RANDY DE PUNIET HONDA LCR MOTOGP 40
17. JOHN HOPKINS KAWASAKI RACING TEAM 37
18. ANTHONY WEST KAWASAKI RACING TEAM 33
19. BEN SPIES RIZLA SUZUKI MOTOGP 10
20. JAMIE HACKING KAWASAKI RACING TEAM 5
21. TADY OKADA REPSOL HONDA TEAM 2

Klasemen (sementara) Team MotoGP 2008 hingga Seri 12 / 18

POSISI TEAM POINTS
1. FIAT YAMAHA TEAM 357
2. REPSOL HONDA TEAM 256
3. DUCATI MARLBORO TEAM 228
4. RIZLA SUZUKI MOTOGP 178
5. TECH 3 YAMAHA 177
6. SAN CARLO HONDA GRESINI 132
7. JIR TEAM SCOT 110
8. ALICE TEAM 108
9. KAWASAKI RACING TEAM 75
10. LCR HONDA MOTOGP 40

Klasemen (sementara) Pabrikan MotoGP 2008 hingga Seri 12 / 18

POSISI PABRIKAN POINTS
1. YAMAHA 266
2. DUCATI 212
3. HONDA 210
4. SUZUKI 128
5. KAWASAKI 63

INFO MOTOGP 2008 : Dani Pedrosa, Seperti Impotent

Dani Pedrosa menyebut balapan MotoGP Republik Ceko adalah balapan terburuk dalam karirnya. Bahkan pembalap tim Honda ini mengaku sempat berpikir tak meneruskan balapan.


Pembalap Spanyol ini memang pantas mengeluh akan kondisinya saat balapan di Brno, Minggu (17/8/2008). Pedrosa finis di posisi ke 15 setelah ban Michelinnya tidak kompetitif. Belum lagi cedera pergelangan tangan yang masih mengganggunya

Pedrosa belum pulih benar setelah mengalami keretakan pada pergelangan tangannya ketika kecelakaan di Sachsenring bulan lalu. Namun bukan hanya cedera, Pedrosa seperti sebagian besar pembalap lain yang memakai ban Michelin kesulitan bersaing.

"Lengkap sudah bencana di akhir pekan ini. Balapan hari ini mungkin adalah yang terburuk dalam karir saya. Faktanya saya tidak dapat balapan dengan baik. Semua yang saya dapat lakukan hanya bermotor," keluh Pedrosa seperti dilansir Auto Sport.

"Saya tidak dapat mengontrol motor, saya tidak merasa aman. Saya melaju sangat lambat membuat saya merasa impoten dan malu. Saya sempat mempertimbangkan untuk berhenti namun saya bertahan untuk mendapatkan poin," kata pembalap Tim Honda ini.

Bukan hanya itu, Pedrosa pun mengaku hampir saja mengalami dua kali kecelakaan saat di Brno. Sebab itu, ia berharap Michelin melakukan perbaikan besar sehingga harapannya meraih gelar tidaklah hilang di sisa enam seri lagi.

"Kami benar benar memerlukan perbaikan yang drastis dari ban. Ini sangat tidak mungkin bagi saya untuk lebih menekan. Pada akhirnya, performa ban adalah paling buruk dari sejak awal lap," tukas Pedrosa.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Akui Salah

Casey Stoner kecewa dan merasa bersalah. Pembalap Ducati ini mengaku sulit untuk menjelaskan kecelakaan saat dia sempat berada di posisi terdepan Brno.

Juara dunia ini sempat memimpin atas musuh besarnya, Valentino Rossi. Namun nasib sial dialami oleh Stoner, ia terjatuh di lap keenam sehingga Rossi dengan mudah meraih kemenangan di MotoGP Republik Ceko, Minggu (17/8/2008).

Stoner kini tertinggal 50 poin dari Rossi dalam klasemen pembalap. Tentu saja pembalap Australia ini merasa sangat kecewa dengan rencananya yang sudah dimulai sejak lap pertama akhirnya kandas karena kejadian tersebut

"Kecelakaan itu datang tanpa disadari, tikungan itu salah satu yang mudah tapi saya kehilangan bagian depan. Itu terjadi sangat cepat dan mendadak sehingga saya tak dapat menyelamatkannya," ungkap Stoner seperti dilansir Auto Sport.

"Ini sangatlah sulit dijelaskan dan kami akan mencoba melihat data. Namun terkadang kecelakaan seperti ini dapat terjadi di level balapan. Itu adalah kesalahan saya," aku pembalap Ducati berusia 22 tahun itu.

Dia pun mengakui kejadian itu adalah kesalahan besar dalam usaha mempertahankan gelarnya. "Kami tahu bahwa kami butuh kemenangan di balapan ini dan lainnya untuk menjauhkan keuntungan bagi Valentino,"

"Ini membuat kejuaraan ini menjadi sulit bagi kami. Semua dapat terjadi di balapan namun 50 poin adalah jarak besar bagi kami menghadapi lawan yang tangguh dan konsisten. Namun kami akan tetap berjuang hingga akhir," tukas Stoner.

INFO MOTOGP 2008 : Casey Stoner Terjatuh Dan Bingung

Nasib sial kembali menghantui Casey Stoner, usai terjatuh di GP Rep Ceska. Stoner mengaku tak habis pikir dengan kesialannya di balapan kali ini.

Juara bertahan MotoGP ini, sempat memimpin lomba. Ketika melibas tikungan di lap tujuh, Stoner terjatuh. Akibatnya, balapan dan gelar juara pun diambil alih Valentino Rossi. Kini Stoner tercecer 50 poin di bawah The Doctor.

"Banyak yang harus dibenahi. Kami harus menyusun rencana baru usai kegagalan ini. Saya sudah berusaha dengan baik. Tapi motor tiba-tiba kehilangan kesimbangan dan saya terjatuh," jelas Stoner seperti dilansir MotoGP.com.

Stoner cukup bijak dengan tidak menyalahkan siapapun usai kecelakaan tersebut. Stoner lebih memilih untuk belajar banyak dari setiap kejadian yang dialaminya di musim ini.

"Ketika terjatuh, semuanya menjadi sulit. Tikungan itu bukanlah sudut yang susah. Semuanya berjalan cepat, saya kehilangan posisi. Seharusnya saya bisa mengandalikan motor. Ini menjadikan pelajaran baru bagi saya," lanjut rider asal Australia ini.

Bos Ducati Livio Suppo, sepakat dengan pembalapnya tersebut. Tapi, Suppo juga menyayangkan kegagalan ini makin membuat selisih poin Stoner dengan Rossi melebar.

"Sejujurnya saya kecewa dengan hasil ini. Stoner melakukan kesalahan kecil yang berakibat fatal. Tapi, saya coba berpikir positif. Sekarang mari kita lanjutkan musim ini dengan lebih baik. Masih ada enam seri tersisa. Semua bisa terjadi," tutup Suppo.

INFO MOTOGP 2008 : Valentino Rossi, Balapan Yang Terlalu Mudah

Valentino Rossi tak menyangka dapat menang dengan mudah di MotoGP Republik Ceko. Tapi sejak awal dia pun sangat yakin bisa mengalahkan Casey Stoner sekalipun pembalap Ducati ini tak tergelincir keluar trek.


Rossi sempat tertinggal 1,3 detik dari Stoner sebelum juara dunia dari tim Ducati itu melakukan kesalahan fatal dan terjungkal dari tunggangannya.

"Casey menekan ketat di lap pertama, lebih bagus ketimbang di Laguna Seca, karena dia berharap saya menyerang. Saya mengakhiri lap pertama dengan tertinggal 1 detik. Namun setelah lap pertama saya melhat bahwa hari ini akan sangat mungkin buat menang," ujar Rossi seperti dilansir Auto Sport.

"Di lap terakhir sebelum Stoner berhenti saya tertinggal 1,3 detik darinya. Saya sangat yakin saya dapat mengejarnya. Balapan masih sangat panjang dan saya berpikir saya bisa. Setelah itu saya melihat motor merah tergelincir dan saya rasa: Ah, ini sangatlah mudah," ungkapnya.

Kemenangan ini membuat Rossi memimpin 50 poin atas Stoner dengan enam balapan yang tersisa. Meski demikian juara dunia tujuh kali ini menyatakan bahwa ini belum waktunya bersantai dan masih akan terus memberikan perlawanan ketat sehingga dapat unggul dari Stoner di setiap balapan.

"Ini merupakan keuntungan yang penting, namun masih terlalu dini. Masih ada enam balapan yang harus dilewati. Jadi, jika saya dapat terus seperti ini, saya akan mencoba mengalahkannya. Kalau tak mungkin, saya akan finis di belakangnya, tidak di bawah posisi kedua," tukas Rossi.

"Enam balapan dengan pembalap seperti Stoner yang hebat, yang memiliki kecepatan fantastis di setiap tempat dan juga di setiap kondisi, (50 poin) tidaklah cukup," kata The Doctor.

INFO MOTOGP : Valentino Rossi Menyayangkan Casey Stoner Jatuh

Valentino Rossi sangat menyayangkan kecelakaan yang menimpa rivalnya Casey Stoner. The Doctor menilai balapan akan seru bila Stoner tidak terpeleset di lap ketujuh.

Rossi memang mengambil keuntungan besar dari jatuhnya Stoner. Rider Fiat Yamaha ini menjadi terdepan dan juara, setelah tertinggal cukup jauh dari pembalap Ducati tersebut.

Ini adalah kedua kalinya Rossi memanfaatkan cerobohnya Stoner dalam melibas tikungan. Sebelum di Brno, juara dunia lima kali ini juga mendapat keuntungan di GP Amerika Serikat, Laguna Seca.

"Stoner bagus di lap awal. Kondisi ini mirip ketika di Laguna Seca. Saya tertinggal, tapi masih bisa membayanginya. Saya memulai start dengan baik, dan bisa menempati posisi dua," jelas Rossi seperti dilansir Autosports.

"Balapan terasa sangat panjang. Hati saya berbisik, saya bisa mengejar Stoner. Ternyata dia harus terjatuh. Ini sungguh disayangkan. Seharusnya terjadi balapan hebat jika Stoner tidak terjatuh. GP kali ini terlalu mudah," lanjut The Doctor.

Dengan kemenangan ini, Rossi kokoh di puncak klasemen dengan raihan 237 poin. Stoner ada di posisi dua dengan mengoleksi 187 angka, sementara wakil Repsol Honda Dani Pedrosa memiliki 172 poin ada di tempat ketiga.

INFO MOTOGP : Casey Stoner Permudah Jalan Valentino Rossi

Valentino Rossi kembali menjadi juara seri MotoGP, kali ini di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Namun, kemenangan ini tak lepas dari jalan yang "diberikan" oleh Casey Stoner di awal lomba.

Bagi yang menonton balapan yang berlangsung hari Minggu (17/8/2008) ini pasti tahu maksud kalimat di atas. Ya, Stoner yang sejak sesi kualifikasi selalu memimpin harus melupakan lomba ini akibat tergelincir di lap ketujuh. Patut disayangkan mengingat saat itu ia tengah memacu motornya supaya bisa unggul cukup jauh dari Rossi.

Selanjutnya, seperti yang diketahui, Rossi pun tak terbendung. The Doctor tak memiliki lawan lagi sehingga ia bisa dengan mudah memenangi lomba ini.

Kejadian ini bak ulangan dari apa terjadi di Laguna Seca beberapa pekan lalu. Ketika itu Stoner juga tergelincir keluar trek. Bedanya, saat itu ia masih bisa melanjutkan balapan dan mencicipi podium meski harus puas hanya di posisi dua.

Dengan hasil ini posisi Rossi di klasemen semakin tak tergoyahkan. Dengan nilai 237 yang dimilikinya, ia kini unggul 50 poin atas Stoner yang berada di posisi dua dengan raihan angka 187.

Jalannya Balapan

Balapan di Sirkuit Brno ini dimulai dengan Stoner langsung melesat selepas start. Ia mampu mempertahankan posisinya sebagai yang terdepan. Sementara itu menyusul di belakangnya adalah John Hopkins yang berhasil menyalip Valentino Rossi. The Doctor pun turun ke posisi tiga.

Bagai ingin membalas kekalahan di Laguna Seca, Stoner langsung menggeber motornya secepat mungkin. Baru dua lap balapan berjalan, rider asal Australia ini langsung memimpin hingga satu detik di depan Rossi. Berturut-turut di posisi tiga dan empat adalah Hopkins dan Anthony West.

Dua lapa kemudian keunggulan tersebut melebar hingga 1,3 detik. Rossi memang terus mencoba memacu kecepatan motornya, tetapi Stoner untuk saat ini seperti tak terkejar.

Namun, balapan ini akhirnya menjadi antiklimaks bagi Stoner. Setelah tak terkejar dari awal, ia melakukan kesalahan di lap ketujuh: motornya tergelincir saat menikung.

16 lap menjelang berakhirnya balapan itu, Stoner kembali mengulangi apa yang terjadi di Laguna Seca. Saat menikung, motornya tergelincir keluar trek. Pembalap Ducati itu memang kemudian masih bisa menlanjutkan balapan tetapi hanya untuk sementara waktu. Tak lama kemudian ia pun memarkir motornya di gravel trap.

Rossi yang tepat berada di belakangnya pun langsung mengambil alih pimpinan lomba. Pada lap sembilan ia pun menjadi tak terkejar. Keunggulannya dari pemilik posisi dua, Chris Vermeulen, mencapai 12 detik! Pembalap Italia ini pun menguasai lomba.

Di belakang Rossi, salip-salipan seru terjadi antara Vermeulen dan Loris Capirossi. Tak mau hanya menempati posisi tiga, Capirossi pun memacu motornya. Pada lap ke-12 ia pun berhasil membuat dirinya berada di posisi dua.

Pada lap ke-14 keunggulan Rossi atas pesaing-pesaing di belakangnya semakin menjadi-jadi. Penunggang Yamaha ini unggul hingga 17 detik. Sementara itu berada di posisi dua adalah Toni Elias dan di tempat ketiga adalah Capirossi.

Rossi pun akhirnya keluar sebagai pemenang dengan diikuti oleh Elias di posisi dua dan Capirossi di tempat ketiga. Menempati urutan empat adalah Shinya Nakano dan Anthony West finis di posisi lima.